in

5 Makanan Khas Papua Selain Papeda yang Mesti Kamu Coba

Papua, daratan timur Indonesia ini menyimpan beraneka ragam keunikan dan keindahan alam yang tak terkira. Tanah ini juga menyimpan warisan berbagai macam makanan khas Papua yang sayang jika dilewatkan. Meski jarang terkenal, nyatanya Papua adalah surga kuliner.

Provinsi paling ujung di Indonesia ini punya banyak makanan lezat. Dari mulai makanan berat sampai dengan kudapan yang cocok untuk jadi oleh-oleh ada di sini. Mungkin deretan makanan di bawah ini bakal membuatmu penasaran atau justru tetiba membuat lapar dan ingin mencobanya juga. Oh iya beberapa diantaranya mungkin sedikit tidak biasa untuk dikonsumsi. So, sudah mulai penasaran? Ini dia ringkasannya

1.Udang Selingkuh

udang selingkuh, makanan khas papua
Udang selingkuh (Sumber: Ksmtour.com)

Udang selingkuh. Mungkin dari namanya ini kamu akan sedikit mengernyitkan dahi. Bagaimana mungkin sebuah masakan dinamai seaneh itu. ‘Selingkuh’? Tenang, ini semua ada alasannya. Sejatinya udang selingkuh ini adalah udang besar khas Papua yang dimasak hingga benar-benar merekah dan membuat capit dari udang ini membesar dan terlihat seperti capit kepiting. Nah, hal itulah yang membuat udang ini disebut udang selingkuh lantaran memiliki tangan seperti kepiting. Meski begitu cita rasa udang ini benar-benar nikmat dengan daging yang lembut. Bumbunya juga begitu meresap. Udang selingkuh ini semakin hari semakin disukai banyak orang. Oh iya udang selingkuh ini adalah makanan khas Wamena. Jadi kalau ada kesempatan untuk berkunjung ke Wamena wajib hukumnya untuk cicipi makanan khas Papua ini.

2.Ikan Bungkus

ikan bungkus, makanan khas papua
Ikan bungkus (Sumber: pojokpitu.com)

Papua terkenal dengan lautnya yang menyimpan keaneka ragaman hayati. Ikan adalah salah satu yang paling terkenal di sana. Jadi tidak heran jika kebanyakan makanan Papua adalah berasal dari ikan. Salah satunya adalah ikan bungkus. Ikan yang digunakan adalah ikan laut yang dibungkus dengan daun lalu dipepes. Nah mungkin sekilas mirip seperti pepes pada umumnya. Eits tunggu dulu, ikan bungkus ini memiliki cita rasa yang khas lantaran dibumbui oleh berbagai macam bumbu rempah khas Papua. Itu yang membuat ikan bungkus selalu dicari siapapun yang datang ke Papua. Bahkan orang-orang Papua yang merantau keluar Papua, selalu merindukan panganan lezat yang satu ini.

3.Sate Ulat Sagu

Sate ulat sagu makanan khas papua
Sate ulat sagu, berani coba? (Sumber: bedahnusantara.wordpress.com)

Mungkin yang satu ini agak aneh. Seperti yang sudah dibahas di atas kalau ada salah satu makanan khas Papua yang sedikit tidak biasa untuk dikonsumsi.  Ulat yang dimakan oleh orang-orang Papua ini adalah ulat dari pohon sagu yang kayunya sudah lapuk. Sebetulnya, buat orang Papua sendiri, tanpa harus dimasak, ulat sudah bisa dikonsumsi.

Mungkin untuk menambah cita rasa, maka disatelah si ulat ini. Dan rasanya? Menurut orang-orang asli papua sih enak. “Kaya ada efek kejutnya gitu ketika menggigit ulatnya.” Terbayang? Nah kalau kamu mau coba mungkin kamu bisa coba di Raja Ampat. Karena sate ulat sagu disana terkenal enak. Jadi gak cuma pemandangannya aja yang ciamik, rasa makananya juga mesti kamu coba.

4.Martabak Sagu

martabak sagu makanan khas papua
Martabak sagu (Sumber: ksmtour.com)

Sagu memang jadi salah satu komoditas utama di Papua. Pohon sagu mudah ditemui di sana dan hasil pohonnya pun benar-benar dimanfaatkan oleh para warga setempat. Selain jadi papeda, sagu juga bisa dibuat martabak. Makanan ini jadi makanan khas Kabupaten Fakfak. Di sana, sagu yang ingin dibuat martabak digoreng terlebih dahulu dan kemudian diberi saus dari gula merah. Kebayang dong manisnya kaya apa? Yap ini dia yang jadi daya tarik dari martabak sagu. Pokonya kalau ada kesempatan ke Fakfak, harus banget cobain martabak sagunya.

5.Kue Bagea

kue bagea, makanan khas papua
Kue bagea (Sumber: beautiful-indonesia.umm.ac.id)

Setelah berbagai makanan berat, saatnya bahas kudapan. Nah kudapan yang satu ini mungkin udah gak asing lagi. Kue Bagea sudah jadi makanan oleh-oleh yang mesti dibawa kalau dari Papua. Kue Bagea sendiri adalah kue gulung yang bahan intinya adalah abon. Nah abon gulung itu dicampur dengan berbagai macam rasa lain seperti ayam, coklat, stroberi, dan masih banyak lagi. Kalau nampak luar mungkin kue ini terlihat seperti kue-kue pada umumnya. Namun ketika sudah masuk mulut. Kenikmatannya bikin gak bisa berhenti ngunyah.

Itu tadi beberapa makanan khas papua selain papeda yang hits dan patut kamu coba kalau berkunjung ke sana. Gimana, di antara lima makanan di atas mana yang mau kamu coba?

 

(Sumber gambar utama: ksmtour.com)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

0 comments

Pilih Pantai atau Gunung? Ternyata Bisa Menunjukkan Karaktermu

ruang fiksi ublik Harapan Tidak Pernah Meninggalkan Kita

[Ruang Fiksi] Harapan Tidak Pernah Meninggalkan Kita