in

5 Tips Agar Kita Dapat Menerima Diri Sendiri, Agar Hidup Lebih Bahagia

Sudahkan kalian menerima diri sendiri?

Sahabat Ublik, apakah kalian ingin hidup bahagia? Kebahagiaan hidup sudah barang tentu bisa diperoleh dengan berbagai cara. Contohnya melakukan kegemaran, menekuni passion, menonton acara kesukaan atau bertemu dengan sosok yang kamu sukai. Namun, terkadang kita tidak menyadari bahwa sumber kebahagiaan sejati bisa didapat dengan cara menerima diri sendiri (self acceptance).

Setiap orang tentunya memiliki sisi baik dan sisi buruk. Oleh karena itu, self acceptance diperlukan untuk membangun rasa percaya diri pada pribadi seseorang. Seperti yang kita ketahui, krisis percaya diri menjadi salah satu masalah serius bagi banyak orang.

Berdamailah dengan diri sendiri untuk menumbuhkan rasa syukur dan menghargai setiap bagian dari diri sendiri. Dimulai dengan tidak menyalahkan diri sendiri apapun alasannya. Jadi, apa saja yang harus kita lakukan agar kita bisa menerima diri sendiri? Simak tips-tips berikut ini!

Cintai Diri Sendiri

tips menerima diri sendiri cintai diri sendiri
Dewasa ini, kebanyakan orang selalu merasa ada yang kurang pada dirinya dalam berbagai hal. Salah satunya soal fisik atau penampilan. Berbicara soal fisik atau penampilan memang tidak akan ada habisnya. Selalu ada saja yang membuat orang merasa bahwa dirinya kurang menarik. Lantas mengeluh karena baginya ia memiliki penampilan yang teramat buruk.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencintai diri sendiri. Percayalah bahwa apapun yang ada di dalam diri kita layak dicintai. Baik itu kelebihan maupun kekurangannya. Hal ini bisa menumbuhkan rasa percaya diri, sehingga apapun keadaannya kita bisa menerima diri sendiri.

Baca Juga: Pikiran Negatif Membuat Hidupmu Sesak, Bagaimana Solusinya?

Menerima diri sendiri nyatanya memang tak mudah dilakukan oleh sebagian orang. Akibatnya, banyak orang yang menghabiskan uang ratusan juta untuk perawatan dan operasi plastik. Bahkan mereka berlomba-lomba untuk tampil menawan dengan cara ‘menjadi orang lain’. Banyak kasus operasi plastik hingga puluhan kali demi memiliki bentuk tubuh atau pesona wajah semenawan artis idola. Untuk mendapatkannya tentu ia perlu merogoh kocek hingga ratusan juta.

Operasi plastik yang juga dikenal dengan permak wajah bahkan sudah menjadi tren. Ingat, permak wajah tak menjamin penampilan seseorang menjadi lebih menawan. Segala sesuatunya tentu memiliki efek samping. Bukannya tambah cantik, justru membuat penampilannya lebih buruk.

Berhenti Bandingkan Diri Sendiri Dengan Orang lain

tips untuk menerima diri sendiri
Membandingkan diri sendiri dengan orang lain bisa memperburuk keadaan seseorang. Hal ini terjadi karena sosok yang dibandingkan biasanya mempunyai kelebihan atau sesuatu yang ‘sempurna’ di matanya. Lama kelamaan akan timbul rasa iri dan ingin memiliki hal yang sama.

Semua orang pasti pernah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Bahkan sebagian orang menjadikannya sebagai kebiasaan. Meskipun sulit, kebiasaan ini bisa dihentikan. Alangkah baiknya kita memandang kelebihan orang lain sebagai inspirasi dan panutan, bukan untuk dibandingkan. Ubah dengan pikiran yang membuat kita merasa bangga terhadap diri sendiri.

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan membuang-buang waktu saja. Di atas langit masih ada langit. Membandingkan kualitas hidup satu sama lain tidak akan pernah ada habisnya. Percaya atau tidak, dalam permainan pikiran ini kamu tak akan pernah menang.

Gali Potensi Diri

tips menggali potensi diri menerima diri sendiri
Ilustrasi gali potensi diri

Setiap orang pasti memiliki passion yang berbeda-beda. Bagaimana dengan kamu, sahabat Ublik?
Jangan memaksa diri untuk memiliki kegemaran yang sama dengan orang lain. Dalam menekuni sebuah kegemaran, tak sedikit generasi milenial yang ‘latah’ dalam menjalaninya. Contoh nyata yang terjadi baru-baru ini, menjadi selebgram dan youtuber. Banyak anak muda yang ‘latah’ hingga terobsesi ingin populer dengan cara yang sama. Di dunia keartisan, banyak sosok publik figur yang muncul dengan bermodalkan sensasi. Ada pula yang muncul di layar kaca sebagai penyanyi namun tak memiliki bakat di bidang tarik suara.

