in ,

12 Kebiasaan Malam Hari yang Akan Mengantarkanmu pada Kesuksesan

Kebiasaan orang sukses di malam hari, apa saja?

Sahabat Ublik, banyak orang yang memperhatikan kebiasaan atau rutinitas pagi mereka, tapi orang sukses yang sesungguhnya tahu bahwa apa yang mereka lakukan di malam hari juga sama pentingnya.

12 kebiasaan malam hari membuat pagi yang berharga lebih terarah. Karena apa yang kamu lakukan pertama kali di pagi hari merupakan penentu produktivitasmu. Apakah pikiranmu akan terisi dengan hal positif, apakah suasana hatimu akan baik sepanjang hari, dan apakah semangatmu terisi kembali setelah tidur. Tergantung pada apa yang kamu lakukan ketika bangun tidur. Karena itu 12 kebiasaan di malam hari ini harus kamu lakukan.

Sekarang, apa sajakah 12 kebiasaan itu?

evaluasi , kebiasaan
Evaluasi kebiasaanmu setiap hari (Sumber gambar: Pixabay)

1.Evaluasi harimu

Hebatnya manusia punya kemampuan unik untuk mengevaluasi dirinya sendiri. Manusia selalu berusaha untuk lebih baik dari hari ke hari. Entah lebih baik dari segi emosi, fisik, maupun mental. Hal ini baik untuk merenungkan dan bertanya kepada diri sendiri tentang hari yang sudah dilalui.

Apakah yang sudah kamu lakukan hari ini?

Apa saja yang berhasil atau selesai?

Apa saja yang tidak berhasil?

Apa yang bisa kamu syukuri hari ini?

Pelajaran apa yang kamu dapatkan hari ini?

Apa yang bisa kamu perbaiki untuk besok?

Apakah kamu sudah produktif hari ini?

Dan berapa lama waktu yang kamu sia-siakan hari ini?

Pertanyaan-pertanyaan ini memang terlihat sepele pada awalnya. Namun, sekali kamu terbiasa membuat daftar evaluasi harian, maka kamu akan jauh lebih mudah menemukan kebiasaan yang harus ditinggalkan dan kemudian mengubahnya. Hal ini berdampak pada kebiasaan yang jauh lebih baik dari hari ke hari.

2.Tulis Daftar Tugas untuk Besok

Kita semua tahu tidak mudah mengingat dan menyimpan sesuatu di dalam otak karena rentan lupa. Itulah kenapa kita butuh evaluasi, butuh mencatat kembali, dan butuh untuk mengulang-ulang hafalan. Hal itu sebagaimana disarankan oleh ahli produktivitas David Alen. Menuliskan catatan-catatan seperti ini membuat otak kita tidak kewalahan dan lebih lancar memproses dan menyaring apapun yang lebih penting. Coba tuliskan apa saja yang kamu resahkan, rasanya otakmu terasa lebih ringan.

Menulis daftar tugas untuk besok membantu tetap fokus dan terarah pada hal-hal penting yang harus diselesaikan. Seperti :

  1. Hal-hal yang harus segera kamu selesaikan besok
  2. Acara-acara penting seperti meeting atau bertemu teman
  3. Pekerjaan sehari-hari seperti berbelanja dan membersihkan rumah.
  4. Tugas lama yang belum selesai. Kamu mungkin tidak perlu segera menyelesaikannya tetapi menulisnya di daftar kegiatan akan membuatmu ingat untuk segera mengerjakan tugas ini.
  5. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan atau kebiasaan-kebiasaan buruk yang harus dihentikan. Seperti berlama-lama membuka sosial media dengan tujuan tidak jelas.

Daftar tugas ini bisa membuatmu tetap beraktivitas normal tanpa melupakan tugas dan produktivitas tetap terjaga.

3.Tuliskan Hal-hal yang Sudah Berhasil Kamu Capai

Hal ini demi membuatmu tetap bersyukur pada apa yang kamu punyai. Lagipula mencatat keberhasilan di jurnal pribadi membuat kita terus mengingat momen yang akan terlupakan beberapa tahun kemudian. Menuliskan hal-hal yang sudah berhasil dicapai juga membantu kamu untuk tidak membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Dan membuatmu terus ingat bahwa dirimu juga berproses sebagaimana orang yang kamu anggap sukses sekarang berproses.

4.Menjaga Kebersihan Diri

Rasanya kebiasaan yang satu ini tidak perlu dikatakan lagi seberapa pentingnya. Seperti mencuci, menyikat, membersihkan make up, memakai pelembap, membersihkan kontak lensa, sampai pada kebersihan tempat tidur kita. Itu membuat kita lebih merasakan tenang dan rileks. Ruang yang berantakan dan kotor membuat pikiran kita ikut tidak rileks.

