in

5 Usaha Sampingan yang Bisa Mahasiswa Kerjakan Sambil Kuliah

Peluang usaha sampingan anak kuliah
minta bantuan , kuliah
(Sumber gambar: Mimi Thian on Unsplash)

Melihat fenomena banyaknya pengangguran yang notabene adalah seorang sarjana membuat hati miris. Pasalnya mereka adalah orang terdidik di bangku kuliah yang menghabiskan biaya tak sedikit untuk meraih gelar tersebut. Walau begitu, tetapi ada juga lho golongan mahasiswa yang sudah memiliki usaha sampingan atau pekerjaan yang menghasilkan sejak masih menyandang status mahasiswa. Alasannya sih beragam,

  1. Membutuhkan biaya tambahan untuk kuliah, karena tidak ingin membebani orang tua yang mungkin memiliki kondisi ekonomi terbatas.
  2. Mempunyai keinginan pribadi yaitu untuk membeli barang impian yang tergolong mahal dan tak mampu dijangkau secara tunai. Jadi harus nabung dulu sambil kuliah
  3. Sekedar ingin memanfaatkan waktu luang saat libur kuliah di akhir pekan atau saat tidak sedang tak ada kelas.

Pada dasarnya bukan modal sejumlah nominal tertentu yang dibutuhkan untuk merintis bisnis atau usaha sampingan, mengingat banyak mahasiswa yang menjadikan keterbatasan modal sebagai alasan. Namun tekad yang kuat, mindset yang terbuka, serta mau membuang gengsi.

Baca juga :

Selain menjadi driver ojek online atau membantu di kedai kopi setiap weekend, buat kamu mahasiswa boleh lho melirik 5 peluang mendapat pundi-pundi yang bisa dikerjakan di sela kuliahmu berikut.

Nyaris tanpa modal rupiah karena yang ‘dijual’ adalah skill yang kamu miliki.

freelance writer , kuliah
Banyak cari tahu dan pertimbangkan berkali-kali agar tidak menyesal. (Sumber gambar: John Schnobrich on Unsplash)

1. Menjadi Seorang Freelance Writer

Menulis adalah kemampuan yang tidak membutuhkan bakat serta nyaris tanpa modal. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memperbanyak jumlah buku yang dibaca dan tidak menyerah untuk mendisiplinkan diri untuk menulis setiap hari. Kamu anak kuliah yang suka menulis bisa memulai mengirimkan hasil tulisanmu di media online yang menjamur.

2. Menekuni Bisnis Jaringan

Banyak pelaku bisnis jaringan yang merupakan seorang mahasiswa. Tidak hanya nominal dalam rekening yang bertambah sehingga mampu membiayai kuliahnya sendiri, namun yang tak kalah penting adalah perubahan pola pikir menjadi lebih baik.

Dalam bisnis jaringan, kamu akan mendapat support lengkap dari perusahaan yang menaungi. Bisa berupa katalog produk, aneka training, dan banyak lagi.

Namun yang perlu kamu perhatikan adalah kredibilitas perusahaan tersebut. Pastikan perusahaan yang kamu pilih telah memiliki izin resmi.

3.Bisnis Kerajinan Tangan

Mahasiswa yang membuat bisnis kerajinan tangan bisa menjual produknya dengan sistem PO secara online. Untuk waktu pengerjaannya bisa dilakukan saat weekend atau ketika tidak ada kelas.

kerajinan tangan , kuliah
Bisnis kerajinan tangan (Sumber: Pixabay)

4.Menjadi Web Designer

Bagi pemilik keterampilan membuat design web, anak kuliah pun bisa memulai menjual kemampuannya menjadi peluang bisnis. Tentu saja bisa menghasilkan pemasukan tersendiri.

5. Menjadi Mentor Kursus Online

Melihat fenomena semua pekerjaan yang menjadi serba online, bimbingan belajar pun mulai dilakukan dengan sistem online. Yuk, manfaatkan ilmu yang kamu miliki di bangku kuliah dengan menjadi mentor online.

Jadi kamu yang masih kuliah, tunggu apa lagi? Manfaatkan waktumu dengan menjalankan usaha sampingan. Selamat memulai usaha!

Ditulis oleh Amrih Priutami

Tukang momong yang hobi menulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bangkit , patah hati

Benarkah Patah Hati Justru Bikin Kita Jadi Produktif?

Tips Manajemen Waktu yang Efektif agar Sibukmu Lebih Bermakna