Mendaki gunung memang bisa menjadi kegiatan yang perlu kamu lakukan selama tubuh masih kuat dan sehat. Salah satu nikmatnya menjadi pemuda adalah bermimpi bisa menjelajahi dunia, berlayar di atas luasnya lautan yang menutupi bumi maupun mendaki gunung tertinggi seperti para pendaki di Gunung Everest.

Tetapi, gunung Everest yang amat terkenal dan sangat ingin ditaklukkan banyak orang—mungkin termasuk kamu—bukanlah medan yang mudah. Apalagi bagi orang-orang yang tidak memiliki pengalaman. Jangankan gunung-gunung tertinggi di dunia, gunung tertinggi di Indonesia seperti Puncak Jaya yang ada di Papua setinggi 4.884 meter itu pun akan sulit didaki bila kamu tidak memulainya dengan mencoba mendaki di gunung-gunung yang tak kalah indah, namun memiliki ketinggian yang lebih rendah.

Sebelum memasuki 8 daftar gunung yang bisa menjadi rekomendasi bagi pemula, ada baiknya kamu harus tahu persiapan apa yang dibutuhkan bagi para pendaki gunung.

1.Jangan Pergi Sembarangan

Eh, maksudnya apa ya? Apakah harus izin orang tua atau wali di rumah? Sebenarnya itu penting juga sih. Takut kalau kamu nyelonong pergi begitu saja dan ada kejadian yang tidak diharapkan akan membuat orang-orang di sekitar kesulitan menemukan atau membantumu. Tetapi, yang dimaksud jangan pergi sembarangan di sini adalah pergi tanpa persiapan yang matang.

Sebagai pendaki pemula, kamu harus tahu akan pergi dengan siapa. Mengapa itu penting? Yah, dengan bepergian seorang diri, tentu persiapannya harus lebih matang dan menyeluruh dong. Siapa yang akan kamu mintai makan kalau kamu lupa membawanya? Sedangkan jika kamu pergi berkelompok bersama teman-teman, kamu bisa membagi tugas sehingga mengurangi beban perseorangan.

Selain masalah makanan dan minuman, bepergian sendiri pun memerlukan persiapan untuk perlindungan diri sendiri terhadap hambatan yang mungkin saja terjadi. Oleh sebab itu sebagai pendaki pemula kamu harus memikirkan hal ini dengan baik. Dan yang tak kalah penting, kamu harus mengetahui karakter gunung yang akan didaki. Bagaimana keadaannya agar kamu bisa membawa barang yang akan membantu di sana.

2.Kuatkan Fisik dan Mental

Jangan remehkan kesehatan tubuh kamu. Mendaki gunung memerlukan tenaga yang ekstra, bukan seperti ketika kamu hanya berjalan-jalan di pusat perbelanjaan. Menjaga kesehatan sebelum dan selama pendakian harus kamu jadikan prioritas. Karena keadaan fisik yang tidak sehat bisa memengaruhi keadaan mentalmu juga, begitu pula sebaliknya. Bawalah suplemen yang bisa menjaga kesehatanmu.

Baca jugaMelihat Keindahan Alam Indonesia dari Dekat melalui Film ‘Negeri Dongeng’

Bagaimana? Apakah kamu semakin tertarik untuk memulai debut sebagai pendaki gunung? Berikut 8 daftar gunung untuk pemula yang pemandangannya ngga kalah keren.

1.Gunung Bromo

Gunung Bromo di Jawa Timur (Sumber gambar: thejakartapost.com)

Siapa yang tak pernah dengar nama gunung ini? Sepertinya semua orang tahu gunung yang satu ini. Gunung yang berada di 4 kabupaten berbeda di Jawa Timur yaitu Probolinggo, Lumajang, Pasuruan, dan Malang ini tingginya sekitar 2.392 meter. Berbeda jauh dengan Puncak Jaya. Pendaki pemula bisa mencoba mendaki gunung yang memiliki tangga ini. Kurang lebih membutuhkan waktu setengah jam untuk bisa mencapai puncaknya.

2.Gunung Lawu

Pemandangan Gunung Lawu (Sumber gambar: wajibbaca.com)

Gunung yang terletak di antara perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini sangat cocok bagi kamu yang ingin belajar mendaki. Meski memiliki ketinggian di atas Gunung Bromo yaitu 3.265 meter, gunung ini memiliki keunggulan. Beberapa bangunan yang tersedia digunakan untuk tempat berteduh dan membeli makanan. Kamu bisa beristirahat tanpa perlu mengkhawatirkan bagaimana caranya mengisi perut dan menghilangkan dahaga. Di antara ketiga jalur tempuh yaitu Cemoro Kandang, Cemoro Sewu, dan Candi Seto, kamu bisa memilih jalur terpendek di antaranya. Cemoro Kandang memang lebih landau, tetapi sebaiknya tempuh dengan jalur Cemoro Sewu agar cepat sampai.