5.Persiapkan Pakaian untuk Besok

Tahukah kamu mengapa Steve Jobs memutuskan untuk memakai pakaian yang sama setiap hari? Dia tidak ingin energi otaknya terbuang sia-sia padahal ada yang lebih penting lagi. Karena otak kita bukan sumber daya tak terbatas, otak bisa kelelahan karena dipakai untuk memikirkan banyak hal. Maka, gunakan untuk memikirkan yang lebih penting di kemudian hari. Caranya persiapkan dulu pakaian untuk besok pada malam ini. Agar besok pagi, kita menghemat energi otak. Karena saat pagi hari kita paling perlu untuk menghemat waktu serta energi otak kita.

6.Meditasi

Tentu saja hal ini tidak wajib. Apalagi jika meditasi adalah sesuatu yang bukan ‘kamu banget’ atau suatu hal yang kamu suka. Akan tetapi ternyata hal ini adalah salah satu dari kebiasaan orang-orang sukses di dunia. Mereka berkata meditasi membantu untuk mengosongkan pikiran dan melepas ketakutan.

Kamu juga bisa menambahkan afirmasi positif, tentang betapa bangganya kamu pada dirimu sendiri. Bangga pada dirimu atas keberanian-keberanian dan keputusan yang sudah dibuat.

Meditasi sebelum tidur bisa membuat psikismu lebih sehat dan tidur yang lebih nyanyak.

7.Jangan Lupa Habiskan Waktu dengan Orang Tercinta

Seringkali semua kesibukan membuat kita lupa akan orang-orang tercinta. Seperti orang tua, teman hidup, anak, dan teman-teman. Hal itu karena otak kita sepenuhnya dipenuhi dengan ambisi untuk terus maju dalam tujuan. Tetapi, refreshing paling kuat pengaruhnya justru orang-orang terdekat. Dengan mereka kita ingat tujuan awal, ingat untuk tidak terlalu memerah diri, ingat untuk bersyukur karena tujuan awal membahagiakan mereka ternyata sudah terpenuhi. Tidak melulu terangsang ambisi.

kebiasaan membaca
Yuk biasakan membaca (Sumber gambar: mydomaine.com)

8.Membaca

Tanyakan pada Bill Gates atau Warren Buffet. Tanyakan pada orang-orang tercedas dan terkaya di dunia, mereka adalah orang yang membaca lebih dari satu buku dalam seminggu. Membaca tidak hanya menambah wawasan dan kosa kata melainkan meningkatkan daya ingat serta membantu mengembangkan fokus.

Ketika dilakukan pada malam hari, membaca bisa menjadi terapi untuk menenangkan. Teknik untuk mengistirahatkan tubuh. Tapi, cobalah untuk menghindari membaca melalui ponsel.

9.Pasang Alarm dan Jauhkan dari Jangkauan

Langkah ini memang tidak benar-benar diperlukan, apalagi jika kamu adalah orang yang selalu bangun tepat waktu. Tapi tidak ada salahnya juga memasang alarm untuk berjaga-jaga jika tidak bisa bangun. Letakkan di tempat yang jauh dari jangkauan agar kamu bangun untuk mematikannya. Hal ini menjaga agar kamu tidak terlambat memulai aktivitas.

kebiasaan , pasang alarm
Biasakan pasang alarm, jika perlu (Sumber gambar: Pixabay)

10.Tidak Mengoperasikan Benda Elektronik Setengah Jam Sebelum Tidur

Cahaya biru yang dihasilkan oleh layar ponselmu ternyata meningkatkan pelepasan kortisol dan membatasi produksi melatonin. Kortisol adalah hormon yang merespon rangsangan kewaspadaan sementara melatonin adalah hormon yang akan membuatmu tidur.

Untuk alasan inilah kamu harus menyudahi penggunaan elektronik setengah jam sebelum tidur agar tubuhmu siap untuk segera tidur. Lagipula lebih baik jika waktu setengah jam ini dipakai untuk berbincang dengan suami atau istri. Pun, bila seandainya masih sendiri kamu bisa memanfaatkannya untuk membaca buku.

11.Meredupkan Lampu

Barangkali ini hal sepele, tapi sama seperti layar ponsel, lampu yang terang benderang akan membuatmu tetap terjaga. Meredupkan lampu membuat tubuhmu menerima sinyal ringan bahwa ini waktunya untuk tidur.

12.Tidur Lebih Awal

Tidur yang cukup akan memulihkan tubuh secara alami. Hal ini membuatmu akan produktif di hari berikutnya.

Jika pagi adalah penentu produktivitas kita, maka menambahkan beberapa dari 12 kebiasaan malam membuat produktivitas kita berlipat ganda. Kesuksesan hanya ada di tangan orang yang tahu bagaimana menyusun rencana ke depannya.

3 Comments

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

meraih prestasi

Semua Orang Berhak Meraih Prestasi dan Kesuksesan yang Hakiki

Suka Julid di Media Sosial? Ini Tips Supaya Nggak Kambuh Lagi