Milenial. Kata-kata itu kini cukup sering disebut-sebut. Milenial sendiri sebetulnya merujuk pada anak-anak muda zaman sekarang. Mereka yang lahir dan tumbuh di milenium baru inilah yang disebut sebagai milenial. Mereka yang lahir antara tahun 1981 sampai dengan tahun 2000, dipandang sebagai sebuah generasi yang menelurkan banyak kreativitas.

Meskipun begitu, istilah milenial juga kadang bersanding dengan kata-kata bercitra buruk.  Anak muda tetaplah anak muda. Mereka punya jiwa yang bebas, belum terlalu banyak tanggungan. Meski begitu, walaupun belum terlalu memiliki tanggungan, sebetulnya alangkah lebih baik jika milenial mulai merancang masa depannya agar tahu bagaimana lintasan hidupnya ke depan.

Pilihan Editor;

Salah satu hal yang mesti mulai dipikirkan adalah hunian pribadi alias rumah. Ya, semua orang butuh tempat bernaung. Tentu punya rumah sendiri adalah cita-cita luhur yang jadi impian setiap orang. Namun, kita semua tahu kalau harga hunian makin tinggi tiap tahun, sedangkan penghasilan mereka masih begitu minimalis, jadi apa boleh dikata?

Tenang, mungkin beberapa tips di bawah ini cukup membantu buat kamu generasi milenial yang ingin punya rumah sendiri. Berikut beberapa tips buat kamu.

1.Mulailah Bermimpi

6 Tips Manjur Supaya Generasi Milenial Bisa Punya Rumah

Pertama-tama mulailah bermimpi. Seperti kata Bondan Prakoso dalam musiknya, “hidup berawal dari mimpi.” Nah, mulailah bermimpi. Apa rumah impianmu? Berapa harganya dan di mana lokasinya? Lalu, bagaimana aksesnya, juga lingkungan sekitarnya? Bagaimana akses menuju tempat kerjamu atau akses ke sekolah tempat anak kamu berlajar kelak?

Hal itu bisa menjadi dasar dari beberapa aktivitas menghasilkan yang akan kamu lakukan. Kalau perlu survei tempat, bertanyalah soal harga dan bagaimana proses pembeliannya. Itu saja dulu untuk awal. Setidaknya kamu sudah punya ancang-ancang. Jika sudah sreg dan menurutmu sangat mungkin terwujud barulah kita masuk pada tips yang kedua.

2.Rancang Keuangan

6 Tips Manjur Supaya Generasi Milenial Bisa Punya Rumah

Setelah tahu seluk beluk rumah yang diinginkan, selanjutnya mulailah merancang keuangan. Hitunglah secara detail berapa pemasukanmu setiap bulan dan berapa harga rumah tersebut. Siap-siap juga kalau harga rumah tersebut naik. Dalam merancang keuangan seperti ini, kamu mesti fokus, dan merincinya harus betul-betul tepat. Jika sudah merancang keuangan dan ternyata hasilnya harga rumah terlalu tinggi dan terlalu jauh dengan penghasilanmu saat ini, maka ada beberapa cara untuk mengantisipasinya.

Cara pertama, turunkan standar rumah. Ya, kalau kamu mau lebih cepat punya rumah sendiri, salah satu jalannya adalah cari rumah lain yang hargnaya lebih terjangkau. Tapi, kalau tetap masih ingin miliki rumah sesuai impian tadi. Maka kamu mesti lanjutkan ke poin berikutnya.

3.Cari Penghasilan Tambahan

Kalau memang keuangan sudah dirancang dan hasilnya tak terlalu menggembirakan, maka mulailah cari penghasilan tambahan. Cobalah mulai cari pekerjaan lain yang part time dan bisa diatur waktu kerjanya. Hal itu pasti bisa menolong kondisi keuanganmu. Ada banyak kerja part time yang bisa kamu coba. Nah, tinggal kamu cari kerja part time yang cocok dan tak mengganggu pekerjaan utamamu. Atau bisa juga kamu cari pekerjaan lain yang memang dapat membuat kamu berpenghasilan lebih. Satu lagi, cobalah untuk berbisnis. Siapa tahu dengan berbisnis kamu bisa menambah penghasilan untuk beli atau cicil rumah. Intinya satu: coba saja dulu.

6 Tips Manjur Supaya Generasi Milenial Bisa Punya Rumah

4.Tinggalkan Gaya Hidup Hedon

Ini juga penting. Mulailah tinggalkan gaya hidup hedon. Segala bentuk kemewahan dalam bergaya hidup mulailah ditinggalkan. Cobalah mulai pisahkan mana keinginan dan mana kebutuhan. Utamakan dulu kebutuhan. Ketika yang tersisa tinggal keinginan, cobalah urai kembali, mana keinginan yang bermanfaat dan mana yang tidak. Mulailah selektif dalam hal memilih sesuatu yang ingin dibeli.

Jangan terlalu memaksa bergaya kekinian dengan membeli berbagai macam produk yang mahal hanya untuk terlihat keren. Kurangi juga nongkrong-nongkrong di tempat yang biaya pengeluarannya tinggi. Hal ini dilakukan semata untuk berhemat dan mendapatkan hunian yang diimpikan. Setelah rumah yang kamu inginkan terbeli, bisa saja kamu kembali ke gaya hidup sebelumnya.

5.Nabung dan Berinvestasilah

Menabung adalah keharusan. Kamu bahkan dianjurkan untuk punya target minimal sejumlah uang yang mesti ditabung tiap bulannya. Hal ini penting demi kelancaran usahamu membeli rumah. Selain itu, cobalah untuk berinvestasi. Investasi emas misalnya. Ini juga sangat dianjurkan. Sebagaimana kita tahu, harga emas tak ada turunnya, malah selalau naik. Maka jika memang sedang punya rezeki lebih, cobalah untuk menabung lewat emas. Sebab ketika nanti dijual harganya sangat mungkin sudah naik.

6.Dekatilah ‘Dia’

Terakhir, dekatilah ‘Dia’. Dia dadalah Tuhan, yang menyebar rezeki untuk semua orang. Dialah yang secara adil mencukupkan rezeki pada manusia. Maka dekatilah Dia. Mintalah padanya supaya cita-citamu dapat terwujud dan segala keinginan dapat sesegera mungkin tercapai. Karena itulah mulai sekarang lebih gencarlah lagi dalam ‘mengambil hati’ Tuhan sehingga punya rumah sendiri, berapapun harganya sangat mungkin terwujud.