Kalau biasanya cewek-cewek di umur tanggung sedang kumpul itu, kalau bukan ngomongin cowok ya ngomongin temen ceweknya yang lain. Bagus-bagusnya kalau memang mereka ingin berkarya. Paling mentok jadi girlband. Nyanyi satu dua lagu gak terlalu hits, terus udah deh gak kedenger lagi sepak terjangnya.

Setidaknya hal itu yang terjadi di beberapa tahun lalu. Ketika boyband dan girlband lagi marak-maraknya di Indonesia. Saat itu hampir semua orang latah mau bikin idol grupnya masing-masing. Modal tampang dan bisa joget sedikit namanya udah bisa naik di belantika musik tanah air. Ya walaupun hukum ‘cepat naik pasti cepat turun’ akhirnya tetap berlaku juga.

Pilihan Editor;

Kemudian beberapa waktu lalu, ada sekelompok pemuda yang justru keluar dari zona nyaman. Bukannya jadi girlband atau boyband. Mereka justru membuat sebuah grup musik yang barangkali tak pernah terbesit di otak anak-anak muda pada umumnya. Yap, nama grupnya Sabyan, sebuah grup yang mengambil genre gambus sebagai nyawa utama.

Sabyan yang digawangi oleh 6 pemuda itu dalam beberapa waktu lalu menggebrak jagat dunia maya khusunya YouTube. Penyebabnya? Karena mereka menyanyikan sebuah lagu gambus yang easy listening di telinga anak muda. Dan tentu salah satu yang membuat grup musik gambus kekinian ini terkenal adalah sosok sang vokalis, Nisa, seorang perempuan berparas ayu dengan suara yang merdunya kelewat batas.

Kami punya beberapa fakta menarik tentang Sabyan. Jika sudah penasaran, silakan baca lebih lanjut ulasanya berikut ini.

1.Channel YouTubenya Sudah Mencapai 1 Juta Subscriber

Buat seseorang ataupun kelompok yang memang ingin fokus di dunia YouTube, maka subscriber adalah nyawanya. Semakin banyak subscriber, maka semakin besar kemungkinan mereka untuk meraup keuntungan yang besar. Karena itulah, bicara YouTube tak bisa jauh-jauh dari subscriber. Lalu berapa banyak subscriber dari grup musik gambus Sabyan?

Ketika Ublik coba kepo untuk melihat channel mereka, Sabyan sampai saat ini sudah mengantongi 1 juta lebih subscriber, yang artinya ada sejuta orang yang siap sedia untuk mendengarkan lantunan-lantunan yang mereka bawakan. Dan kabar baiknya lagi adalah, subscriber mereka tak pernah berkurang. Semakin viral mereka maka setiap menitnya, subscriber mereka akan terus menerus bertambah. Jadi, apakah kamu salah satu subscribernya?

2.Videonya Ditonton Ratusan Juta Kali

Subsciber biasanya akan berbandung lurus dengan total penonton yang melihat video yang diunggah. Semakin banyak subscriber, idealnya semakin besar kemungkinan mereka untuk mendapat penonton yang berkali-kali lipat dari total subscriber. Nah, Sabyan ini video-videonya sudah ditonton oleh jutaan orang. Bahkan untuk lagu Ya Habibal Qolbi, terakhir kali Ublik cek penontonnya sudah mencapai lebih dari 100 juta orang! Untuk sebuah grup musik yang belum tenar di dunia entertaiment, apalagi menyanyikan lagu gambus, angka 100 juta adalah angka yang fantastis. Apalagi respon-respon positif juga terus menerus di lontarkan oleh para fans di kolom komentar. Salut buat grup musik gambus Sabyan ini.

3.Menggarap Video Klip dengan Niat

Jika biasanya gambus hanya dinyanyikan di acara-acara hajatan atau tasyakuran, maka Sabyan justru melihat peluang lain. Mereka tidak tanggung-tanggung untuk membuat karya. Makanya jika kamu cek video-videonya di channel YouTube, hampir semua video klip dibuat dengan garapan yang terlihat ‘niat banget’. Dari mulai pengambilan angle, properti yang digunakan, sampai wardrobe yang dipakai juga semunya benar-benar mencerminkan kalau mereka tak main-main. Barangkali hal itu juga yang membuat banyak orang akhirnya mensubscribenya, betah untuk berlama-lama menonton dan menikmati alunan musik gambus yang dimainkan oleh Sabyan.

4.Nissa Sabyan Sang Daya Pikat

Kalau ditanya apa yang kemudian menjadi daya pikat dari grup musik Sabyan, maka kuncinya adalah di sosok sang vokalis, Nissa. Gadis belia yang memiliki nama asli Khoirunnisa ini memang puya paras yang ‘adem banget’. Buat mereka yang gak suka-suka amat dengan gambus, cukup menyaksikan Nissa saja mungkin sudah terhibur. Eits, gak sampai di situ. Nissa yang berulang tahun tanggal 23 Mei ini juga punya suara yang merdunya gak ketolongan! Gambus yang biasanya identik dengan orang-orang yang usianya tidak muda lagi, kini berhasil digubah dengan suara merdu milik Nissa. Dan terbukti semua orang benar-benar menikmati apa yang dilantunkan seorang Nissa.

Nissa Sabyan (Sumber: YouTube/Official Sabyan Gambus)

5.Nissa Adalah Seorang Santri yang Kini Jadi Selebgram

Ada alasan kuat mengapa Khoirunnisa ini punya suara yang sangat merdu. Yap dia adalah seorang santri. Pantas saja jika aksen-aksen arab dia benar-benar mengena di telinga pendengar? Bukan cuma itu, si santri ini juga mendadak tekenal sekarang. Gara-gara YouTube Sabyan yang mendadak tenar tersebut, akun instagram Nissa dibanjiri oleh banyak sekali followers.

Akun @nissa_sabyan kini sudah diikuti oleh 1 juta followers. Gokil banget kan, seorang penyanyi gambus  punya followers sampai 1 juta? Di instagramnya Nissa juga tidak segan untuk menyapa para penggemarnya. Seperti selebgram pada umumnya, satu-satunya personel perempuan di grup Sabyan ini juga buka endorse bagi mereka yang ingin produknya dipasarkan.

Itulah beberapa fakta tentang grup musik gambus Sabyan yang sekarang lagi viral di jagat media sosial. Sabyan secara tidak langsung membuktikan kalau menjadi terkenal tidak harus pakai sensasi, tapi pakai prestasi dan kualitas yang mumpuni. Sabyan adalah fenomena yang nyata. Patut ditunggu karya-karya anak muda lainnya dengan cara-cara unik dan kreatif seperti halnya Sabyan dengan gambusnya.

 

(Sumber gambar utama: YouTube/Official Sabyan Gambus)