in

5 Keuntungan Kuliah Sambil Kerja, Tak Cuma Soal Finansial

Mungkin ada sebagian dari sahabat tak mengalami kondisi yang memaksa sehingga menghindari kuliah sambil kerja. Namun tak ada salahnya kan, mencoba tantangan baru.

“Kan saya udah sibuk organisasi kak, ngapain kuliah nyambi kerja, atau cari kerja sambilan?”. Nah, sebenarnya banyak sekali loh sahabat keuntungan dari kuliah sambil bekerja. Tak hanya persoalan finansial yang tentunya bisa untuk tambahan uang jajan dan kuota. Dengan sedikit mencicipi dunia kerja yang kadang berbeda dengan dunia kampus, kamu akan mendapat banyak sekali keuntungan.

Apa saja keuntungnya ? Berikut adalah 5 keuntungan kuliah sambil kerja yang sayang banget kalau tidak didapatkan.

Tentunya, Punya Pendapatan Sendiri

pendapatan tambahan dari kerja sambilan

Dengan kuliah sambil kerja, kita bisa memenuhi uang saku dan kebutuhan pribadi kita. Dengan begitu kita bisa membantu meringankan beban finansial keluarga atau orang tua kita.

Selain itu, kita juga bisa menabung dari hasil usaha kita sendiri sejak awal. Sudah punya tabungan sendiri ketika lulus kuliah nanti tentunya akan sangat membantumu. Terutama untukmu yang ingin membuka usaha sendiri.

Bisa Lebih Menghargai Uang

Dengan kuliah sambil bekerja, kita jadi tahu betapa sulitnya mencari uang. Hal itu akan membuat kita menjadi sayang jika harus menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Dengan begitu, kamu akan lebih menghargai uang dan menggunakannya dengan bijak untuk hal-hal yang penting. Seperti untuk keperluan kuliah, atau tabungan masa depan.

Baca Juga: Awas! Social Cost yang Dapat Menggerogoti Isi Dompetmu

Kuliah Sambil Kerja Dapat Melatihmu Manajemen Waktu

Tips melatih manajemen waktu

Dengan kuliah sambil kerja, secara alamiah akan melatih kita membagi waktu dengan baik antara waktu kuliah, bekerja atau beristirahat. Pada awalnya mungkin kamu akan kewalahan membagi waktu, namun lama kelamaan kamu akan bisa membagi porsi waktumu dengan sesuai.

Selain itu, kamu juga akan terlatih untuk lebih fokus dengan apa yang kamu kerjakan.

Menjadi Pribadi yang Bertanggung Jawab

Ketika memutuskan untuk kuliah sambil bekerja, kita tentunya akan menambah tanggung jawab. Jika awalnya tanggung jawab adalah seputar perkuliahan. Maka ketika bekerja, tanggung jawab bertambah untuk menyelesaikan pekerjaan. Hal tersebut mendorong kita untuk menjadi pribadi yang memiliki tanggung jawab tinggi. Karena jika tak bertanggung jawab tentunya kamu tak akan bisa menyelesaikan keduanya dengan baik.

Memiliki Pengalaman Kerja Lebih Awal

mencari pengalaman kerja

Bekerja saat masih kuliah tentu membuat kita bisa memiliki pengalaman kerja lebih awal. Seperti yang kita ketahui dunia kerja tentunya akan berbeda dengan dunia perkuliahaan. Dengan bekerja saat masih kuliah kita akan mengetahui bagaimana cara menyesuaikan diri di lingkungan kerja dan bagaimana menjadi pekerja yang professional. Kamu juga akan mempelajari bagaimana organisasi sebuah perusahaan. Sehingga kamu akan lebih mengerti dan lebih siap untuk terjun ke dunia kerja setelah menyelesaikan studimu nanti.

Baca Juga: Skill yang Harus Dimiliki dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Nah, itu dia 5 keuntungan kuliah sambil bekerja. Tak hanya masalah finansial, ternyata banyak sekali keuntungan-keuntungan lain untuk pengembangan dirimu. Jadi mau kuliah sambil bekerja?

Report

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

tips belajar bahasa asing selain kursus bahasa asing

Ingin Kursus Bahasa Asing Tetapi Biayanya Mahal? Berikut Solusi Asyiknya!

Strategi SEO Untuk Blogging

Strategi SEO Efisien Dan Powerful Untuk Blogging