in

Belajar Asyik Secara Online Bersama Mahasiswa KKN UMP

Belajar Asyik Secara Online Bersama 

Mahasiswa KKN Alternatif FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto 

Sabtu, 13 Juni 2020. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif FKIP merupakan KKN yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto tahun 2020, di mana KKN Alternatif FKIP UMP dilakukan pada saat pandemi Covid-19 yang sedang mewabah di Indonesia. Program KKN Alternatif ini dimaksudkan untuk menjamin tetap berlangsungnya proses pembelajaran mahasiswa di masyarakat dan juga sebagai wahana pemberdayaan masyarakat selama masa darurat pandemik COVID-19.

Mahasiswa yang bernama Intan Surya Pratiwi dengan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN Alternatif FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan memilih program Relawan Pendidikan Pendamping Siswa SMK melalui Pembelajaran Daring. Ia mendampingi sepuluh orang siswa kelas 10 SMK Negeri 2 Purwokerto.

 

Hal yang menjadi motivasi Intan memilih program Relawan Pendamping Siswa SMK Negeri 2 Purwokerto, karena ia memberikan pengarahan tentang kosakata, ejaan, dan hal-hal yang berkaitan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Intan ingin menjadi “kakak” bagi 10 siswa SMK Negeri 2 Purwokerto yang menjadi kelompok sasarannya, agar dapat membantu siswa dalam memberikan pengarahan bagaimana belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai kaidah yang berlaku. Dalam pembelajaran daring ini, mahasiswa KKN menggunakan media Game Kahoot dalam memberikan kuis dan juga mengadakan program literasi dalam kegiatan KKN ini, dengan tujuan agar meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca, menulis, dan berbicara.

Dengan adanya kegiatan KKN Alternatif di masa pandemik Covid-19, mahasiswa KKN yang bernama Intan Surya Pratiwi mendapatkan pengalaman dan tantangan baru. Siswa-siswa sangat antusias dalam pembelajaran daring. Antusias siswa-siswa bisa dilihat dari banyaknya siswa yang mengerjakan kuis bahasa Indonesia dan keaktifan siswa melalui Game Kahoot. KKN Alternatif FKIP ini dilakukan di rumah mahasiswa KKN sendiri yang beralamat di Kalibagor, Banyumas. Pembelajaran Daring ini melalui WhatsApp Grup yang sudah dibuat oleh mahasiswa KKN dan media pendukung melalui Kahoot.

Kuis yang dibuat oleh mahasiswa KKN melalui Kahoot sangat menarik. Karena, terdapat foto atau gambar yang mendukung soal kuis tersebut. Menjadikan siswa-siswa bersemangat dalam mengerjakan kuisnya. Gambar atau foto yang disajikan dalam Kahoot menjadi perhatian siswa-siswa, gambar atau foto dalam kuis seperti anime (animasi dari Jepang) dan kartun-kartun lainnya yang menjadi pendukung soal dalam kuis.

Dalam program literasi yang dilakukan, siswa-siswa pun juga antusias. Antusias mereka dapat dilihat dari cara siswa-siswa mempresentasikan cerpen yang telah dibacanya. Ada yang mempresentasikan melalui chat (teks diketik) atau voice note (catatan suara) di dalam WhatsApp Grup Pembelajaran Daring SMK Negeri 2 Purwokerto. Keterampilan menulis siswa-siswa dapat dilihat dari cara menjabarkan cerpen yang telah dibaca melalui chat (teks diketik). Sedangkan keterampilan berbicara dapat dilihat dari cara siswa mempresentasikan cerpen yang telah dibaca melalui voice note (catatan suara) dalam WhatsApp Grup.

Program kuis melalui Kahoot dan program literasi dalam pembelajaran daring ini, siswa-siswa mendapat pemahaman materi yang mudah dipahami dan siswa-siswa juga dapat memperbaiki kosakata dan ejaan bahasa Indonesia yang salah.

Hal ini menjadi bermanfaat bagi siswa-siswa untuk mendapat wawasan baru walaupun hanya di rumah saja. sebagai relawan pendidikan, Intan memfasilitasi 10 siswa dengan memberikan pulsa agar siswa antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran daring ini. Ia juga berusaha membuat kegiatan berjalan dengan asyik dan menyenangkan, agar siswa tidak bosan  atau jenuh di tengah kondisi pandemi Covid-19. Di tengah pandemi Covid-19 siswa-siswa membutuhkan dukungan positif agar mereka tetap semangat, kreatif, dan dapat memahami materi dengan baik.

Intan juga menuturkan pengalamannya selama menjadi relawan pendidikan, yaitu ungkapan siswa tentang pembelajaran daring yang dilakukan melalui WhatsApp Grup membuat mereka senang dan leluasa dalam mengemukakan pendapat, berdiskusi, dan siswa juga bersemangat dalam menerima materi yang diberikan oleh mahasiswa KKN.

Pengalaman bagi mahasiswa KKN yang bernama Intan, membuat ia semakin sadar pentingnya pendampingan siswa di tengah pandemi Covid-19. Dalam pengalaman KKN Alternatif ini, Intan juga mengatakan menjadi relawan pendididikan pendampingan siswa SMK, membuat dirinya semakin memahami karakter siswa dan mengenal dunia remaja saat ini.

Report

What do you think?

Participant

Written by Tataa Zea

Story Maker

UMP Selenggarakan KKN Alternatif Pembelajaran Daring

Aplikasi Pinjaman Online yang Terpercaya dengan Proses Cepat