in

Apakah Benar Bisa Menguasai Suatu Bidang Dalam 10.000 Jam?

Sahabat Ublik, kira-kira berapa jam yang dibutuhkan seseorang untuk menguasai suatu keterampilan? Dilihat dari rata-rata training yang diberikan sebuah perusahaan pada calon karyawannya, biasanya calon karyawan harus sudah bisa setelah rentang waktu dua atau tiga bulan. Bahkan ada perusahaan yang hanya memberi waktu satu bulan.

Apakah kemudian setelah rentang waktu tersebut, calon karyawan bisa disebut sudah ahli? Kalau menurut Malcom Gladwell, dalam bukunya berjudul Outliers, yang diterbitkan pada tahun 2008 lalu. Seseorang membutuhkan 10.000 jam untuk menguasai sebuah keterampilan. Menurut Malcom Gladwell, orang-orang yang saat ini menunjukkan kebolehan mereka di kancah internasional, memerlukan 10.000 jam untuk sampai di posisi mereka saat ini.

Baca Juga: Skill yang Harus Dimiliki dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Malcom Gladwell menyebut 10.000 adalah angka ajaib. Namun ternyata ada fakta menarik dibalik buku yang best seller ini yang masih sering disalahartikan oleh banyak orang. Apakah itu?

  1. Tidak ada angka ajaib untuk kehebatan

Seperti yang dikatakan oleh Anders Ericsson, Profesional Psikologi di Florida State University. 10.000 jam bukan jumlah yang harus dicapai untuk menjadi ahli suatu bidang. Melainkan jumlah rata-rata jam yang dibutuhkan. Beberapa orang bisa jadi berlatih kurang dari 10.000 jam untuk menjadi mahir. Namun ada juga yang membutuhkan waktu lebih dari 10.000 jam.

  1. Bukan jumlah yang harus dikejar, melainkan kualitas

Beberapa orang jadi salah paham, dan setiap hari menghabiskan waktunya untuk berlatih. Begitu terus berulang-ulang, hingga mencapai 10.000 jam, namun ternyata masih tidak bisa menguasai suatu keahlian. Karena tanpa kualitas latihan yang baik, latihan kita hanya akan menjadi angin lalu saja.

Misalnya, kita terus-menerus menghafal berapa puluh kosa kata bahasa inggris setiap hari tanpa jeda. Hal tersebut tidak membuat kita lantas bisa berbahasa inggris, ada hal lain yang perlu dilakukan. Seperti mengetahui arti kata itu jika digabung dengan kata yang lain. Nah, bayangkan jika kita tidak tahu tentang hal ini dan terus menghafal kosa kata itu tanpa melakukan proses pembelajaran yang benar.

Baca Juga: Menjadi Lebih Produktif Dengan Cara Yang Benar

  1. Kita tetap perlu mentor

Meski kita sudah tahu hal apa saja yang diperlukan untuk mencapai ahli dalam suatu bidang. Namun kita tetap perlu mentor, atau seseorang yang sudah lebih dulu berkecimpung atau sudah merasakan jatuh bangunnya jalan yang sama dengan kita. Mentor akan membimbing kita ke jalan yang seharusnya kita lalui.

  1. Jangan hanya mengulang

Mengulang terus-menerus, tidak akan membuat kita mahir. Yang perlu kita lakukan adalah memperbaiki latihan kita. Mentor yang membimbing kita akan memberikan umpan balik. Maka yang harus kita lakukan adalah memperbaiki apa yang masih salah.

  1. Upayakan untuk melakukan daripada hanya sekadar tahu

Banyak orang yang tahu cara bermain basket, banyak orang juga yang tahu cara bermain sepak bola. Namun tahu tentu berbeda dengan bisa. Orang yang tahu tentang sepak bola belum tentu bisa bermain bola. Maka, ketika kamu ingin menguasai suatu keahlian, yang harus kamu lakukan adalah melakukannya.

Jadi, sebenarnya kita butuh berapa jam untuk mahir?

Yang paling penting dari menguasai suatu bidang adalah, fokuskan terlebih dahulu apa targetmu? Jam yang dibutuhkan seorang atlit untuk unjuk kebolehan di kancah nasional dan internasional tentu berbeda.

Baca Juga: 5 Usaha Sampingan yang Bisa Mahasiswa Kerjakan Sambil Kuliah

Tidak ada jam ajaib untuk bisa menguasai suatu bidang. Namun juga bukan berarti kita tidak percaya dengan apa yang ditulis Malcom Gladwell pada bukunya. Sebab benar bahwa kunci menjadi ahli adalah, perbanyak mencoba. Dan mencoba ini merupakan bagian dari latihan. Tanpa latihan, mahir hanya akan menjadi omong kosong.

Dan yang tidak kalah penting dari 10.000 jam ajaib Malcom Gladwell adalah.

Pertama. Nikmati setiap proses yang kamu lakukan. Sebab waktu yang akan kamu lalui amat sangat panjang. Bukan 10.000 hari, melainkan seberapa banyak jam yang kamu habiskan untuk berlatih dalam setiap harinya.

Kedua. Fokus, menghabiskan 10.000 jam yang panjang, akan membuat kita kehilangan arah jika tidak fokus. Sadarkan dirimu, bahwa waktu yang kamu lewati akan percuma jika tidak fokus.

Maka, kamu mau percaya atau tidak dengan jam ajaibnya Malcom Gladwell?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

minat baca di Indonesia

Tentang Minat Baca dan Hal-hal yang Masih Jarang Kita Pikirkan

sejarah , ardian

Tentang Sejarah dan Wujud Cinta terhadap Masa Depan: Belajar dari Ardian Nur Rizki