in

5 Kebiasaan Nyeleneh Orang Indonesia di Lampu Merah

Kebiasaan nyeleneh mana yang pernah kamu lakukan?

Kebiasaan nyeleneh mana yang pernah kamu lakukan?

Ublik.id – Menurut kamu, kebiasaan nyeleneh apa yang cuma ada di negeri kita ini? Ya, Indonesia itu unik. Seriusan deh. Orang-orangnya pun punya sikap yang ramah tapi kadang juga gak bisa ditebak. Ada saja tingkah lakunya yang bikin mereka (atau kita semua?) lakukan supaya ngerasa nyaman atau kadang terlihat seperti ingin menang sendiri.

Begini, di Indonesia kadang budaya antre itu kurang bisa diterapkan. Masih banyak orang yang srobat-srobot buat mendapatkan kenyamanan sendiri. Atau dari hal yang lebih kecil saja: soal sampah. Kadang, orang Indonesia masih suka buang sampah sembarangan dengan dalih ‘nanti juga ada yang bersihin’. Nah, memaksakan kenyamanan sendiri ini yang kadang sukar ditolerir. Padahal kalau dari kitanya sama-sama mau menghargai satu sama lain, mungkin ceritanya bakal lain.

Nah, tulisan ini sebenarnya mau bahas soal hal-hal menarik juga unik yang sering dilakukan orang Indonesia saat di lampu lalu lintas (orang indonesia lebih suka nyebut ‘lampu merah’, jadi setelah ini kita pakai lampu merah saja ya). Ada saja kelakuan-kelakuan alias kebiasaan nyeleneh kita yang mungkin sukar ditemukan di negara lain. Beberapa memang tidak melanggar aturan sih, tapi beberapa yang lain cukup membuat jengkel juga. Nah apa saja kebiasaan nyeleneh masyarakat Indonesia yang kerap dilakukan di lampu merah? Ini dia ringkasannya buat kamu.

1.Berhenti di Zebra Cross

kebiasaan nyeleneh , zebra cross
Kebiasaan nyeleneh di zebra cross, apa kamu juga begini? (Sumber gambar: megapolitan.kompas.com)

Mungkin di sekolah memang tidak diajarkan secara intens cara berhenti di lampu merah yang benar. Tapi meski begitu tetep saja yang namanya etika berlalu lintas kan mesti harus dijaga. Nah, kadang di Indonesia, masih banyak orang-orang yang asal berhenti saat lampu merah menyala. Mereka berhenti di atas zebra cross! Nah loh, bukanya zebra cross itu buat pejalan kaki? Iya, tapi karena memang orang kita selalu banyak alasan. Akhirnya zebra cross yang notabene hak pejalan kaki justru ditindihin. Akibatnya banyak pejalan kaki yang kesulitan saat nyebrang! Kalau sudah begini, susah juga kan buat mundur? Makanya kalau bisa jangan pada berhenti di atas zebra cross ya. Kasih jarak buat para pejalan kaki.

2.Berhenti di Zona Motor

Zona khusus kendaraan roda dua memang kadang disediakan buat para pengendara roda dua berhenti. Zona ini selalu diletakkan di depan, dekat dengan zebra cross atau di bawah langsung lampu merah. Tapi, di Indonesia, kadang zona motor ini dipakai sama mobil! Kendaraan roda empat ini entah ada angin apa kerap berhenti di zona yang disediakan buat para pengendara roda dua. Ada banyak alasan, kadang karena kebablasan berhenti atau karena sedang buru-buru. Akhirnya zona khusus motor pun kerap tidak dipakai dengan semestinya. Meski begitu, masih banyak pengendara mobil yang patuh kok.

3.Berhenti di Tempat yang Adem

Ini juga cukup menggelikan sih. Orang Indonesia itu kadang suka berhenti di tempat yang adem. Jadi, lampu merahnya masih sekitar 10 meter lagi, tapi karena kalau berhenti tepat sebelum zebra cross itu panas, banyak yang lebih memilih berhenti di bawah bayangan reklame atau berhenti di bawah pohon. Semua dilakukan agar gak kepanasan! Ckck. Padahal jarak buat maju mendekat lampu merahnya masih ada. Yah begitulah.

4. Belum Ijo, Eh Udah Diklakson! Duh..

Kamu salah satu yang senyum-senyum ketika denger judul di atas? Kalau iya, berarti memang kelakuan ini udah begitu dirasakan sama hampir semua orang di Indonesia. Entah karena buru-buru, ngecek klakson atau karena sudah refleks. Lampu merah yang masih 3 sampai 5 detik lagi, sudah dianggap ijo dan klakson udah dibunyika! Hmm. Hal yang bikin kita jadi ngerasa diburu-buru. Dan suasana lalu lintas pun jadi kerasa begitu sumpek. Eh kamu salah satu orang yang suka bunyiin klakson sebelum ijo juga kah?

5.Mumpung Lampu Merah, Main HP Dulu

main HP , kebiasaan nyeleneh
Main HP di jalan boleh, tapi di saat benar-benar perlu ya (Sumber gambar: Pixabay)

Main HP memang sudah jadi kebiasaan semua orang, gak cuma orang Indonesia. Kapan pun di mana pun, sepertinya kepala selalu nunduk dan tangan selalu geser sana geser sini. Buka aplikasi yang satu, tutup aplikasi yang lain. Nah di Indonesia, kadang kebiasaan main HP ini keterusan, bahkan sampai di jalanan. Waktu sebentar di lampu merah dimanfaatkan betul buat ngecek HP, kalau ada chat masuk dibales dulu, kalau ada komentar di Instagram dilihat dulu, kalau kepikiran buat status ya bikin status dulu. Sampai kadang lupa kalau lampu udah keburu ijo! Parah nih.

Itu dia beberapa kebiasaan nyeleneh Indonesia yang kerap dilakukan di lampu merah. Emang selalu ada saja cerita dari perilaku orang-orang Indonesia. Ada saja yang dilakukan. Dan kadang perilaku-perilaku nyeleneh ini yang malah bikin kita kangen sama Indonesia ketika lagi di luar negeri. Hayo, kalau kamu sendiri, suka juga melakukan hal yang sama seperti lima poin di atas gak?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

0 comments

kopi jos , minuman khas Indonesia

Deretan Minuman Khas Indonesia Paling Nikmat Saat Musim Hujan

Kala Senja oleh dini alvionita

[Ruang Fiksi] Kala Senja