in

Ingin Meningkatkan Skill? Inilah 7 Online Course yang Bisa Kamu Coba

Meningkatkan skill sekarang bisa lebih mudah, hanya bermodal gadget!

online course , skill

Di era millenial ini, perkembangan teknologi begitu pesat. Semua serba digital dan menuntut setiap orang untuk memiliki pengetahuan maupun skill yang selalu update. Belum lagi dengan mudahnya para pekerja dan profesional dari seluruh dunia, khususnya Asia Tenggara untuk turut pula berkarya di Indonesia. Ini mengakibatkan daya saing yang cukup ketat bagi para millenial usia produktif yang masih berkarya dan mencari kerja.

Sebagai millenial, memperkaya diri dengan beragam wawasan dan skill hukumnya wajib agar tidak ketinggalan. Selain itu, meningkatkan keterampilan dan tentunya menambah wawasan untuk menghadapi persaingan global yang kian ketat.

Ada dua jenis skill yang harus diasah oleh para millenial jika ingin dapat bersaing di era industri 4.0 ini, yaitu hard skill dan soft skill. Hard skill merupakan keterampilan teknis dalam bidang tertentu. Hard skill bisa dalam bentuk penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang ada hubungannya dengan bakat dan minat kita.

Soft skill memiliki arti pembawaan seseorang dalam bentuk karakter dan sikap, baik itu kepada diri sendiri maupun kepada orang lain. Contoh dari soft skill adalah communication skill, time management skill, team management skill, intrapersonal skill, dan masih banyak lagi. Hard skill maupun soft skill sama pentingnya dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia kerja. Keduanya perlu ditingkatkan agar dapat berkembang.

communication , skill
Communication skill, salah satu hal yang perlu diasah

Salah satu solusi untuk meningkatkan skill adalah dengan mengikuti berbagai pelatihan atau kursus. Tentu saja pilih pelatihan yang sesuai dengan bakat dan minat yang ada dalam diri kita, agar pengasahan hard skill dapat dilakukan secara maksimal.

Lalu bagaimana bila keinginan untuk mengikuti pelatihan terhalang oleh beberapa kendala? Seperti halnya kerja, atau sekolah yang menyita waktu cukup banyak. Tenang saja, sudah banyak tersedia online course yang bisa dicoba. Ada yang gratis, namun ada juga yang berbayar. Baik yang gratis maupun berbayar memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Sebagai bahan referensi untuk sahabat Ublik semua, berikut adalah 7 online course yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan skill, baik hard skill mapun soft skill.

Baca juga:

Sekolahpintar.com

sekolah , skill
sekolahpintar.com, salah satu tempat meningkatkan skill yang bersertifikat

Sekolahpintar.com merupakan platform penyelenggara online course dengan sertifkat resmi. Sekolahpintar.com didirikan oleh Babastudio yang telah dipercaya lebih dari 10 tahun untuk menangani konsultan lebih dari 47 lembaga kementerian Republik Indonesia.

Sekolahpintar.com fokus pada kursus bidang desain, bisnis, dan pengelolaan website. Ada banyak pilihan kursus di sekolahpintar.com ini, seperti halnya cara editing dengan photoshop, optimalisasi bisnis, hingga cara membuat email. Kursus-kursus tersebut bisa diakses secara gratis.

Tak hanya menyediakan jasa training online, sekolahpintar.com juga menyediakan jasa konsultasi gratis dengan pakarnya secara langsung. Tertarik untuk mencoba? Ini bermanfaat sekali untuk para millenial yang ingin mengembangkan kemampuannya. Segera buat akun dan coba berbagai kursus.

Coursera.org

online course , skill
Coursera.org, tempat kuliah online di berbagai kampus terkemuka di dunia!

Coursera adalah penyedia jasa online course yang diakses melalui personal computer, tablet, maupun perangkat mobile. Coursera.org berisi kursus online dari berbagai universitas terkemuka di dunia, sebut saja misalnya Stanford University, University of Edinburgh, dan California Institute of Technology.

Coursera menyediakan beragam jenis kursus mulai dari seni, matematika, hingga teknologi. Terdapat dua jenis kursus di Coursera, yaitu gratis dan berbayar. Meskipun gratis, bukan berarti kursus di Coursera murahan ya, Coursera menyediakan kursus yang berkualitas untuk para penggunanya.

Khusus untuk universitas yang telah menjalin kerjasama dengan Cousera, dengan mengikuti kursus di Coursera.org dapat menambah jumlah SKS yang diambil. Salah satu universitas yang memberlakukan sistem seperti ini adalah Nanyang University.

