in

4 Langkah Jitu Mengatur Waktu, Agar Hidupmu Gak Berantakan

Banyak permasalahan yang dihadapi oleh orang-orang disebabkan kurang pandainya mereka mengatur waktu. Sebut saja terlambat datang sekolah, deadline kantor yang tidak selesai, ketinggalan pesawat bahkan kecelakaan di jalan. Waktu menjadi penyebab utama dari semua permasalahan ini. Sayangnya kebanyakan kita sering menyalahkan keadaan untuk mencari penyebab. Siswa akan menyalahkan ayahnya yang terlalu pelan mengendarai sepeda motor hingga ia terlambat ke sekolah. Seorang karyawan akan menyalahkan komputernya yang tidak bekerja dengan baik sehingga deadline kantor menjadi berantakan. Nah, apakah benar jika selalu menyalahkan keadaan? Jika memang bukan keadaan yang salah, terus apa?

Sebagian orang mengatakan bahwa salahnya adalah di manajemen waktu. Seperti apa manajemen waktu yang salah? Apakah ada acuan manajemen waktu terbaik? Walau begitu, banyak orang berusaha untuk memanajemen waktunya dengan baik. Mereka mengupayakan segala daya agar memiliki waktu yang berkualitas dan tidak terbuang sia-sia. Bahkan mereka membaca berbagai artikel serta ikut pelatihan.

Baca Juga: 8 Cara Mengatur Pola Belajar Yang Efisien

Semua orang di dunia ini sama-sama memiliki waktu yang sama, jumlah detik dan menit pun tiada berbeda. Tetapi kualitas dari waktu yang dimiliki masing-masing orang sangatlah berbeda. Ada mereka yang mengisi hari-harinya dengan hal positif. Ada juga yang menghiasi hari dengan kehampaan dan kesia-siaan. Hingga di ujungnya akan ada orang yang tersenyum melihat perjuangannya, dan ada mereka yang penuh menyesal karena telah menyia-nyiakan sang waktu.

Hal ini membuat manajemen waktu menjadi hal penting dalam kehidupan seseorang. Kesuksesan itu hanya akan bisa dicapai jika seseorang berhasil memanajemen waktunya dengan baik. Mungkin sepertinya mereka lupa, bahwa ada hal yang lebih penting daripada manajemen waktu, yakni manajemen diri. Percuma saja ikut pelatihan ini itu tentang manajemen waktu jika ternyata diri sendiri masih berantakan. Kan sayang banget tuh. Makanya, hal pertama yang harus dibenahi ya diri sendiri dulu.

Nah, seiring dengan berbenah diri kita juga harus belajar manajemen waktu. Supaya waktu yang dimiliki benar-benar berkualitas dan bermakna. Pengelolaan waktu yang bagus akan mengantarkanmu lebih cepat melaju ke jenjang kesuksesan. Karena memang orang sukses itu gak ada yang bermalas-malasan dan suka mengulur waktu. Kamu mau jadi orang sukses kan?

Pertanyaanya, bagaimana cara mengelola sang waktu? Tentu saja menyamakan dengan pengelolaan waktu orang lain bukan ide yang bagus. Setiap kita memiliki kesibukan dan kepentingan yang berbeda. Jadi ya, manajemen waktu ala kamu ya untuk kamu. Belajarlah untuk mengelola waktu yang dimiliki dengan baik. Kamu gak akan rugi kok jika piawai dalam mengelola sang waktu.

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mengelola sang waktu. Buatlah hari-harimu berkualitas dengan tips mengatur waktu ini.

Tips Jitu Mengatur Waktu

1. Buat target

Setiap orang tentu memiliki keinginan atau semacam target dalam hidupnya. Maka, tuliskan setiap target dalam hidupmu. Kamu bisa menulisnya dalam skala yang besar, misalnya target tahunan. Selanjutnya target tahunan ini kamu pecah menjadi target bulanan. Berikutnya pecah lagi menjadi target mingguan bahkan harian. Tidak ada aturan baku mengenai formatnya. Kamu bisa melakukan rancangan target. sesuka hati kamu. Ingat ya, target yang harus kamu capai haruslah rasional dan terukur.

