in ,

7 Tips Mengelola Keuangan Efektif Bagi Mahasiswa

Tips Mengelola Keuangan Efektif Bagi Mahasiswa

Mengelola keuangan bukanlah perkara yang mudah dilakukan. Setiap orang termasuk kamu yang masih mahasiswa perlu sekali melatih keterampilan mengelola keuangan. Banyak mahasiswa mungkin bertanya-tanya, mengapa aku harus mengelola keuangan, sedangkan aku masih muda dan masih kuliah? Menurut pendapatku, itu berhubungan erat dengan karakter kamu. Mahasiswa yang berkarakter itu mau belajar mengelola keuangannya dan belajar bertanggung jawab dengan hidupnya. Dengan kata lain, ia tidak akan membiarkan hidupnya berjalan sembarangan menuruti keinginan ego yang kadang tidak tepat dan merusak. Di bawah ini ada 7 tips mengelola keuangan yang terbukti efektif bagi kamu yang mahasiswa. Kita simak yuk!

1. Mencatat Anggaran Keuangan

tips mengelola keuangan efektif
Tips mengelola keuangan mahasiswa, Gambar: pixabay

Mencatat anggaran keuangan itu diperlukan buku catatan khusus. Kamu dapat mencatat anggaran keuangan kamu dengan konsep yang sederhana: ada kolom debet, kredit dan saldo. Tujuan pencatatan ini supaya kamu dapat mengevaluasi keuangan kamu sehari-hari, baik penerimaan maupun pengeluaran. Tanpa pencatatan, kamu dapat saja ceroboh untuk memakai uang dengan tidak bijaksana. Seperti pengalamanku, tanpa pencatatan aku sering tergoda untuk membelanjakan uang untuk hal-hal yang aku inginkan, yang bukan kebutuhanku.

2. Rajin Menabung

Menabung itu juga penting karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari. Menabung itu perlu komitmen dan rutin. Menabung itu akan membantu kamu menyiapkan dana darurat yang dapat kamu alokasikan sewaktu-waktu untuk hal-hal yang kamu butuhkan. Misalnya, saat kamu ingin sekali membeli gitar kesayangan, kamu dapat membelinya dengan cara menabung meskipun kadang kala kamu harus menahan diri untuk bersabar. Anggap saja ini latihan kamu menghargai proses perjuangan. Segala sesuatu kadang dapat kita peroleh tidak dengan cara yang instan, bukan?

3. Hindari Berhutang

Selama jadi mahasiswa, hindarilah keinginan untuk berhutang dalam jumlah besar yang melebihi batas kemampuanmu. Hutang itu tidak baik dan cenderung jadi beban, apalagi kalau kita tidak dapat melunasinya, mau diletakkan dimana wajah kita? Dulu ada temanku yang persahabatannya rusak gara-gara hutang dan aku tidak mau ini terjadi dalam hidupmu. Sebaiknya, jika kamu merasa membutuhkan uang tambahan, kamu dapat mulai mencari pemasukan tambahan dengan cara-cara yang kreatif. Coba deh!

Baca Juga: 5 Kiat Hidup Damai Tanpa Pinjaman Uang

4. Menggunakan Transportasi Umum

Tips Mengelola Keuangan Efektif Bagi Mahasiswa dengan naik trasnportasi umum
Tips mengelola keuangan mahasiswa, Gambar: pixabay

Transportasi umum sekarang dapat menjadi alternatif pilihan kamu dalam melakukan perjalanan sehari-hari. Pemerintah sekarang berupaya keras mendesain transportasi umum dengan nyaman dan efektif digunakan oleh banyak orang. Selain biayanya terjangkau dan dapat menghemat pengeluaranmu, kamu juga dapat terus mendukung program pemerintah mengurangi kemacetan di jalanan. Bagaimana? Kamu masih mau menggunakan kendaraan pribadi atau mau beralih ke transportasi umum?

5. Mencari Pemasukan Tambahan

Mahasiswa adalah orang muda yang kreatif, energik dan punya banyak sekali talenta untuk dikembangkan.Termasuk kamu, keahlian atau talenta apa yang kamu miliki sekarang? Pikirkanlah, apakah itu dapat dikembangkan dan membuat pemasukanmu bertambah? Tidak perlu minder, karena justru selama masih jadi mahasiswa, peluang untuk kamu mengembangkan diri di dunia kerja terbuka lebar. Lumayan kan, jika pemasukanmu bertambah, tabunganmu juga makin bertambah.

Baca Juga: Tips Sukses Menjadi Seorang Entrepreneur

6. Memasak Sendiri

Terdengarnya memang sedikit unik. Aku tahu kamu kadang merasa sibuk jadi mahasiswa dengan ikut berbagai organisasi, sibuk belajar dan mengerjakan tugas. Tetapi, tidak ada salahnya untuk memasak sendiri daripada membeli makanan atau jajan di luar. Itu jauh lebih murah dan dapat menghemat pengeluaranmu. Tinggal bangun pagi dan belanja di Pasar, apa susahnya? Lagipula Pasar atau Swalayan dapat membuat kamu belajar berinteraksi dengan orang lain dan membuatmu sehat secara sosial. Beda sekali saat kamu membiasakan diri di kamar dan order makanan dari ponselmu.

7. Belanja Sesuai Kebutuhan

7 Tips Mengelola Keuangan Efektif Bagi Mahasiswa, tips belanja hemat
Tips mengelola keuangan mahasiswa, Gambar: Pixabay

Seperti yang aku jelaskan di atas, belanja itu sebaiknya sesuai kebutuhan dan bukan keinginan. Memang perlu belajar mematikan ego untuk hal ini, tetapi menurutku itu baik dalam melatih kamu bijaksana. Jika kamu berbelanja, kamu dapat membuat daftar belanja terlebih dulu dan fokus dengan barang atau jasa yang kamu benar-benar butuhkan. Ingat, tanpa catatan, kamu akan cenderung ceroboh dan tergoda berbelanja berdasarkan apa yang kamu lihat menarik di depan mata kamu tanpa kamu mempertimbangkan baik-baik.

Baca Juga: Awas! Social Cost yang Dapat Menggerogoti Isi Dompetmu

Sekali lagi, mengelola keuangan itu merupakan perkara yang tidak mudah. Begitu pula saat kamu mempraktikkan 7 tips mengelola keuangan di atas, kamu perlu terus berlatih sampai terampil. Percayalah, keuanganmu akan lebih baik daripada sebelumnya.  Malahan, selama jadi mahasiswa kamu dapat jadi teladan dalam mengelola keuangan dan menginspirasi mahasiswa-mahasiswa lainnya. Aku percaya hidupmu akan jauh lebih bahagia karena kamu dilatih untuk memiliki hidup yang bertujuan, tidak asal-asalan dan hidup lebih produktif lagi. Tidak menutup kemungkinan juga kamu dapat diundang jadi pembicara di banyak seminar tentang mengelola keuangan efektif. Siapa tahu kan kamu mendadak populer dan membuat kampusmu bangga. Ya, siapa tahu?

Report

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mengenal Uni Wulan, IRT Penulis Pendiri Wonderland Family

5 Komponen Penting Penunjang Impian

5 Komponen Penting Penunjang Impian, Sederhana Tapi Penting