in

8 Alasan Mengapa Membuat Resolusi Awal Tahun Itu Penting

Tahun baru selain identik dengan kembang api dan terompet, juga identik dengan membuat resolusi. Di awal tahun, mayoritas orang akan memikirkan resolusi yang akan disusunnya selama satu tahun ke depan. Lalu, sebenarnya perlu atau tidak sih menyusun resolusi awal tahun? Theo Tsaousides, seorang ahli neuropsikologi, memaparkan beberapa alasan mengapa menyusun resolusi awal tahun perlu dilakukan dan hubungannya dengan psikologi diri.

Alasan Menyusun atau Membuat Resolusi

1. Sebagai daftar tujuan selama satu tahun ke depan

Resolusi awal tahun dapat menjadi daftar apa saja yang harus kita lakukan selama satu tahun ke depan. Mulai dari hal yang sederhana hingga hal yang besar. Berbagai hal tersebut dapat kita raih karena menjadikan ha ltersebut sebagai tujuan hidup kita.

Baca Juga : Menjadi Milenial Bahagia untuk Produktif dalam Berkarya

2. Untuk membantu otak mencapai tujuan

Manusia mempunyai sebuah kemampuan kognitif yang bisa kita sebut sebagai fungsi eksekutif. Fungsi eksekutif yang dimiliki manusia dapat membantu manusia dalam menentukan tujuan, menyusun cara atau langkah guna mencapai tujuan tersebut, dan mengikuti serta mengadaptasi berbagai cara tersebut untuk menghadapi berbagai tuntutan serta perubahan kodisi yang muncul dalam waktu yang relatif lama. Membuat resolusi awal tahun akan membantu otak kita untuk membuat tujuan dan sekaligus menyusun langkah untuk mencapai tujuan itu. Hal itu pula yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya yang mengambil keputusan hanya dengan menggunakan insting belaka.

3. Tujuan akan memberikan kejelasan

tujuan membuat resolusi

Membuat resolusi awal tahun akan membaut kita memiliki tujuan hidup yang lebih jelas. Tujuan tersebut akan memberikan visi serta arah kepada kita. Dengan adanya tujuan, akan mengurangi tingkat kebingungan kita mengenai hal apa saja yang harus dilakukan dan langkah yang harus diambil. Dengan tujuan yang jelas, kita tidak akan menyia-nyiakan waktu, tenaga, dan uang kita demi tujuan yang belum jelas visi serta arahnya.

4. Tujuan memberikan makna

Tujuan yang kita ketahui dari menyusun resolusi dapat memberikan makna hidup dengan menimbulkan alasan kuat mengapa kita harus mencapau tujuan tersebut. Ketika menuliskan sebuah tujuan, kita pasti memiliki keiginan yang kuat untuk melakukan sesuatu agar hidup kita menjadi lebih baik lagi untuk ke depannya.

Baca Juga : Setelah Mengalami Kegagalan, Saatnya Mendesain Ulang Kehidupan

5. Resolusi dapat membuat kita merasa lebih baik

Para pakar neurosaintis dan psikologi memaparkan, reaksi emosi yang manusia yang paling mendasar adalah merasakan bahagia karena telah berusaha. Dengan membuat resolusi akhir tahun akan membantu kita menjadi lebih bahagia karena berusaha keras untuk mencapai tujuan yang telah kita susun.

6. Tujuan merupakan sebuah kemajuan

Manusia mencapai sebuah kemajuan karena mempunyai tujuan di hidupnya. Tanpa adanya tujuan yang jelas, membuat kita menjai kebingungan dalam mengambil sebuah langkah sehingga hal itu akan menghambat kita dalam mencapai kemajuan di dalam hidup kita.

7. Membuat Resolusi menetapkan standar hidup kita

Resolusi awal tahun dapat menjadi sebuah standar hidup kita terkait hal apa saja yang akan dan ingin kita lakukan selama satu tahun ke depan. Apakah kita akan melakukan sesuatu yang produktif dan menyenangkan atau kita malah sebaliknya, menghabiskan waktu dengan melakukan berbagai kegiatan yang tidak penting dan  akan kita sesali kemudian hari.

8. Memberikan kita koneksi dengan orang-orang yang memiliki tujuan serupa

tujuan dari membuat resolusi di tahun 2020

Membuat resolusi awal tahun ternyata dapat membantu kehidupan sosial kita juga loh. Resolusi memberikan tujuan kepada kita, tujuan tersebut akan membuat kita bertemu dengan orang lain yang memiliki tujuan yang sama. Kesamaan tujuan dapat menjadi awal berdirinya sebuah komunitas, keluarga, bahkan hingga berdirinya sebuah perusahaan yang berskala kecil hingga berskala besar. Tujuan yang sama juga dapat memberikan kesadaran kepada seseorang untuk berjuang bersama, contohnya dalam bentuk gerakan atau aktivisme sosial.

Baca Juga : Menjadi Perfeksionis, Kelebihan atau Kekurangan?

Nah bagaimana sekarang? Sudah tahu kan, pentingnya membuat resolusi awal tahun dan berbagai keuntungannya? Kalau begitu, yuk mulai pikirkan dan susun reoslusi awal tahun kamu! Jangan sampai kita menyesal karena tidak memiliki tujuan dan malah membuang waktu kita selama satu tahun ke depan.

Report

What do you think?

Participant

Written by Aini

Years Of Membership

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Agar Waktumu Menjadi Maksimal dan Beberapa Kesalahan Memanfaatkan Waktu

meraih impian, dream, pusatkan dirimu

Pusatkan Dirimu Kepada Dirimu Sendiri Agar Lebih Mudah Meraih Impian