in

3 Profesi yang Tetap Dibutuhkan di Masa Pandemi Covid-19

Saat ini hampir seluruh dunia terjangkit suatu virus berbahaya yang banyak menelan korban jiwa. Virus itu adalah virus corona atau covid-19. Sahabat Ublik, seperti yang kita ketahui bahwa pandemi covid-19 yang memasuki negara Indonesia sejak awal Maret 2020, telah merugikan seluruh kalangan masyarakat dan beberapa sektor terkena dampak pandemi covid-19. Salah satunya adalah pada sektor perekonomian terutama pada sektor ketenagakerjaan.

Menurut Kementrian PPN/Bappenas, Pemutusan Hak Kerja menjadi salah satu alasan meningkatnya penduduk miskin dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Diprediksi, TPT meningkat menjadi 7,8 persen atau 3,7 juta jiwa, di mana sebelumnya hanya terdapat 2 juta jiwa yang pengangguran. Akibat pandemi covid-19 bukan hanya terjadi pada tenaga kerja saja, namun pada sejumlah perusahaan seperti  pariwisata, manufaktur, penerbangan, mengalami penurunan pendapatan bahkan mengalami kerugian, hingga tidak sedikit perusahaan bidang tersebut hampir gulung tikar.

Selama pandemi covid-19 ini belum berakhir, sebagian orang akan merasa jenuh dan cukup stres karena pada masa pandemi seperti ini ruang gerak terbatas dan pekerjaan sulit didapatkan.

Untuk meminimalisir jumlah pengangguran, inilah profesi yang masih dibutuhkan pada masa pandemi covid-19:

1. Tenaga Kesehatan

Menjadi tenaga medis adalah salah satu profesi yang sangat dibutuhkan pada masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Melihat, wabah covid-19 semakin meningkat, para tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam penanganan kasus covid-19. Sampai saat ini, kasus covid-19 terus bertambah mencapai 365 ribu jiwa positif, 289 ribu jiwa sembuh, dan 12.617 jiwa meninggal dunia akibat covid-19. Melihat situasi saat ini menjadi permasalahan yang serius yang harus ditangani tenaga kesehatan.

Akibat pandemi covid-19 sebagian besar tenaga kesehatan mulai kewalahan seiring bertambahnya jumlah pasien yang terpapar covid-19, tidak sedikit tenaga kesehatan kehilangan nyawanya demi menjalankan sebuah profesi yang resiko penyebarannya lebih besar, hal ini membuat beberapa rumah sakit darurat covid-19 membutuhkan tenaga kesehatan tambahan untuk membantu rumah sakit dalam menangani pasien covid-19.

3 Profesi yang Tetap Dibutuhkan di Masa Pandemi Covid-19
Tenaga kesehatan: Salah satu profesi yang dibutuhkan di masa covid-19. Sumber: Pixabay.com

2. Freelancer

Freelancer atau pekerja lepas, adalah salah satu profesi yang sedang booming dikalangan masyarakat Indonesia. Saat ini freelencer menjadi profesi yang berkembang pesat apalagi pada masa pandemi covid-19. Sebagian besar karyawan yang kehilangan pekerjaannya akibat pandemi covid-19 beralih menjadi pekerja lepas tanpa hubungan konrak kerja dari perusahaan sebagaimana dahulu menjadi karyawan tetap. Bagaimana tidak, freelencer cocok untuk orang-orang  yang tidak terlalu terikat dengan instansi perusahaan , waktu dan tempat kerja pun lebih fleksibel.

Beberapa macam profesi sebagai freelancer, seperti:

1. Content Creator

Siapa yang tidak tahu content creator?  Salah satu profesi yang diminati sebagian besar orang.  Jika kamu ahli dalam membuat suatu konten di media sosial, tidak ada salahnya  kamu memutuskan untuk menjadi content creator. Menjadi content creator tentu bisa dilakukan siapa saja, tanpa melihat jenjang pendidikan dan jabatan. Profesi ini mengandalkan kreatifitas, skill editing yang baik, dan peka terhadap berita yang sedang viral. Apalagi pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang pengguna media sosial sedang meningkat, akan menjadi sebuah peluang untuk menambah penghasilan.

2. Graphic Desainer 

Jika kamu memiliki hobi atau passion bidang desain, kamu bisa coba beralih profesi menjadi graphic desainer. Sama halnya dengan content creator, graphic desainer juga memang butuh kreatifitas, inovatif, detail, pandai menggambar, paham editing terutama pada warna dan gambar. Semakin indah desain yang sudah dibuat semakin banyak diminati calon klien. Biasanya pekerjaan graphic desainer membuat desain logo brand suatu produk, desain poster, desain cover buku, dan berbagai desain lainnya.

3. Penulis Lepas

Jika kamu memiliki hobi atau memiliki kemampuan menulis, profesi ini bisa menjadi peluang kerja di masa covid-19. Seiring bertambah minat banyak orang menjadi penulis lepas, profesi ini tidak memiliki syarat batasan usia dan jenjang pendidikan. Namun, yang diperlukan dari profesi penulis lepas minimal memiliki kemampuan menulis atau ada basic menulis. Profesi sebagai penulis lepas seperti content writer, copywriter, seo writer, script writer, blogger.

4. Membuka bisnis online

Saat ini membuka bisnis online di masa pandemi covid-19 menjadi peluang dalam menambah penghasilan. Apalagi teknologi saat ini semakin canggih tentu sebagian masyarakat memilih manjadi pebisnis, mengelola bisnis seorang diri dengan target masyarakat digital.

3. Guru Privat

Guru privat atau tenaga pengajar adalah salah satu profesi yang tetap dibutuhkan pada masa covid-19. Karena seluruh aktivitas belajar mengajar harus dilakukan secara daring (online) , banyak orang tua  merasa pusing ketika anak-anak mereka belajar atau mengerjakan tugas sekolahnya, secara tidak langsung orang tua mereka harus menjadi pengajar di rumah. Sebagian orang tua memanggil tenaga pengajar atau guru privat agar sang anak dapat membantu anak dalam memahami setiap pelajaran dan tugas yang diberikan oleh guru mereka di sekolah.

Demikian beberapa daftar pekerjaan yang masih dibutuhkan ketika pandemi covid-19 menyerang. Semoga bisa bermanfaat bagi sahabat ublik yang sedang membutuhkan referensi pekerjaan selama pandemi covid-19.

Report

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pentingkah Bekerja Sesuai Passion? Berikut Penjelasannya

Terjebak dalam Zona Nyaman, Bagaimana Mengatasinya?