3.Gunung Penanggungan

Pemandangan dari puncak Gunung Penanggungan (Sumber gambar: setapakkecil.com)

Gunung satu ini hanya memiliki ketinggian 1.653 meter. Terletak di Mojokerto, dengan mudah kamu bisa mencapai tempat ini sebab tak jauh dari Surabaya sebagai pintu gerbang Jawa Timur. Meski kelihatannya tidak terlalu tinggi seperti gunung-gunung yang disebutkan sebelumnya, medan tempuh di sini cukup menantang. Bagi kamu yang suka tantangan, bisa mencoba mendaki gunung yang dijuluki miniatur Semeru ini. Selain itu, ada hal yang tak kalah menarik yaitu kamu bisa sambil melihat barang peninggalan bersejarah dan pemandangan alam yang luar biasa.

4.Gunung Ungaran

Pemandangan Gunung Ungaran (Sumber gambar: dhaverst.wordpress.com)

Sekarang kita menyeberang ke Semarang. Ya, gunung yang terletak di ibukota Jawa Tengah ini terhitung rendah yaitu 2.050 meter. Namun, jangan mengira gunung ini mudah untuk ditaklukkan ya. Gunung ini memiliki medan semakin curam saat menuju puncak. Mirip filosofi kehidupan, ya? Hehehe…

5.Gunung Pulosari

Pemandangan dari atas Gunung Pulosari (Sumber gambar: liburmulu.com)

Gunung yang termasuk gunung berapi aktif ini memiliki ketinggian 1.346 meter, dan terletak di Pandeglang, Banten. Kalau kamu ingin berkemah di sana, kamu bisa mendirikan tenda di Kawah Ratu. Wah, kelihatannya menarik sekali ya kalau bisa mendaki sekaligus berkemah, dikelilingi suasana alam yang menenangkan dan menakjubkan.

Baca juga: Mengintip 7 Surga Wisata di Kaki Gunung Slamet, Panusupan Purbalingga

6.Gunung Gede

Pemandangan Gunung Gede di Jawa Barat (Sumber gambar: jabar.tribunnews.com)

Ingin menikmati pendakian sekaligus melihat air terjun? Inilah gunung yang bisa kamu masukkan dalam daftar pendakian dengan ketinggian 2.958 meter. Kamu bisa memilih jalur yang landai yaitu jalur Cibodas. Meski teramat dingin, gunung yang terletak di Bogor, Jawa Barat ini adalah salah satu gunung favorit para pendaki, tidak peduli pemula atau yang berpengalaman. Selain air terjun, kamu juga bisa melihat padang edelweis dan sumber air panas, lho. Seru sekali, ya!

7.Gunung Papandayan

Gunung Papandayan di Jawa Barat (Sumber gambar: jejeakgarut.com)

Nama gunung yang tak asing ini memiliki ketinggian 2.265 meter. Terletak di Garut, Jawa Barat, kamu tidak usah pusing dengan masalah transportasi menuju ke sana sebab aksesnya tergolong mudah. Siapkan kamera kalau ke tempat ini karena banyak spot foto keren yang bisa membuatmu semakin bersemangat untuk menaklukkan gunung-gunung berikutnya. Pokoknya nagih banget!

Baca jugaKeindahan Gunung Api di Pulau Jawa ini Bikin Pelancong Susah Move On

8.Gunung Sibayak

Pemandangan Gunung Sibayak (Sumber gambar: ceritamedan.com)

Bila berkunjung ke Medan, atau mungkin kamu tinggal di sekitarnya, cobalah belajar mendaki di Gunung Sibayak. Gunung ini termasuk ramah bagi pendaki pemula karena ketinggiannya hanya 2.212 meter di daerah Berastagi. Ada banyak tingkatan jalur yang bisa kalian pilih, tetapi bila ini adalah pengalaman pertamamu, cobalah jalur yang memang pas untuk pendaki pemula yang bisa ditempuh selama 1-2 jam saja.

Gimana? Semakin tertarik untuk mencoba menaklukkan gunung? Mungkin saat ini kamu baru mencoba untuk menjadi pendaki pemula, tetapi suatu saat nanti, bisa saja kamu mulai menaklukkan gunung-gunung yang lebih tinggi. Selamat mendaki gunung, Kawan. Jangan lupa abadikan kenangan!