in

Benarkah “Kuliah Itu Nggak Penting” dan Apa Saja Alasannya?

Jadi apakah “kuliah itu nggak penting” hanyalah sebuah lelucon?

Ketika semua ilmu sudah ada di internet, untuk apa kuliah itu?

Beberapa waktu lalu, channel YouTube yang dimiliki oleh pesulap sekaligus pembawa acara terkenal Indonesia yaitu Deddy Corbuzier ramai jadi perbincangan banyak orang. Terutama karena salah satu videonya yang menjelaskan bahwa kuliah itu tidak penting. Sontak, video tersebut langsung menjadi perbincangan sengit para netizen dan juga bahkan dijadikan meme oleh sebagian orang untuk menertawakan pemikiran Deddy Corbuzier. Namun, benarkah ungkapan “kuliah itu nggak penting” hanyalah sebuah lelucon belaka?

Bagi Sahabat Ublik yang selama ini mempercayai bahwa kuliah adalah segalanya dan pastinya menjamin masa depan sepertinya harus siap-siap kecewa. Soalnya ternyata dunia sekarang ini tidak berjalan dengan pemikiran konvensional itu lagi. Kenapa sih bisa begitu? Berikut ini , akan dijabarkan 4 alasannya.

1.Internet Membuat Ilmu Tidak Lagi Terkukung di Ruang Kelas

Pernahkah Sahabat Ublik mendengar lagu dari Kunto Aji yang berjudul “Pengingat”? Dalam salah satu liriknya berbunyi, “Dunia lebih luas dari ruang kelas.” Ternyata lirik tersebut sangatlah relevan untuk kondisi sekarang ini. Hanya saja mungkin liriknya bisa sedikit diganti menjadi “internet lebih luas dari ruang kelas” agar lebih relevan lagi untuk kondisi sekarang ini.

Apabila orang tua dulu beranggapan bahwa kuliah adalah segalanya dan pastinya menjamin masa depan, pastinya karena ilmu hanya bisa didapatkan dari ruang kelas kuliah. Namun sekarang ini, dengan adanya internet, maka setiap orang bisa mengakses ilmu secara bebas dan belajar berbagai disiplin ilmu tanpa lagi duduk di ruang kelas. Bahkan sudah ada kasus yang membuktikan bahwa banyak orang yang menjadi ahli bahkan menjadi profesional dari belajar melalui internet.

Tidak berhenti sampai di situ saja, karena sekarang ini banyak sekali universitas-universitas berkelas di dunia yang mengizinkan materi-materi penting perkuliahan mereka diakses secara bebas dan gratis. Tentunya semua materi-materi hanya tersedia dan bisa diakses melalui internet. Materi kuliah itu mulai dari video perkuliahan, kumpulan hingga forum-forum diskusi yang pastinya berbobot. Asalkan tidak malas maka banyak cara untuk bisa mendapatkan ilmu lho…

Baca juga;

2.Gelar Sarjana Tidak Serta Merta Membawa pada Gaji Besar

Salah satu mitos yang sebaiknya sudah harus mulai berhenti dipercayai adalah gelar sarjana pastinya memberikan pekerjaan impian dan pastinya gaji besar. Padahal di dunia profesional, anggapan tersebut kadang hanyalah sebuah lelucon belaka. Soalnya pada dunia profesional pengalaman bekerja, etos dalam bekerja hingga attitude dalam bekerja akan bicara lebih banyak daripada gelar sarjana. Hal tersebut juga belum ditambah dengan faktor-faktor pendukung tidak terlihat lainnya seperti adanya hubungan kerja atau relasi.

3.Banyak Gelar Sarjana yang Tidak Terpakai

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa banyak gelar sarjana yang tidak terpakai oleh para pemiliknya. Contoh yang paling sederhana adalah begitu banyaknya orang-orang yang bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya. Biasanya mereka melakukan ini terpaksa karena tidak memiliki pilihan lain daripada harus menganggur. Tentunya keputusan tersebut tidak sepenuhnya salah tapi tidak bisa menutupi satu fakta penting. Bahwa proses belajar bertahun-tahun mendalami satu disiplin ilmu pada akhirnya tidak terpakai di dunia kerja. Soalnya apabila kamu memilih profesi yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah, kamu harus belajar lagi dari nol untuk bisa memahami seluk beluk profesi tersebut. Lantas, apa gunanya kuliah?

tujuan , kuliah itu
Apa tujuan kuliah itu?

4.Biaya Kuliah yang Semakin Mahal

Alasan yang berikutnya adalah karena biaya kuliah di Indonesia dari tahun ke tahun semakin tinggi dan pastinya semakin mahal saja. Kalau ada temanmu yang sedang kuliah, misalnya di kampus negeri yang bisa dibilang cukup bergengsi di Indonesia atau kampus swasta dengan program studi yang banyak peminat, coba tanya mereka tentang biaya kuliah per semesternya. Jangan kaget kalau jumlahnya sangat fantastis!

Sebenarnya yang paling tepat bukanlah kuliah itu tidak penting, tapi yang benar adalah kuliah bukanlah jaminan akan segalanya. Mulai sekarang, sebaiknya Sahabat Ublik mulai mengubah mindset kuliah yaitu untuk menempa kemampuan, menambah wawasan, dan membangun jaringan, pertemananam atau relasi. Jadi jangan jadikan kuliah itu sebagai jaminan hidup sejahtera tapi jadikan kuliah sebagai modal kamu untuk mengarungi kehidupan nyata yang sebenarnya.

One Comment

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

merasa , minder

Agar Kamu Tidak Lagi Merasa Minder dan Mengerdilkan Diri

bisnis , pasangan

Ketahui 6 Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Bersama Pasangan