in ,

4 Tips Mudah Mencari Sumber Bacaan Baru Untuk Bangun Minat Bacamu

Sahabat ublik, siapa pun pasti memiliki kesulitan tersendiri untuk memiliki minat baca atau mencari sumber bacaan yang baru. Zaman sekarang sudah banyak akses yang memudahkan para pembaca. Kamu bukan hanya bisa membaca buku, melainkan kamu bisa membaca berita online, informasi-informasi dari beberapa media sosial, artikel, majalah online atau blog dan sebagainya. Tetapi, setiap individu memiliki ketertarikan tersendiri, karena tidak semua orang tertarik untuk membaca berita, ada yang hanya tertarik membaca berita dari Instagram, atau lebih menyukai novel di Wattpad, dan platform lainnya, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pembaca.

Membaca terkadang memang tidak selalu perihal buku, tapi dengan membaca buku kita bisa mengenal dunia. Nah, dari hal ini pun kamu bisa belajar bagaimana mengolah bacaan kamu suatu hari nanti. Misalnya, kamu bisa mengetahui bagaimana mencari ide untuk sebuah tulisan, mengetahui cara penulisan yang baik seperti apa dan bisa memperoleh banyak informasi. Bukan berarti bacaan di media lainnya tidak penting ya. Kamu tetap bisa membacanya sebagai penunjang literasi mengenai berita-berita update terkini dan sebagai tambahan informasi dalam memperluas relasi kamu. Bacalah berbagai hal yang kamu sukai, maka kamu akan banyak belajar dan menyerap banyak hal dari apa yang dibaca.

“Jika engkau ingin mengenal dunia, maka membacalah. 

Namun, jika engkau ingin dikenal oleh dunia, maka menulislah.”

(Pramoedya Ananta Toer)

Apakah kamu pernah mendengar kutipan quote tersebut? Nah, dari kutipan ini diharapkan buku juga bisa merubah duniamu melalui membaca.

Intinya, bacalah berbagai hal yang kamu sukai, maka kamu akan belajar bagaimana berkarya dalam dunia literasi.

Terkadang, seorang pembaca pemula yang ingin menghidupkan semangatnya pasti memiliki kebingungan dalam memiliki sumber bacaan ataupun jika kamu sudah mulai kehilangan minat baca dan mulai bosan membaca. Langkah awalnya yang bisa kamu lakukan yaitu kamu harus tahu terlebih dahulu apa jenis bacaan favorit kamu atau genre buku yang ingin dibaca. Selanjutnya, kamu akan berpikir untuk membeli buku dan berusaha bagaimana bisa punya buku yang ingin kamu baca, atau ingin menjelajahi genre baru. Jadi, untuk kamu pembaca pemula atau kamu yang sudah mulai bosan tidak perlu bingung dan cepat patah semangat.

Kamu bisa coba tips-tips berikut ini ya!

Membeli buku

Mencari Sumber Bacaan Baru , tips meningkatkan minat baca , minat baca Indonesia
Ilustrasi toko buku

Membeli buku mungkin bisa menjadi hobi bagi sebagian orang yang gemar mengunjungi toko buku. Biasanya mereka tertarik untuk melihat berbagai buku yang tersusun rapi di rak-rak atau mereka yang sangat suka menjelajahi berbagai genre buku, hal ini bisa menjadi kesenangan tersendiri.

Bagi kamu yang sangat suka dengan situasi hangat di toko buku bahkan menetap berjam-jam saat membeli buku dan memiliki simpanan yang cukup atau lebih, tips yang satu ini cocok buat kamu. Selain itu, kamu juga bisa membeli buku melalui online shopping, atau di beberapa website resmi penjualan buku online, jadi kamu yang tidak ingin repot pergi ke luar atau tidak punya waktu untuk mencari buku; bisa membeli buku secara online.

Membeli buku dengan cara ini, kamu juga bisa melihat berbagai genre dengan mudah bermodalkan gawai bahkan lengkap dengan katalog harga dari berbagai buku yang beragam. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi kamu yang ingin membeli buku, tapi tidak bisa keluar karena sibuk, atau buku yang kamu inginkan tidak tersedia di toko buku terdekat yang ada di kotamu. Yang terpenting adalah baik secara online atau membeli langsung ke toko buku, kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kantong kamu ya.

Mencari Sumber Bacaan Baru Dengan Meminjam Buku

tips mencari bacaan baru di perpustakaan
Ilustrasi perpustakaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nah, jika kamu tidak mempunyai uang simpanan yang cukup untuk membeli buku, kamu bisa mencoba tips yang satu ini ya. Meminjam bisa menjadi alternatif yang cukup membantu pembaca, sebab kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membaca buku, kamu bisa meminjam buku di perpustakaan sekolah, kampus atau perpustakaan yang ada di kotamu.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah meminjam buku kepada teman, kalau kamu punya teman dekat dan dia punya banyak buku-buku bagus kamu bisa meminjam bukunya. Ingat, meminjam bukan berarti kamu bisa memperlakukan buku itu layaknya kamu telah membeli buku tersebut. Misalnya dari pihak perpustakaan akan memiliki peraturan tertentu bagi para peminjam buku, atau bahkan kamu bisa didenda. Sebaliknya, jika kamu meminjam buku teman kamu harus betul-betul menjaga barang milik orang lain, karena mereka juga sudah menabung serta menyisihkan uangnya dan bersusah payah membeli buku tersebut.

