in

Bingung Habis Lulus Kuliah Mau Ngapain? Coba Simak Beberapa Tips Berikut Ini.

Setelah lulus kuliah rasanya lega sekali, bukan? Perjuangan panjang dari ospek, kuliah, praktikum ikutan UKM, sibuk diorganisasi sampai ujian mental di tahun terakhir, rasanya terbayar lunas ketika dinyatakan lulus dalam yudisium/sidang skripsi dan sukses menjadi sarjana.

Tapi tidak sedikit juga yang merasa: udah nih, gini aja? terus apa? Pikiran-pikiran tentang rencana masa depan setelah kuliah seperti kapan bisa kerja, kerja dimana, lanjutin kuliah lagi apa gak, mulai muncul di otak.

Nih beberapa tips pilihan untuk membantu sahabat Ublik mengatasi momen bingung yang muncul ini. Yuk, intip tips-nya berikut ini.

Rehat Dengan Aktivitas Ringan

Rasanya ada gembira, greget, juga khawatir tentang masa depan setelah menyelesaikan kuliah. Walaupun begitu, ada banyak prosedur administrasi yang perlu sahabat Ublik lakukan untuk melepaskan diri dari kampus setelah lulus kuliah. Untuk itu, let’s take our time. Memang sangat baik berusaha cepat dalam bergerak untuk kebaikan, tetapi sahabat Ublik juga butuh rehat sejenak setelah berjuang untuk lulus kuliah.

Rehat ini gak berarti rebahan all week long atau jalan-jalan mahal, tapi bisa diisi juga dengan melakukan aktivitas ringan yang menyenangkan dalam waktu yang singkat. Coba bawa diri kalian ke relaxing state dengan melakukan olahraga yang disenangi dan memang mampu dilakukan. Tamasya yang murah-murah dan menyenangkan di sekitar kota perantauan tempat belajar juga bisa dilakukan atau sekedar jalan-jalan virtual di masa PPKM saat pandemi ini pun bisa jadi pilihan untuk membuat diri kalian lebih santai. Sekedar merawat diri dengan memperbaiki pola istirahat dan makan yang tepat juga bisa jadi aktivitas rehat ringan dan menyegarkan untuk tubuh dan pikiran setelah dibombardir berbagai ‘beban’ akademis.

Rehat juga penting untuk menjernihkan pikiran agar dapat mengatur strategi masa depan dengan lebih baik.

Petakan Rencana Karir Masa Depan

Sambil rehat sahabat Ublik juga bisa melakukan hal penting ini : memetakan rencana karir dan masa depan. Bukan berarti kalian akan harus menjalani semuanya, tetapi pemetaan ini akan membantu kalian mempertimbangkan berbagai langkah dengan lebih efektif. Seperti disinggung di awal, gak sedikit yang bingung harus ngapain, kerja dimana dan kapan, terus ada juga yang baru kepikiran untuk lanjutin kuliah langsung. Nah, semua ini perlu dipertimbangkan dengan baik.

Evaluasi dulu masa pendidikan yang sudah kamu tempuh, apa yang kalian idamkan dulu sudah tercapai, keahlian apa yang ingin dipertajam dan diperlukan, lalu apa yang ingin kalian kerjakan di masa depan, kontribusi dan pencapaian yang diharapkan. Dari sini, sahabat Ublik dapat mengenali hal yang perlu dilakukan selanjutnya : apakah untuk mencapai itu semua perlu melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, ikut sertifikasi tertentu, kelas kuliah untuk karyawan atau hanya dengan kursus daring saja.

Selanjutnya, akan lebih mudah juga untuk menentukan apakah sahabat Ublik ingin bekerja sesuai passion atau sesuai latar belakang pendidikan yang sudah dijalani, apakah memungkinkan untuk berwirausaha, magang, melakukan kerja part-time atau langsung mencari lowongan pekerjaan impian?

BINGUNG HABIS LULUS KULIAH MAU NGAPAIN? COBA SIMAK TIPS BERIKUT INI.
Sumber: Pixabay

Asah Keterampilan Secara Daring

Pikiran sudah cukup tenang, badan sudah cukup bugar, sudah lebih mengenali keinginan untuk masa depan? Saatnya mengambil langkah selanjutnya dengan lebih produktif dan bermanfaat.

Di zaman yang serba dinamis ini, punya nilai bagus semasa kuliah gak menjamin akan dapat pekerjaan dengan gaji yang bagus juga atau diterima di universitas favorit untuk lanjut kuliah. Ada keahlian dan keterampilan yang diperlukan untuk bertahan dalam pekerjaan maupun kuliah di tingkat yang lebih tinggi.

Sembari memetakan rencana masa depan yang lebih solid atau menunggu panggilan kerja, tidak ada salahnya mengasah keterampilan dengan ikutan kursus. Semakin banyak kursus yang bisa diikuti secara daring, dengan pilihan harga yang variatif. Diantara keahlian yang diperlukan dan banyak dicari saat ini adalah kemampuan berbahasa asing, pengetahuan tentang html atau desain grafis. Pilihannya begitu banyak, ikuti kursus yang sesuai dengan minat kalian, sekalipun tidak linear dengan bidang pendidikan kalian.

Jika memungkinkan, cari dan ikuti kursus yang menyediakan sertifikasi bagi pesertanya untuk tambahan bekal ketika mencari kerja. Untuk sahabat Ublik yang bercita-cita berwirausaha, ini juga momen untuk ikut kelas tentang bisnis lho.

Terjun Ke Dunia Profesional

Kalau sudah tidak bingung dan ingin segera bekerja, ada beberapa kesempatan yang bisa kamu manfaatkan untuk memulai petualangan karir kalian. Sahabat Ublik bisa mulai dengan ikutan kegiatan volunteer. Selain menambah pengalaman yang menjadi nilai tambah untuk soft skill, lewat program volunteer ini kalian juga bisa memperluas jaringan dan membuka peluang kerja atau wirausaha, lo.

Magang juga bisa jadi pilihan untuk memulai karir kalian. Saat ini semakin banyak peluang program magang, cari yang sesuai dengan peta karir kalian atau kebutuhan kalian saat ini. Jika ternyata pun program magang yang sahabat Ublik temukan tidak bersesuaian dengan jurusan tapi sesuai dengan kemampuan dan dapat mendukung kebutuhan hidup, tidak menutup kemungkinan program ini membawa kalian ke pintu karir yang lebih menjanjikan kedepannya. Sahabat Ublik bisa memanfaatkan kesempatan magang sekaligus untuk eksplorasi lebih dalam tentang kemampuan diri kalian.

Selain jadi volunteer dan ikutan magang, tidak ada salahnya mencoba kerja part-time atau freelance dengan bekal ilmu atau bakat kamu. Di Indonesia, hal ini mungkin belum terlalu umum walaupun sudah banyak yang melakukannya, tapi di luar negeri, kerja part-time dan freelance adalah peluang kerja sudah biasa dilakukan bahkan semenjak seseorang berusia legal untuk bekerja.

Peralihan dari masa kuliah ke tahap hidup selanjutnya adalah satu proses pendewasaan yang kadang cukup berat untuk dilalui. Terlebih, kelulusan tidak serta merta menjamin keberhasilan di dunia profesional. Tapi, di masa itu kita punya waktu yang cukup untuk mematangkan strategi masa depan dengan lebih baik dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu mengatasi kebingungan untuk sahabat Ublik ya.

Report

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Wajah Masa Kini Kota Jakarta, Modern dan Berkelas

Melamar Kerja Tanpa Pengalaman? Ini Tipsnya Buat Fresh Graduate