in

Agar Kita Bisa Ibadah Umroh di Usia Muda, Ini Tipsnya

April 2018, Alhamdulillah, salah satu doa dan impian terbesar saya untuk bisa menunaikan ibadah umroh, Allah kabulkan. Saya diberi kesempatan mengunjungi dua kota suci Makkah Al-Mukarromah dan Madinah Al-Munawarah.

Menunaikan ibadah umroh di usia muda menjadi salah satu impian banyak orang. Tidak dapat dipungkiri ibadah umroh merupakan salah satu impian semua umat mulism di dunia. Namun kebanyakan orang tualah yang giat menabung untuk dapat mewujudkan impian melaksanakan ibadah itu. Kenyataannya, tak semua orang bisa melaksanakan ibadah umroh saat usianya masih tergolong muda.

Sebetulnya dengan bermodalkan niat yang tulus, tekad yang kuat, serta ikhtiar yang tekun, mau berhemat dan bersungguh-sungguh, maka bukanlah suatu hal yan mustahil untuk bisa mewujudkan kesempatan tersebut. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan impian melaksanakan ibadah umroh di usia muda. Salah satu cara dengan kita rajin menabung sejak saat ini untuk ongkos ibadah umroh. Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan impian berangkat umroh di usia muda? Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips menabung umroh agar Anda bisa melakukan umroh di usia muda dengan biaya sendiri, bahkan sebelum usia 30 tahun.

( Baca juga9 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Anak Kost )

1.Niatkan sedini mungkin

Tabungan umroh (Sumber: Ublik.id/Herlan)

Tips menabung umroh yang pertama cukup sederhana. Kita harus memiliki niat sejak dini. Semakin dini kita memiliki niat untuk umroh, maka semakin cepat juga tabungan terkumpul untuk ongkos berangkat ibadah umroh atau haji.

Impian dan niat saya untuk bisa berangkat umroh di usia muda saya tuliskan tahun 2011 dalam buku catatan impian saya, di usia 24 tahun saya tulis niat dan tekad untuk “melaksakan ibadah umroh sekeluarga tahun 2021 dengan biaya Rp. 100.000.000”, yang artinya saya berniat dan tekad sebelum usia saya 35 tahun harus bisa melaksakan ibadah umroh. Memang sungguh diluar kemampuan saya besaran target tabungan yang harus dikumpulkan, namun dengan afirmasi positif yang saya bangun, niat itu semakin tumbuh kuat dan mendorong saya semakin semangat dalam berikhtiar.

Bayangkan saja jika saat usia 20 tahun kita sudah memiliki tekad dan niat untuk menabung umroh. Bukan suatu hal yang tak mungkin, pada usia 30 tahunan Anda sudah bisa menunaikan ibadah umroh degan uang sendiri.

2.Membuka tabungan khusus umroh

Rasanya kita sulit sekali menyimpan uang dalam tabungan regular biasa, dikarenakan uang yang ada dalam tabungan regular merupakan uang yang kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan kita, tidak jarang uang yang kita sisihkan untuk keperluan khusus pun terpakai hingga tak tersisa. Penting kita ketahui dan lakukan adalah memisahkan dana untuk kebutuhan sehari-hari dengan dana khusus yang kita cadangkan untuk mewujudkan impian kita.

Tips kedua menabung umroh adalah dengan membuka tabungan khusus umroh. Dengan menyimpan dana di tabungan khusus umroh, kita akan lebih fokus dan semangat dalam mengumpulkan dana ongkos umroh, serta terhindar dari pemakaian dana tabungan untuk kebutuhan lain.

Sekarang ini sudah banyak lembaga-lembaga keuangan yang menawarkan layanan produk simpanan umroh, baik itu dalam bentuk tabungan maupun investasi. Selanjutnya kita tinggal memilih lembaga keuangan mana yang cocok untuk bisa mengelola dana simpanan umroh kita dengan baik dan aman.

3.Menabung rutin dengan besaran tetap atau lebih

Salah satu usaha yang saya lakukan adalah rutin menabung setiap bulannya dengan besaran yang tetap atau lebih. Untuk menentukan berapa jumlah tetap yang harus kita tabungkan setiap bulannya, terlebih dahulu kita harus mengetahui berapa ongkos umroh dan berapa lama target kita menabung, sehingga kita bisa mengetahui kemampuan kita untuk menabung dengan jumlah tetap dan rutin.

Agar lebih mudah dan menghindari lupa menyetor kita juga bisa memanfaatkan fasilitas perbankan untuk dapat mendebet otomatis setiap bulannya dengan besaran yang tetap dan masuk pada rekening tabungan khusus umroh yang sudah kita miliki.

