Cara mengatur keuangan pribadi – Masa orientasi kampus ataupun bagi kamu para sarjana muda pasti saat ini sedang dalam status sebagai anak kost.

Anak kost sering sekali mengeluh tentang masalah keuangan yang boros karena memilih gaya hidup yang senang di awal awal bulan dan susah di akhir bulan. Namun tidak sedikit juga diantara anak kost yang memang berpenghasilan rendah sehingga harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan.

Pada kesempaan kali ini akan membahas mengenai cara mengatur keuangan pribadi anak kost agar bisa lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan pribadi.

Baca JugaInilah 10 Skill yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2020, Kamu Sudah Memilikinya?

Dengan begitu tidak terjebak lagi dalam masalah keuangan yang klasik ataupun gaya hidup yang berlebihan.

 

9 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Anak Kost

 

Buat Daftar Kebutuhan Diawal

Cara Mengatur Keuangan Pribadi
Sumber: pixabay

Setelah menjadi anak kost satu hal yang harus kalian sadari adalah kebutuhan pribadi kalian tidak lagi disediakan oleh orang tua.

Itu artinya kalian harus mempersiapkan kebutuhan pribadi kalian sendiri dan membelinya dari jatah uang yang diberikan orang tua atau gaji yang diterima dari kantor.

Kalian harus membuat daftar kebutuhan selama satu bulan yang harus dibeli ataupun diperlukan. Setelah mengetahuinya kalian bisa memisahkan uang untuk membeli kebutuhan yang diperlukan tadi.

Jangan menggunakan uang ini selain membeli keperluan yang sudah dibuat tadi, agar tidak terjadi pemborosan dipertangahan bulan.

 

Pilih Kostan Dekat Dengan Kampus atau Tempat Kerja

Cara Mengatur Keuangan Pribadi
sumber: pixabay

Alangkah lebih bijaknya jika kamu sudah memutuskan untuk memilih tempat kost yang dekat dengan kampus ataupun tempat kerja. Jangan sampai kamu sudah membayar sewa untuk kostan masih harus naik angkutan umum atau ojek online. Hal ini yang membuat pengeluaran kamu membengkak tanpa kamu sadari.

Namun biasanya tempat kostan yang dekat dengan kampus atau kantor harganya jauh lebih mahal dibandingkan ditempat lain. Disini diperlukan skill untuk memilih kostan yang tidak memberatkan pengeluaran tetapi tetap terjangaku jaraknya.

 

Tinggal Rame-Rame Lebih Irit

Cara Mengatur Keuangan Pribadi
cara mengatur keuangan pribadi, sumber: pixabay

Terkadang kostan yang kita tinggali terlalu luas jika hanya ditinggali sendiri saja. Tidak ada salahnya jika tinggal bersama teman kampus atau teman kantor.

Selain lebih irit kamu juga bisa mempunyai teman berdiskusi selama di kostan. Meski irit kamu sebaiknya juga tetap harus selektif memilih teman kostan yah. Jangan sampai orang yang tinggal satu atap dengan kamu memiliki kebiasaan buruk yang bisa mempengaruhi kamu nantinya.

Baca Juga7 Alasan Mengapa Sarjana di Indonesia Masih Banyak yang Menganggur

 

Masak Lebih Hemat dan Sehat

Cara Mengatur Keuangan Pribadi
sumber: pixabay

Tinggal sendiri bukan menjadi hambatan untuk lebih berhemat, salah satu cara menekan pengeluaran konsumsi adalah dengan memasak.

Jika satu porsi makanan di warung makan sejumlah 20 ribu maka untuk tiga kali makan kamu harus mengeluarkan uang 60 ribu per harinya.

Dibandingkan dengan memasak, biaya bisa ditekan setengah dari biaya makan di warung makan. Selain hemat kamu juga bisa menjadi kesehatan masakan yang dimasak sendiri.

 

Jangan Traktir yang Berlebihan

Cara Mengatur Keuangan Pribadi
sumber: pixabay

Memang tidak ada salahnya sekali-kali kita mentraktir teman dan kerabat di restoran cepat saji. Tetapi jika kamu lakukan itu secara berlebihan tentu akan menguras kantong lebih dalam. Tidak heran jika sebelum gajian kamu sudah mulai gelisah karena terlalu berlebihan mentraktir teman-teman.

Jika memang tetap ingin mentraktir teman setiap bulannya, maka kamu perlu membuat pos khusus untuk ini. Memang ini salah satu cara mempererat pertemanan dan juga menjadi wadah untuk bertukar pikiran, tetapi jika dilakukan berlebihan juga tidak baik untuk kondisi keuangan.