Baca Juga: Tentukan Standar Kesuksesan, Agar Kamu Tak Hidup Menggunakan Standar Hidup Orang Lain

2. Susun agenda harian

Mulai dari sekarang, susunlah agenda harianmu. Susunlah jadwal kegiatanmu dari kamu bangun tidur sampai tidur kembali. Buatlah dengan sangat detail karena hal ini akan meminimalisir waktu kamu terbuang sia-sia.

3. Kelompokkan agenda

mengatur waktu

Pertanyaan yang sering muncul itu begini; kalau ada dua agenda yang sama penting gimana ya? Nah, apakah benar keduanya sama penting? Atau jangan-jangan otak kita yang keliru menempatkan mana aktivitas yang penting dan tidak.

Pada prinsipnya ada 4 jenis kegiatan;

Mendesak dan penting

Ini merupakan kegiatan yang harus kamu lakukan karena sifatnya penting dan waktu pengerjaannya mendesak alias deadline banget. Misalnya nih memilih antara mengerjakan tugas kuliah yang mau dikumpul besok atau nongkrong di cafe sama teman sambil ngobrol gak jelas. Ya jelas dong harus milih yang mana? Tidur. Hehe, gak lah ya, mengerjakan tugas kuliah adalah pilihan yang tepat.

Mendesak dan tidak penting

Ini agenda tingkat kedua. Deadline sih, tapi gak penting-penting amat. Misalnya menghadiri perayaan ulang tahun keponakannya teman, atau berbelanja di mall karena diskonnya berakhir hari ini. Ingat ya, kamu boleh lakukan hal ini jika memang memiliki waktu luang

Tidak mendesak dan penting

Kegiatan seperti ini gak deadline, tapi penting dan harus dikerjakan. Biasanya ia berisi hal-hal yang penting untuk diselesaikan tapi bisa dicicil secara bertahap. Misalnya nih menyelesaikan laporan akhir bulan, menyelesaikan skripsi, tesis atau tugas-tugas yang memiliki rentang waktu lama.

Tidak mendesak dan tidak penting

Kalau ini mah hanya berupa acara remeh temeh. Dikerjakan oke, gak dikerjakan juga gak masalah kok, hehe. Kalau ini mah banyak banget contohnya, mulai dari main game online, bergosip, nongkrong gak jelas, main fb/twitter/instagram, dan masih banyak contoh yang lainnya.

4. Fokus

Ketika kamu sedang menyelesaikan satu target, maka fokuslah. Jangan mikirin hal lain ketika mengerjakan sesuatu. Itu hanya akan membuatmu lama sehingga waktu menjadi tidak efektif. Jadi ya, fokus saja.

Baca Juga: 8 Tips Belajar Otodidak, Biar Makin Mudah Belajar Banyak Hal

Melakukan manajemen waktu perlu waktu yang lama dan tingkat pengulangan yang konsisten. Jangan berharap waktu akan berkulitas hanya dalam hitungan hari saja. Perlu pembiasaan sesegera mungkin agar manajemen waktunya lebih oke.

Maka, mulailah dari sekarang. Jangan banyak alasan lagi untuk tidak mengatur waktu dengan baik. Semangat menaklukkan sang waktu. Bersiaplah menjadi “aku yang baru” yang hari-harinya hanya diisi dengan kebaikan. Ahh, masha Allah.

Report

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

standar kesuksesan diri sendiri

Tentukan Standar Kesuksesan, Agar Kamu Tak Hidup Menggunakan Standar Hidup Orang Lain

5 tips menerima diri sendiri, cara bahagia, cara menerima diri sendiri

5 Tips Agar Kita Dapat Menerima Diri Sendiri, Agar Hidup Lebih Bahagia