4.Membuat celengan umroh

Tips selanjutnya yang saya lakukan dalam mewujudkan impian umroh di usia muda adalah dengan membuat celengan khusus umroh di rumah dan di kantor. Buatlah celengan umroh dan simpan baik-baik di tempat yang aman. Dengan memiliki celengan khusus umroh ini kita bisa dengan mudah menyisihkan langsung sebagian dari gaji kita juga bisa menyimpan setiap ada uang jajan lebih.

Kita bisa targetkan penggunaan uang celengan tersebut untuk biaya pengurusan dokumen dan persyaratan berangkat umroh, misalnya untuk dana biaya pembuatan paspor, biaya menginitis, biaya foto dan biaya kecil lainnya, sehingga tabungan umroh yang kita punya di bank tidak akan terganggu oleh biaya-biaya persiapan dokumen dan pemenuhan syarat lainnya, jadi terfokus untuk biaya ongkos umroh dan bekal ibadah umroh.

5.Tabungan investasi logam mulia

Investasi emas (Sumber Pixabay)

Setiap tahunnya ongkos perjalanan ibadah umroh terus meningkat. Tips menabung umroh selanjutnya adalah dengan menabung investasi, di sini saya ambil contoh investasi logam mulia. Kita semua tahu bahwa biaya ongkos umroh yang nanti kita bayarkan kepada pihak penyelenggara akan dikonversikan ke dalam mata uang Dolar Amerika, ditambah lagi laju inflasi yang bisa mengubah biaya umroh sewaktu-waktu.

Simpanan dalam bentuk emas logam mulia bisa membantu mengantisipasi tingkat inflasi yang terjadi. Untuk melindungi uang yang sudah kita tabung, alihkan bentuknya dari uang ke emas logam mulia. Belilah ketika tabungan kita sudah cukup untuk 5 gram emas logam mulia, karena jika membeli dalam pecahan 1 gram harganya kan lebih mahal. Lakukan secara berulang hingga kita sampai pada target jumlah ongkos perjalanan umroh. Jika kita memilih teknik ini maka kita juga harus sering memantau perkembangan pergerakan harga emas, sehingga kita pun akan tahu waktu yang tepat untuk membeli atau menjual emas logam mulia yang kita punya.

6.Menahan godaan untuk berbelanja

Bagi teman-teman yang hobi berbelanja, harus segera melakukan penghematan dan belanja hanya untuk hal-hal yang dibutuhkan, jangan tergiur oleh diskon dan tawaran menarik padahal tidak kita butuhkan. Apalagi saat ini banyak sekali aplikasi-aplikasi online shop yang menawarkan berbagai kemudahan dalam kita berbelanja dengan banyak promo yang sangat menarik. Fokuskan niat dan tujuan untuk bisa  melaksanakan ibadah umroh di usia muda dengan lebih baik dalam pengelolaan keuangan dan pengeluaran belanja, jangan sampai niat dan tujuan kita kandas hanya karena godaan promo-promo yang ada.

Umroh dengan keluarga (Sumber: Ublik.id/Herlan)

7.Pilih paket dan fasilitas umroh yang terjangkau

Banyak pilihan paket dan fasilitas yang ditawarkan oleh travel penyedia layanan umroh. Kita harus selektif dalam menentukan dan memutuskan pilihan travel mana yang memberikan harga paket dan fasilitas yang nyaman dan baik dengan harga yang relatif terjangkau, tentunya dengan tidak mengesampingkan keamanan dan legalitas penyedia travel yang kita pilih. Himbauan dari Depertemen Kementrian Agama mengenai hal tersebut pemilihan travel umroh pun menjadi sorotan dan sering sekali di sosialisasikan dengan mengeluarkan baligo-baligo atau iklan masyarakat, di mana ini iklan tersebut adalah :

Pastikan juga lima hal dalam pemilihan travel umroh;

  1. Pastikan travelnya berizin
  2. Pastikan jadwal dan penerbangannya
  3. Pastikan harga dan paket pelayanannya
  4. Pastikan hotelnya
  5. Pastikan visanya

Dengan memperhatikan lima hal diatas kita akan lebih tenang dalam pemilihan travel umroh. Jadi meski kita pilih harga paket dan pelayanan yang terjangkau, kita tetap bisa aman dan nyaman dalam melaksanakan ibadah umrohnya.

Demikian tips dari saya agar kita bisa melaksanakan ibadah umroh di usia muda, semoga bermanfaat dan kita semua semoga segera diberikan kemampuan oleh Allah SWT untuk segera mengunjungi Baitullah dan dua Kota Suci, Makkah Al-Mukarromah dan Madinah Al-Munawaroh. Aamiin…

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

0 comments

Punya Tendensi Jadi Pelaku Body Shaming? Hati-hati Akibatnya

Nikah Praktis ala Suhay Salim atau Nikah Mevvah ala Crazy Rich Surabayan?