Selain kursus gratis, Coursera juga menyediakan kursus yang berbayar. Biasanya kurusus yang berbayar ini merupakan kelas-kelas tertentu dengan signature track dan memberikan sertifikat di akhir kursus. Dan tentu saja, sertifikat ini bisa diakui oleh banyak instansi dan dapat digunakan untuk melamar pekerjaan.

edX.org

edX adalah salah satu dari MOOC (Massive Open Online Course) atau sebuah situs yang menyediakan perkuliahan dari berbagai universitas di dunia. Sistem belajar di edX berjalan setiap minggu seperti halnya perkuliahan. Sehingga kamu perlu menyediakan waktu untuk dapat mengerjakan berbagai tugas-tugasnya. Tenang saja, waktu yang anda korbankan untuk mengikuti training online ini akan terbayar dengan sertifkat yang dapat digunakan untuk menambah daftar riwayat hidup para millenial.

edX sudah digunakan oleh jutaan pengguna dan bekerjasama dengan berbagai universitas di seluruh belahan dunia. Sistem kursusnya ada materi singkat melalui video, e-book, dan simulasi-simulasi tertentu sesuai dengan kebutuhan materi kursus. Setelah itu, ada ujian dengan essay ataupun eksperimen.

Online Course yang populer di edX beragam, mulai dari data science, language, computer science, hingga business management. Fitur yang menarik di edX adalah discussion. Di fitur ini, akan berkumpul seluruh pengguna edX dari seluruh dunia, sehingga diskusi yang dilakukan pun seru dengan beragam latar belakang para penggunanya.

Udemy

online course , skill
Pengguna Udemy bisa memilih banyak kursus; desain, marketing, bisnis, hingga fotografi

Udemy memiliki lebih dari 100.000 online course yang dapat dipilih oleh para penggunanya. Udemy memiliki pilihan kursus mulai dari design, marketing, business, hingga photography yang tentunya akan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pebelajar.

Meski jarang terdapat kursus yang gratis, namun Udemy memberikan diskon yang besar-besaran untuk para pengguna setianya. Seperti halnya kursus web developer yang berharga jutaan rupiah, dapat diskon hingga di atas 70%. Hal ini pun menarik minat para profesional untuk dapat meningkatkan skill dengan mengikuti kelas kursus di Udemy.

Sebelum memilih kursus apa yang hendak diambil, Udemy memberikan penjabaran hingga silabus yang akan digunakan dalam online course tersebut. Ini adalah salah satu kemudahan yang ada dalam Udemy. Selain itu juga ada penjabaran waktu dari lamanya kursus online ini. Sehingga para pengguna dapat memperkirakan waktu belajar.

Ruangkerja by Ruangguru

Jika selama ini kita mengenal Ruangguru sebagai jasa penyedia kursus online untuk jenjang SD hingga SMA, maka saat ini telah hadir Ruangkerja. Ruangkerja adalah produk terbaru dari Ruangguru yang fokus pada pengembangan soft skill untuk persiapan maupun peningkatan kinerja.

Beragam kursus yang ditawarkan oleh Ruangkerja adalah seputar pengembangan karakter pembelajar. Ruangkerja pun didukung oleh instruktur yang memiliki pengalaman di bidangnya. Selain itu, waktu yang dapat diatur menjadi poin plus tersendiri sehingga tidak menggangu pekerjaan utama yang dimiliki oleh pengguna.

Cozora

Cozora adalah kursus online yang ditujukan khusus bagi para tenaga medis. Kursus yang disajikan untuk dokter, dan paramedis lainnya. Para millenial yang berprofesi sebagai tenaga medis wajib untuk tahu tentang Cozora ini.

Kelas online course yang diadakan oleh Cozora memiliki harga yang cukup terjangkau. Kelas pun diisi oleh para profesional dalam tenaga kesehatan yang sudah tidak diragukan kemampuannya. Beragam testimoni pun hadir sebagai penilaian terhadap online course ini.

IndonesiaX

IndonesiaX adalah salah satu jasa penyedia kursus online yang dibuat khusus untuk masyarakat Indonesia. Meskipun begitu, online course ini juga bekerjasama dengan online course yang sudah terkenal di dunia internasional seperti edX. di Indonesia sendiri pun, IndonesiaX telah bekerja sama dengan berbagai universitas, seperti Universitas Terbuka, Unair, ITS, dan masih banyak lagi.

Online Course yang tersedia di IndonesiaX cukup beragam, tidak hanya tentang kemampuan dalam seni atau teknologi, namun juga pengetahuan tentang pengadaan barang dan jasa, siaga bencana, hingga milenial dan kesehatan mentalnya. Wah, keren juga ini ya. Materi yang diadakan tidak hanya materi ‘berat’ saja, namun juga materi-materi yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sudah banyak testimoni yang bercerita tentang keseruan belajar di IndonesiaX.

Nah, itu tadi beragam online course yang dapat menjadi pilihan kalian untuk meningkatkan skill dan pengetahuan penunjang kerja dan persaingan di era global. Setiap online course tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sebagai tips, pilihlah online course yang sesuai dengan bakat dan minat yang para millenial miliki ya! Jadi, apakah kamu sudah menentukan pilihan mau mengambil online course di mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cara ampuh mengubah kebiasaan buruk

7 Langkah Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Buruk yang Membandel

perfeksionis

Menjadi Perfeksionis, Kelebihan atau Kekurangan?