in

2 Tahun Menginspirasi, Selamat Ulang Tahun Ublik!

Setelah dua tahun perjalanan, kita akan memasuki babak baru petualangan di samudera digital

Ublik.id — Pada saat kalimat ini diketik, waktu menunjukkan hampir tengah malam. Suasana di sudut Kota Solo saat ini masih ramai. Entah karena tempat tinggal saya cukup mepet dengan jalan terbesar di kota ini, atau memang orang-orang sini memang selalu sibuk? Belum tahu juga sih, dan sebenarnya saya mau cerita soal hal lain. He he.

Beberapa jam setelah ini sudah memasuki bulan Februari. Tepatnya tanggal 1 Februari tahun 2019. Itu artinya hari ini Ublik.id berulang tahun yang ke dua. Kalau diibaratkan fase hidup manusia, umur dua tahun itu masih terlihat seperti bayi yang menggemaskan dan sedang lucu-lucunya. 😉

Selamat ulang tahun, dua tahun menginspirasi
Happy birthday from Japan! (Foto: Afifah Maya)

Banyak yang Tanya: “Ublik ini apa sih kak?”

Entah kenapa, sebagai orang yang ikut jadi bagian perjalanannya, saya pengin aja menuliskan ini. Agak spontan dan tidak terlalu terkonsep sih, hanya sebvah tjurhatan editor. 😀 Semoga berfaedah, khususnya buat kamu yang penasaran “Ublik ini apa sih kak?” Sebenarnya kamu bisa langsung menuju ke sini. 

Tapi kalau gak sempet, ya gak apa-apa sih… 😉 Ublik adalah sebuah media digital, ruang kreatif dan ruang kolaborasi yang didirikan pada 1 Februari 2017 di Jakarta oleh teman saya asal Madiun yang sedang merantau di ibukota, Kak Ridho Nur Wahyu.

Oh ya, ngomong-ngomong, saya kenal dengan ‘pilot’ Ublik itu hanya berawal dari pertemanan di Facebook. The power of social media! Lalu berlanjut jadi kerjasama jangka panjang. Dengan pola seperti itulah Ublik kemudian mulai banyak menghimpun kisah inspiratif dari anak-anak muda Indonesia yang berkontribusi untuk bangsa ini, dengan caranya masing-masing.

Ada yang membuat aplikasi bank sampah, membuat aplikasi batik detector, cerita tentang realita kuliah di luar negeri, sosok hebat di balik kampung warna warni Jodipan, pasangan inspiratif yang membangun bisnis social entrepreneur di Lamongan, berbagai karya anak bangsa di kancah internasional, dan masih banyak lagi.

Nama Ublik itu sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti lampu minyak. Dari nama tersebut Ublik mempunyai misi untuk mencerahkan dan memberikan inspirasi jutaan anak muda Indonesia melalui konten-konten positif  dan event-event menarik yang bisa kamu ikuti. Cek Instagramnya di @ublik_id ya 😉

Bukan hanya media online alternatif yang menjadi ‘pengabdi SEO’ :P, kami juga selalu berusaha untuk menyelipkan pesan-pesan positif sebagai ikhtiar untuk merawat optimisme anak muda Indonesia. Cukup paham lah ya bagaimana derasnya arus informasi di internet, samudra digital yang kita arungi bersama di hari ini. Berita hoax dan ujaran kebencian di mana-mana. Entah di mana ujungnya dan lebih entah lagi: apa gunanya?

Memilih untuk Fokus dengan Hal Positif

Tapi kita juga tidak perlu menyalahkan siapa-siapa. Di tengah riuhnya dunia maya, di saat bersamaan juga masih banyak orang-orang dan komunitas yang bergerak untuk misi kebaikan. Tinggal didukung dan diperbanyak saja. Karena kita selalu bisa memilih untuk fokus dengan hal seperti apa, memilih peduli pada hal apa, membagikan informasi apapun, pilihan itu ada pada jari-jari diri kita sendiri.

Berangkat dari niat baik itu, Ublik kini didukung oleh para penulis muda kreatif dan berbakat dari seluruh Indonesia. Sahabat-sahabat Ublik inilah yang secara konsisten berbagi cerita dan berita tentang hal unik, membawa optimisme, atau setidaknya menemani dan menghibur. Kita tahu, hari-harimu mungkin cukup lelah untuk memperjuangkan impianmu. Karena itu, ke depannya semoga Ublik.id menjadi tempat mainmu yang menyenangkan di jagat digital ini. Berkunjunglah kapan saja, dan kalau kamu menemukan ada hal baik di sini, kabarkan kepada teman-temanmu.

Babak Baru Petualangan setelah Dua Tahun Perjalanan

Dua tahun kita bertualang bersama, menyebarkan inspirasi bagi anak muda Indonesia. Di petualangan ini memang kita tidak menerobos alang-alang, menyeberangi rawa berbahaya, atau menembus hutan rimba. Kita mungkin masih di sini, di kamar rumah kita, di meja kerja dengan lampu baca, di kafe-kafe menggali ide atau gagasan dan menuangkannya ke dalam tulisan demi menebar inspirasi. Bukan soal dari mana kita berasal, tapi ke mana kita akan menuju.

Kini, di titik ini, setelah dua tahun perjalanan, kita akan memasuki babak baru petualangan untuk bersama-sama mengarungi samudra digital untuk merawat optimisme dan menginspirasi anak muda Indonesia lebih jauh lagi. Untuk terbang lebih tinggi lagi.

Site of the year 2017, dua tahun menginspirasi
Mendapat penghargaan Site of The Year 2017 (Sumber: Ublik.id)

Sebagaimana kita tahu, meskipun konon bergerak sendiri bisa membuat kita lari cepat, tapi untuk pergi jauh, kita perlu bergerak bersama-sama. Karena itulah Ublik tidak akan sendiri, kita akan terus membangun kolaborasi yang bergerak dalam kebaikan. Sebagai langkah kecil untuk mengabarkan bahwa masih banyak orang-orang yang melakukan sesuatu, agar dunia ini menjadi tempat tinggal yang lebih baik. Mereka ada di mana-mana, ada di sekitar kita sampai ke luar sana.

Bagaimanapun, kami belum sempurna. Masih berbenah di banyak hal. Masih akan memberi lebih banyak lagi, dengan cara yang lebih baik lagi. Sekali lagi, berkunjunglah kapan pun kamu mau. Kalau kamu menemukan ada hal baik di sini, jangan ragu untuk kabarkan kepada teman-temanmu. Tapi kalau pun ada yang kurang berkenan, kamu boleh sampaikan kritik saran di kolom komentar. Atau sekadar ucapan selamat ulang tahun pun tak apa-apa 🙂

2 Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bersama tim, eduraya

Cerita dari CEO Eduraya: “Mereka Adalah Modal yang Lebih Berharga daripada Uang”

Mulai Kebaikan 2019 Acara Amal Tsunami Selat sunda

#MulaiKebaikan2019 : Walau Kita Berbeda tapi Kita Bergerak Bersama