Sekian tahun lamanya, Bali menjadi primadona untuk pariwisata Indonesia. Bahkan, seringkali di mata wisatawan mancanegara, Indonesia tidak lebih terkenal daripada Bali. Sementara itu, Lombok juga mulai bisa bersaing dengan Bali dalam hal potensi wisata. Pantai adalah daya tarik utamanya. Bagaimana dengan pulau lain? Tentu masih banyak tempat-tempat menakjubkan dari Sabang sampai Merauke yang bisa dijelajahi.

Wisata Indonesia yang sebelumnya cenderung didominasi oleh Bali dan Lombok, kini tidak lagi. Majalah Travel+Leisure membuat survei tahunan untuk menilai pengalaman liburan para pembacanya berdasarkan pengalaman perjalanan mereka di seluruh dunia. Pembaca memberi peringkat pulau-pulau menurut aktivitas wisata, pemandangan alam, pantai, kuliner, keramahan, dan nilai keseluruhan.

Masing-masing pulau di daftar ini layak dikunjungi sendiri, mulai dari Maui dan Galápagos hingga beberapa wilayah di Portugal yang menjadi rising star, Azores, dengan penduduknya yang ramah dan pemandangan yang menakjubkan.

Tapi, ada yang cukup mengejutkan pada survei tahun ini. Pulau terpadat di Indonesia, Pulau Jawa dengan populasi 140 juta berada di peringat pertama dengan skor 95,28 dan dinobatkan sebagai pulau terbaik di dunia menurut versi majalah asal Amerika Serikat itu. Sementara Pulau Bali dan Lombok berada di peringkat kedua dan ketiga dengan masing-masing memperoleh nilai 94,06 dan 93,88. Ketiga pulau Indonesia ini bahkan mengalahkan Maladewa. Pulau Jawa menduduki peringkat pertama dalam daftar World’s Best Award 2018 karena memiliki budaya kuno yang unik, pemandangan yang mempesona, dan adanya situs warisan dunia UNESCO.

Borobudur (Sumber: Detik News)

Selain menawarkan pemandangannya yang mempesona, budaya yang unik, dan situs Warisan Dunia UNESCO seperti kompleks Candi Borobudur, pulau ini juga memberikan kesempatan untuk bisa menikmati modernitas, terlihat dari banyaknya hotel bintang lima di berbagai kota.

Pilihan Editor;

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan bahwa penghargaan itu bisa menambah kepercayaan diri Indonesia yang akan menggelar Asian Games 2018 dan Annual Meeting IMF-World Bank pada akhir tahun ini.

Beberapa tahun terakhir sejumlah travel blogger dari seluruh dunia berbondong-bondong pergi ke Bromo, Kawah Ijen, atau daerah Yogyakarta. Video jalan-jalan vlogger di YouTube pun mulai banyak yang berlokasi di Jawa. Para turis setuju bahwa Pulau Jawa menawarkan berbagai pengalaman berbeda. Banyaknya wisata yang instagrammable, bisa dibilang kalau Pulau Jawa adalah paket wisata lengkap. Dan inilah tempat-tempat menarik yang menjadi alasan mengapa Jawa layak dikunjungi.

1.Segudang Cerita di Ibukota Jakarta

Kota Tua Jakarta (Sumber: traverse.id)

Kita mulai dari Jakarta sebagai ibu kota Indonesia yang memiliki sejarah panjang. Provinsi yang satu ini selalu menyimpan segudang cerita untuk dikisahkan dari berbagai sudut pandang. Mulai dari cerita kaum urban ibukota, pusat pemerintahan, akulturasi kebudayaan, sampai pada tempat-tempat rekreasinya, miniatur dunia di TMII, Monas, Kota Tua yang berasa di Austria, semua menjadi satu paket lengkap.

2.Borobudur, Warisan Dunia yang Diakui UNESCO

Salah Satu Pemandangan di Candi Borobudur (Sumber: Thoughtco.com)

Popularitas Borobudur sendiri memang sudah mendunia. Menjadi komplek candi Buddha tertua di dunia, situs warisan dunia yang diakui UNESCO ini selalu membuat wisatawan jatuh cinta.

Sejarahnya membuat Borobudur menarik banyak wisatawan. Bagaimana mungkin bangunan batu bisa berdiri kokoh berabad-abad lamanya padahal pembangunan dilakukan pada masa teknologi belum berkembang seperti sekarang. Pesona lainnya adalah pemandangan sunrise di Borobudur. Alasan lain mengapa orang ke Borobudur adalah karena Candi Borobudur adalah candi Buddha. Banyak yang datang ke Candi Borobudur untuk tujuan spiritual.

3.Air Terjun yang Indah

Air Terjun Coban Sewu (Sumber: Tempatwisataindonesia.id)

Meskipun banyak kawasan di kota-kota sepanjang Pulau Jawa yang telah berubah menjadi wilayah gedung-gedung tinggi, masih banyak wisata alam yang tetap terjaga, salah satunya air terjun. Cipratan airnya yang dingin, suara gemericik sampai gemuruh air mengalir dari ketinggian, serta pemandangan di sekitarnya yang menakjubkan, adalah alasan tersendiri untuk mengunjungi air terjun di Jawa. Jika mendaftar satu persatu air terjun di Jawa tentu sangat banyak. Melalui berbagai situs wisata, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap seputar wisata air terjun di Jawa.

4.Surga bagi Para Pendaki

Gunung Merapi (Sumber: Kedaipena.com)

Aktivitas mendaki gunung kini bukan sekadar hobi atau kesenangan saja. Banyak orang yang kemudian menjadikannya sebagai gaya hidup atau ladang bisnis. Bahkan ada pula yang menjadikan aktivitas naik gunung sebagai cara untuk menunjukkan eksistensi. Saat di puncak, kita pun bisa merasa begitu dekat dengan Sang Pencipta. Tentunya, naik gunung juga bisa menjadi kesempatan menempa diri dan belajar mandiri. Fakta yang menarik adalah kita bisa melihat karakter asli seseorang saat mendaki gunung.

Ada banyak sekali gunung yang bisa jadi tempat mendaki, misalnya Gunung Papandayan, Gunung Lawu, Gunung Merapi – Merbabu, Gunung Bromo – Semeru, Gunung Ijen, dan masih ada sederetan nama gunung lainnya. Kalau kamu pernah mendaki, di antara sekian banyak gunung yang ada, pendakian di gunung apa yang paling berkesan bagimu?

5.Berpetualang di Taman Nasional

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Sumber: Wisatapriangan.co.id)

Taman nasional adalah sebuah kawasan yang dilindungi oleh negara. Menurut Pasal 1, Undang-undang no.5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya, Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi. Tujuannya adalah untuk menjaga ekosistem di kawasan tersebut.

Taman Nasional tidak selalu berbentuk ‘taman’ seperti halnya taman bermain. Selain untuk keperluan konservasi, taman nasional juga dibuka untuk umum yang ingin berwisata dan berpetualang. Taman-taman nasional yang terkenal di Jawa dan bisa jadi referensi untuk piknik antara lain; Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Gunung Merapi, dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang di sana terdapat dua gunung api aktif yang bisa didaki.

Itulah tempat-tempat mengagumkan di Jawa yang membuat kita semakin bangga dengan Indonesia. Jadi, ayo kenali potensi negeri sendiri. Kalau bukan kita, siapa lagi?

 

(Sumber gambar utama: Pixabay)