Baik meminjam di perpustakaan dan dari teman, kamu harus menjaga buku tersebut dengan baik dan menjaga kepercayaan si pemilik. Jangan sampai buku tersebut rusak atau hilang, atau kamu bahkan menjualnya ke orang lain. Jangan dilakukan ya.

Mencari Sumber Bacaan Baru Dengan Mengunduh Buku

tips mencari ebook
Ilustrasi ebook

Jika kamu adalah seorang pribadi yang cenderung tidak mau repot membawa banyak buku kemana-mana atau sekedar ingin mencoba sensasi baru dalam membaca, kamu bisa mencoba tips yang satu ini teman-teman.

Misalnya kamu tidak punya dana cukup untuk membeli buku, akan ada banyak website atau situs-situs membaca dan perpustakaan online yang bisa kamu unduh bukunya secara gratis ataupun berbayar, seperti Ipusnas, Gramedia Digital dan sebagainya. Tapi mengunduhnya dari platform resmi ya, jangan yang bajakan.

Selain itu banyak juga kok Platform yang memudahkan kamu membaca berbagai macam bacaan seperti cerpen, puisi, dan novel dengan mudah tanpa perlu membayar ongkir, cukup bermodalkan kuota internet saja.

Di tambah lagi di zaman yang canggih saat ini, kamu pun bisa berlangganan pada penjual buku elektronik atau sejenis majalah online, sama halnya kamu berbelanja online melainkan, tanpa kamu membayar ongkir-nya kamu hanya cukup melakukan pembayaran dan setelah itu bisa mengunduh serta mengakses bukunya dengan mudah.

Selain itu, ada juga jenis buku audio (audio book), buku yang sekaligus dilengkapi dengan audionya, kamu juga bisa mendengarkan isi ceritanya tanpa harus membaca langsung, cukup medengarkan dan menyimak cerita yang disuguhkan. Jadi, kamu bisa mencoba hal-hal baru selain harus pergi ke toko buku atau khawatir meminjam buku dengan temanmu, temukan bacaan yang kamu senangi; lalu unduh dengan mudah.

Mengadopsi Buku Bacaan

Mengadopsi disini dalam artian, bagaimana kamu memanfaatkan orang terdekat sebagai sumber referensi buku yang ingin kamu baca, misalnya kakak sepupu, orang tua, paman atau bibi, dsb. Ibaratnya kamu merawat buku dari orang terdekat, misalnya anggota keluargamu memiliki koleksi buku dirumahnya dan tersimpan rapi di lemari sudah bertahun-tahun, semacam perpustakaan keluarga.

Jika mereka memiliki koleksi buku, jangan sungkan untuk melihat-lihat lemari bukunya dan cari tahu buku yang unik dan menarik untuk dibaca. Buku ini bisa dikategorikan buku yang sudah lama tidak dibaca oleh si pemiliknya. Mereka mungkin akan memahami niat baikmu dan meminjamkannya, nah meminjam disini tidak akan lagi terikat dengan denda atau peraturan tertentu dalam meminjam buku. Kamu akan lebih menjaga bukut tersebut, bagaimana selayaknya kamu mengadopsi buku baru, seperti menyampulnya kembali dengan rapi dan menyimpan dengan baik. Kapanpun kamu mau mengembalikan buku itu tidak masalah asalkan kamu mampu menjaganya dengan baik.

Kamu bisa menjadi agen penerus dari keluargamu. Mereka mewariskan buku untuk kamu baca, bisa jadi buku tersebut akan kamu wariskan juga pada anak-anakmu kelak sampai ke generasi berikutnya. Biasanya orang tua akan paham dan bahkan memberikan bukunya untukmu. Selain itu, buku-buku tahun terbitan terdahulu juga tidak kalah bagusnya kok, bahkan kamu akan memperoleh banyak sudut pandang dan nilai sejarah dari buku tersebut. Jadi jangan ragu, untuk membaca buku-buku orang tua dan kerabatmu ya. Mereka pasti akan mendukung niat baikmu dalam menekuni dunia literasi. Utarakan niat baikmu dan jaga kepercayaan mereka.

Nah, sekian tips dari saya. Semoga bermanfaat ya untuk menumbuhkan semangat baca sahabat Ublik.

Report

What do you think?

Participant

Written by Rara Satri

Years Of MembershipStory Maker

One Comment

Leave a Reply

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    From Nothing to Something, Lakukan Sesuatu untuk Mengubah Hidup

    Bagaimana Cara Berhenti Mengkhawatirkan Masa Depan?

    Bagaimana Cara Berhenti Mengkhawatirkan Masa Depan?