in

Ini Dia 5 Jenis Buah Durian Kalimantan buat Para Durian Lovers!

Seperti yang telah diketahui, Kalimantan merupakan daerah istimewa dalam hal keanekaragaman plasma nutfah terutama buah durian. Nah, di desa Intu Lingau, Kalimantan timur ini terdapat hutan—atau masyarakat di sana sering menyebutnya Lembo—yang memiliki kurang lebih 76 jenis tanaman. Yang mendominasi di antara tanaman lainnya adalah buah durian. Lembo atau dalam bahasa Indonesia disebut hutan rimbun yang terdapat di Desa Intu Lingau merupakan tipe hutan sekunder tua memiliki topografi hampir datar.

Tipe hutan hujan tropik Indonesia juga merupakan ruang yang sangat cocok bagi tumbuhnya segala jenis buah-buahan tropik. Tercatat kurang lebih ada 329 jenis buah-buahan baik yang sudah dibudidayakan maupun yang masih tumbuh liar di hutan-hutan. Jumlah jenis buah-buahan yang ada di seluruh kawasan Asia Tenggara yang jumlahnya mencapai 350 jenis itu, 94% terdapat di Indonesia. Jumlah tersebut tentunya sangatlah besar!

( Baca jugaMencicipi Buah Cempedak, Buah Nangka Unik dari Kalimantan )

Durian merupakan pohon hutan yang berukuran sedang hingga besar dengan tinggi dapat mencapai 50 m serta umurnya dapat mencapai puluhan bahkan ratusan tahun. Kulit batang durian berwarna merah coklat gelap, kasar dan kadang terkelupas dengan bentuk pohon (tajuk) mirip segitiga. Bunga durian tumbuh pada karangan bunga berbentuk malai.

Ingin tahu, apa saja jenis buah durian yang ada di Hutan Lembo Intu Lingau? Simak yang berikut ini.

Pada sebuah penelitian ekologi jenis durian di desa Intu Lingau, Kalimantan Timur oleh Muhammad Mansur (2007), tercatat ada lima jenis durian yang tumbuh di Hutan Lembo, yaitu :

1.Durian (Durio zibethinus)

Durio zibethinus (Sumber: Pixabay)

Durian ini adalah durian yang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia dan sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Durian jenis ini memiliki duri yang tidak terlalu panjang dan memiliki aroma yang sangat khas atau menyengat. Kulit durian ini berwarna hijau (duri kecoklatan). Memiliki daging buah yang tebal dan rasanya manis dan bertekstur lembut.

2.Lai/Lay (Durio kutejensis)

Durian Lai (Sumber: rumahdurianjogja.com)

Durio kutejensis yang populer dinamakan durian Lai, memiliki ukuran daun lebih besar dan panjang daripada durian biasa. Warna daging buah kuning tua, kering, tebal, manis dan aroma buah hampir tidak ada. Durinya besar dan agak jarang, warna buah hijau muda kekuningan, bentuknya bulat, lonjong, atau bulat panjang. Jenis ini merupakan endemik Kalimantan yang pada saat ini telah banyak dibudidayakan oleh masyarakat setempat karena memiliki postur pohon lebih pendek dan rasanya lebih manis dibandingkan jenis lainnya.

( Baca juga5 Jenis Mangga Khas Indonesia Dan Kabar Baik Untuk Pembudidaya Mangga )

3.Kerantungan (Durio oxleyanus)

Kerantungan (Sumber: Instagram/yuliafoods)

Kerantungan merupakan jenis durian yang dapat tumbuh mencapai tinggi 40-50 m, pohon kerantungan memiliki postur yang lebih tinggi dibandingan durian pada umumnya.  Karakteristik kerantungan ini berukuran diameter 10 cm  sampai 15 cm. Kulitnya yang berduri memiliki panjang 3 sampai 4 cm. Kerantungan tidak mengeluarkan aroma tetapi mengandung alkohol yang tinggi. Daun pada tanaman durian jenis ini memiliki tulang daun yang lebih menonjol dibandingkan dengan durian pada umumnya.

4.Lahung/Lahong (Durio dulcis)

Lahung (Sumber: folksofdayak.wordpress.com)

Durian lahong ini memiliki postur yang tinggi juga seperti Kerantungan, yaitu dapat mencapai ketinggian 45 meter dengan diameter batang 900 cm. Keunikan dari Lahong ini adalah warna kulit bagian luar yang tidak biasa. Durian umumnya berwarna hijau, namun durian jenis Lahong berwarna merah, durinyapun panjang. Durian Lahong memiliki kulit buah yang tebal namun rasa buahnya manis dan teksturnya halus.

5.Tuwala (Durio graveolens)

Durio Graveolens (Sumber: yearofthedurian.com)

Tuwala merupakan durian endemik khas Kalimantan. Sebelumnya ada durian Lahong yang kulitnya berwarna merah. Nah, sekarang ada keunikan lain dari jenis durian Tuwala. Keunikan durian Tuwala adalah warna daging buahnya ada yang merah dan ada yang kuning. Duri pada durian Tuwala panjang. Tuwala tidak mengeluarkan aroma yang menyengat dan rasanya lebih berlemak dibandingkan durian pada umumnya.

( Baca juga: Teh Cascara, Teh Unik dari Garut yang Digilai Mancanegara )

Itulah lima jenis durian yang ada di Hutan Lembo, Desa Intu Lingau, Kalimantan Barat. Bagi para durian lovers, pastinya jangan sampai melupakan buah lokal yang rasanya pasti tidak kalah dengan buah-buah impor, khususnya buah durian di Kalimantan ini. Jangan ngaku pecinta durian ya, kalau tidak tahu lima buah istimewa ini. Jadi, mana favoritmu?

Nikah Praktis ala Suhay Salim atau Nikah Mevvah ala Crazy Rich Surabayan?

Kulonprogo, Kota Mati yang Kini Unjuk Gigi