in

6 Strategi dan Tips Sukses Lulus Ujian Toefl dengan Skor Tinggi

Untuk mendapatkan skor tinggi ujian Toefl, ada 6 strategi dan tips sukses bisa kamu lakukan.

Bahasa inggris menjadi salah satu pelajaran sekolah yang sangat penting. Apalagi bagi kamu yang ingin melebarkan sayap ke dunia internasional. Mulai dari pendidikan, pekerjaan, atau pun hanya jalan-jalan ke luar negeri semuanya membutuhkan bahasa inggris. Oleh karena itu, banyak orang saat ini mengikuti bimbingan atau les kursus bahasa inggris kemudian mengikuti ujian Toefl.

Apa itu Toefl? Toefl merupakan tes untuk menguji kemampuan dalam berbahasa inggris secara general, artinya semua materi bahasa inggris diujikan di sini. Tes ini sangat penting bagi kamu yang memang benar-benar ingin kuliah dan kerja di luar negeri. Biasanya universitas dan perusahaan luar negerti membutuhkan sertifikat toefl bagi pekerja asing khususnya indonesia sebagai salah satu penilaian masuk atau tidaknya.

Mulai dari belajar reading, listening, grammar, bahkan versi terbaru Toefl (IBT Toefl) menggunakan aspek speaking dan writing juga. Toefl menjadi syarat penting untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk syarat masuk kuliah atau mendaftar kerja dan beasiswa. Sebelum mengikuti Toefl, sebaiknya Anda melakukan berbagai persiapan, seperti belajar.

Bukan rahasia lagi jika tes Toefl sangat sulit, apalagi iBT Toefl yang biayanya mencapai jutaan rupiah, sayang sekali jika skor kita gagal mencapai target. Oleh karena itu, beberapa tips yang bisa harus kamu perhatikan. Apa saja itu? berikut 6 strategi dan tips sukses lulus ujian toefl dengan skor tinggi yang bisa kamu coba.

1. Mempelajari Ilmu Bahasa Inggris dari Dasar

Tips Ujian Toefl

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Toefl merupakan salah satu tes bahasa inggris dengan materi general. Tidak seperti tes bahasa inggris di SMA yang mempunyai materi khusus yang diujikan. Oleh karena itu, sebelum mengikuti tes Toefl, salah satu hal yang paling wajib kamu lakukan adalah mempelajari bahasa inggris mulai dari dasar. Mulai dari alphabet sampai syntax. Mempelajari vocabulary, grammar, phrase, clause, dan lainnya.

 Baca Juga : Begini Awal Mula Berdirinya Kampung Inggris Pare Kediri yang Melegenda

2. Mengenali Kembali Tes Toefl

Tips Ujian Toefl

Cari informasi seperti apa soal-soal Toefl, penilaiannya, jumlah soalnya, berapa skor yang kita butuhkan, bagaimana cara mendaftar Toefl, biaya dna tenpat ujian. Dengan mengetahui berbagai seluk beluk Toefl, kamu akan lebih paham strategi menghadapinya. Bagaimana cara mengenali tes Toefl? Tentu saja dengan mencari info sebanyak-banyaknya mengenai Toefl.

3. Manajemen Waktu Belajar

Tips Ujian Toefl

Belajar dari jauh-jauh hari, bahkan dari sekarang lebih bagus lagi jangan nanti dan nanti. Semakin lama kamu belajar dan latihan, kemampuan bahasa inggris semakin matang dan semakin siap menghadapi ujian Toefl. Penting untuk diperhatikan, jangan belajar mendadak sebelum tes atau dapat dibilang kejar tayang, karena bahasa tidak seperti matematika yang sifatnya ilmiah, namun bahasa membutuhkan waktu panjang sampai kita bisa benar-benar menggunakannya sebagai alat komunikasi.

Baca Juga : Kuliah ke Luar Negeri? Inilah Hal-hal Seru yang Bisa Kamu Dapatkan!

4. Rajin Latihan Soal Toefl

Tips Ujian Toefl

Setelah mengenali dan memahami Toefl dengan baik, sekarang saatnya melakukan latihan, latihan dan latihan setiap hari. Dengan rutin latihan, dijamin kamu tidak pernah lupa materi bahasa inggris yang sudah diajarkan. Soal Toefl bisa didapatkan dengan berbagai cara. Jika mengikuti kursus di lembaga kursus bahasa inggris, biasanya akan mendapat contoh-contoh soal Toefl.

5. Sering Membaca dan Menulis Bahasa Inggris

Tips Ujian Toefl

Membaca dan menulis bahasa inggris merupakan aktivitas ringan namun dapat membantu kemampuan bahasa inggris. Dengan membaca dan menulis, secara tidak langsung kamu sudah belajar pola grammar bahasa inggris, kesalahan umum, vovabulary, dan lainnya.

 Baca Juga : 6 Tips Menulis yang Jarang Disampaikan Orang, Sudah Pernah Coba?

6. Mendengarkan Audio, Lagu dan Menonton Film bahasa Inggris

Tips Ujian Toefl

Belajar tidak harus lewat buku atau mengerjakan soal latihan, kamu juga bisa belajar melalui audio dan film berbahasa inggris. Cara belajar ini sangat berguna bagi seseorang yang memiliki tipe pembelajar auditori. Jika kamu termasuk tipe pembelajar auditori, tidak ada salahnya untuk mencoba tips ini.

Itulah 6 strategi dan tips sukses lulus ujian toefl dengan skor tinggi yang bisa kamu coba. Persiapkan diri sebaik mungkin dengan belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal Toefl melalui buku atau internet. Melalui persiapan yang matang, seseorang akan lebih percaya diri saat menjawab setiap soal yang diberikan. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

[Ruang Fiksi] Perempuan Beraroma Melati

Skill yang Harus Dimiliki dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0