 

Pilih Fungsi daripada Gengsi

Cara Mengatur Keuangan Pribadi
sumber: pixabay

Salah satu manfaat dari membuat daftar belanja sebelum pergi ke department store ataupun swalayan agar tidak terjadi pembelian hal-hal yang tidak dibutuhkan karena adanya program diskon. Selain diskon, produk bermerek juga bisa sangat menguras keuangan kalian lho.

Sebaiknya memilih produk berdasarkan fungsi dan kebutuhan saja, jika kamu membutuhkan pakaian tidak perlulah sampai memaksakan membeli pakaian branded yang harganya tidak masuk akal.

Kamu bisa memilih kualitas yang mirip dengan harga yang lebih terjangkau di pasar tradisional.

Terkadang dalam pergaulan hal ini menjadi pertimbangan kebanyakan anak kost untuk membeli barang branded. Padahal kondisi keuangan belum stabil tetapi memaksakan demi sebuah gengsi dalam pergaulan.

 

Tentukan Tujuan Menabung

Cara Mengatur Keuangan Pribadi
sumber: pixabay

Pernahkah kamu memutuskan menabung tetapi ternyata tabungan itu selalu saja terpakai untuk hal-hal lain.

Taukah kamu kenapa itu terjadi?

Itu disebabkan oleh kamu yang tidak memiliki tujuan dalam menabung, kamu hanya menyisihkan uang tanpa tahu kegunaan dan kapan akan digunakannya. Sehingga disaat keinginan untuk berbelanja kuat sering kali tabungan dijadikan alternatif untuk memuaskan keinginan kita.

Setelah kamu menentukan tujuan menabung kamu akan lebih bijak mengambil keputusan untuk menggunakan uang tabungan untuk keinginan konsutif kamu.

Baca Juga: Meskipun Tidak Diajarkan di sekolah, 6 Hal Ini Penting untuk Kehidupanmu

 

Jaga Kesehatan Diri

Cara Mengatur Keuangan Pribadi
sumber: pixabay

Berhemat bukan berarti harus mengabaikan kondisi kesehatan diri lho.

Kamu juga perlu memperhatikan kesehatan dengan meminum multivitamin dan mengkonsumsi buah-buahan.

Menjaga kesehatan diri salah satu cara mengatur keuangan pribadi yang paling penting dilakukan. Karena jika kamu sampai sakit dan harus dirawat ke rumah sakit, maka berapa biaya yang akan keluar untuk hal tersebut. Pastinya jauh lebih mahal dibandingkan dengan membeli multivitamin dan buah-buahan.

 

Bisnis atau Kerja Sampingan

Cara Mengatur Keuangan Pribadi
sumber: pixabay

Tidak ada cara lain, selain berhemat kamu juga harus mencari penghasilan tambahan untuk mencukupkan kebutuhan kamu sehari-hari.

Tidak ada salahnya jika kamu mencari pekerjaan sampingan atau memulai bisnis kecil-kecilan. Meski hasil yang didapatkan tidak begitu besar dari pendapatan utama, setidaknya kamu mempunyai tambahan uang yang bisa menambah tabungan kamu.

Carilah bisnis atau kerja sampingan yang tidak mengganggu aktifitas utama kamu, karena jika hal itu terjadi tentu akan menambah masalah kamu. Kamu bisa memulai membuat konten sosial media yang menarik sampai mendapatkan followers yang banyak agar bisa menjadi seorang influencer, atau kamu bisa memulai menulis blog tentang hal-hal menarik yang terjadi sehari-hari.

Berjualan makanan ataupun bisnis dropship saat ini juga bisa menjadi jalan mencari penghasilan tambahan.

 

Bonus: Punya Pacar Anak Orang Kaya :v

Cara Mengatur Keuangan Pribadi
sumber: pixabay

Selain cara-cara diatas, cara ini memang terdengar licik bagi sebagain orang. Tapi tidak ada salahnya kamu mencobanya dengan bermodalkan penampilan menarik dan memberikan perhatian lebih kepada teman lawan jenis yang ekonominya lebih baik.

Satu modal utama yang kamu perlukan adalah kepercayaan diri untuk bisa mendapatkan pacar anak orang kaya. Tidak perlu berpura-pura kaya, lakukan cara-cara yang tulus dan berbeda dari kebanyakan orang maka dia akan jadi milikmu.

Keuntungannya kamu bisa lebih hemat saat berkencan, biasanya mereka akan royal kepada orang-orang yang dicintainya. Meskipun tidak menjadi pacar, mempunyai teman yang ekonominya lebih baik menjadi keuntungan tersendiri, kamu pasti pernah merasakannya.

Itulah tadi cara mengatur keuangan pribadi anak kost yang bisa kamu praktekan. Tidak perlu mempraktekan semuanya, mengambil beberapa cara juga bisa mengubah jumlah pengeluaran bulanan kamu.

Awalnya memang akan terasa sangat berat, tapi jika terus dilakukan maka akan menjadi gaya hidup baru bagi kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.