Baca Juga: 8 Tips Belajar Otodidak, Biar Makin Mudah Belajar Banyak Hal

Perlu diketahui, minat dan kegemaran bukanlah sesuatu yang bisa dipaksakan. Coba gali potensi diri, apakah kamu benar-benar berbakat di bidang tersebut? Terlalu ‘terbawa arus’ membuktikan bahwa kamu belum bisa menerima diri sendiri. Maka, temukan hal istimewa di dalam dirimu dan kembangkan.

Berhenti Berpura-pura Menjadi Orang Lain

tips mencintai dan menerima diri sendiri
Pernahkah kalian menonton film Brave? Film yang mengisahkan tentang seorang puteri raja bernama Merida yang memiliki hobi memanah itu mengajarkan kita untuk teguh pada pendirian dan lebih mencintai diri sendiri. Merida, puteri raja yang berani, harus menuruti segala peraturan istana. Salah satu aturan yang harus dipatuhi adalah tampil feminin. Padahal, hal itu sangat berkebalikan dengan gaya hidupnya. Lantas ketidaknyamanan itu membuat dirinya memberontak.

Berhenti berpura-pura menjadi orang lain dan menjadi diri sendiri bisa membuat hidup kita lebih nyaman dan bahagia. Selama yang dijalani adalah tindakan yang positif, lakukanlah. Menerima diri sendiri tanpa harus menjadi orang lain artinya memiliki kebebasan atas diri kita. Melakukan segala sesuatu berdasarkan apa kata hati nurani. Mengambil keputusan tanpa beban dan tuntutan dari orang lain.

Pandai Bersyukur

Ilustrasi bersyukur

Orang yang tidak bisa menerima diri sendiri biasanya adalah mereka yang tidak pandai bersyukur. Tidak pernah puas dengan apa yang diperoleh atau dimiliki. Orang-orang seperti ini akan sulit untuk menghargai usahanya sendiri, bahkan usaha orang lain.

Kita acap kali merasa terbebani oleh kekurangan yang ada di dalam diri. Terlebih ketika sedang menghadapi sebuah kesulitan atau mengalami suatu hal yang kurang menyenangkan. Menerima diri sendiri tentunya tidaklah mudah. Sebaliknya, kebanyakan orang akan merasa semakin terpuruk. Lalu, apakah keterpurukan dijadikan alasan bagi seseorang untuk tidak dapat menerima diri sendiri? Tentu tidak.

Baca Juga: Cara Mengatur Pola Pikir agar Hidup Lebih Bahagia

Seburuk-buruknya seseorang, tentu ia memiliki sisi positif di dalam dirinya. Jangan mulu-mulu memandang diri dari sisi negatifnya saja. Lantas, sudahkah kalian mengucap syukur hari ini?
Mengucap syukur merupakan langkah praktis yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Kecewa adalah hal yang wajar, namun jangan berlarut-larut dalam kesedihan. Apalagi putus asa dan terus-menerus menyalahkan diri sendiri. Apapun yang telah terjadi, sebaiknya diterima dengan berlapang dada, menghargai setiap usaha yang dilakukan, jangan dikendalikan oleh ambisi yang tidak realistis. Oleh karena itu, kendalikan diri sendiri dan jangan menuntut orang lain untuk memenuhi kepentingan pribadi.

Sahabat Ublik, sebelum menerima orang lain di dalam hidupmu, terima dirimu sendiri terlebih dahulu. Cintai dirimu dan bersyukur atas apa yang kamu miliki saat ini. Cukup dengan merawat diri tanpa mengubah apapun yang sudah dianugerahkan Tuhan pada kita. Jadi, apakah menerima diri sendiri merupakan sumber kebahagiaan sejati bagimu?

Baca juga artikel lainnya seputar pengembangan diri dan konseling.

Report

What do you think?

One Comment

Leave a Reply

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    tips jitu mengatur waktu

    4 Langkah Jitu Mengatur Waktu, Agar Hidupmu Gak Berantakan

    menabung atau wirausaha

    Jika Kamu Punya Uang, Pilih Ditabung atau Untuk Wirausaha?