in

10+ Makanan Khas Jakarta yang Harus Kamu Cobain

Jakarta Masih Nyimpen Resep Warisan Nenek Moyang Juga Ternyata

Roti buaya Jakarta (Sumber: goodindonesianfood.com)

Jakarta, ibu kota Indonesia yang tidak pernah ada habisnya kalau dibahas. Kota yang notabene merupakan miniatur Indonesia ini memang punya banyak kekayaan budaya. Walau pada akhirnya berbagai kebudayaan itu sedikit tertutup oleh kebudayaan daerah lain yang menetap di Jakarta, tapi kita masih bisa menikmati berbagai kekhasan kota terbesar di Indonesia ini, salah satunya adalah makanan khas Jakarta.

Meski gedung-gedung bertingkat sudah didirikan dan pusat-pusat kuliner modern sudah tersedia, berbagai makanan khas Jakarta masih mudah kita temui. Jangan salah, makanan khas Jakarta masih bisa dibilang menjadi raja di tanah sendiri.

(Baca juga: Papeda, Sajian Nikmat Kebanggaan Timur Indonesia)

Nah, buat kamu yang penasaran sama makanan khas Jakarta yang mungkin belum banyak dikenal luas, mungkin tulisan ini bisa sedikit membantu. Dan inilah beberapa makanan khas Jakarta yang wajib kamu coba kalau lagi berkunjung ke ibu kota.

1.Nasi Uduk

nasi uduk jakarta, makanan khas jakarta
Nasi uduk jakarta (Sumber: cookpad.com)

Siapa yang tidak kenal makanan yang satu ini? Ya, gak bisa dimungkiri kalau nasi uduk adalah salah satu pilihan sarapan terfavorit. Bukan cuma di Jakarta saja, tapi juga di seluruh Indonesia. Betul, nasi uduk ini sudah berekspansi ke penjuru nusantara. Tapi, kita harus akui kalau nasi uduk paling enak tetep ada di Jakarta. Sebab dari kota inilah si makanan spesial sarapan ini dibuat. Salah satu yang menjadikan nasi uduk ini spesial adalah rasa gurih yang khas dan topping sejumlah makanan lain yang menggugah selera. Gimana jadi laper?

2.Kerak Telor

Kerak telor betawi, makanan khas Jakarta
Kerak telor betawi (Sumber: Okezone.com/Istyle)

Dilanjut dengan makanan lain yang gak kalah tenar. Mungkin makanan ini akan selalu terngiang di benak kita ketika membahas makanan khas betawi. Kerak telor adalah makanan khas yang sederhana. Terbuat dari telur, nasi, dan beberapa bumbu lainnya. Salah satu yang bikin makanan ini begitu khas adalah cara masaknya yang dipanggang di kuali. Yap, si penjual akan membalikkan kualinya supaya kerak telor matang sempurna.

Baca jugaIni Dia Sego Boran Lamongan yang Bisa Bikin Kamu Laper sekaligus Baper )

3.Soto Betawi

Soto betawi, makanan khas jakarta
Soto betawi (Sumber: bisamasak.com)

Dari namanya kita sudah begitu hapal kalau makanan ini pasti dari Jakarta. Apalagi kalau kita di Jakarta, makanan ini cukup mudah kita temui. Yap, sejatinya soto betawi tidak jauh beda dengan soto-soto yang lain. Dibuat dengan topping daging dan jeroan sapi. Salah satu yang menarik dari soto betawi adalah kuahnya yang dibuat dari campuran santan atau telur. Makanan ini akan selalu sedap dinikmati dalam keadaan hangat.

4.Gado-Gado

gado-gado, makanan khas jakarta
Gado-gado jakarta (Sumber: resepmasakanindonesia.me)

Makanan yang satu ini juga berasal dari Jakarta. Mungkin namanya gak asing di telinga kita. Dan sungguh, makanan ini sungguh nikmat buat disantap. Nah, gado-gado juga disebut sebagai makanan yang cocok buat vegetarian. Karena isinya beraneka sayuran yang dicampur jadi satu dengan saus kacang. Siapa yang gak ngiler dengan santapan yang satu ini? Hmm.

5.Asinan Betawi

asinan betawi, makanan khas jakarta
Asinan betawi (Sumber: Wikipedia)

Kalau makanan asinan biasanya identik sama makanan khas bogor, Jakarta juga punya asinan khas. Yap, asinan betawi ini memang cocok buat disantap kapan pun. Apa bedanya sama asinan Bogor? Asinan betawi menggunakan beragai macam sayuran dan bukan buah. Seperti asinan pada umumnya, asinan betawi ini punya cita rasa yang seger. Ada yang Sudah pernah nyoba?

6.Sayur Babanci

sayur babanci, makanan khas jakarta
Sayur babanci (Sumber: resepnusantara.id)

Namanya emang lumayan asing di telinga. Tidak seperti makanan khas lain, sayur babanci ini memang udah mulai sedikit dilupakan. Yap, kita memang cenderung sulit menemukan makanan ini di Jakarta. Padahal sayur babanci punya cita rasa yang nikmat. Sama seperti sayur-sayur lain, sayur babanci berisikan berbagai macam sayuran. Dan teman baik dari sayur ini adalah lontong. Jadi, kurang lengkap kalau gak makan ini pake lontong.

7.Laksa Betawi

laksa betawi, makanan khas jakarta
Laksa betawi (Sumber: berrykitchen.com)

Makanan yang satu ini juga jadi salah satu kebanggan orang Jakarta. Buat orang betawi asli, Laksa emang jadi santapan yang spesial. Cita rasanya emang gak pernah ngebosenin buat dicicipi Laksa betawi juga sekilas mirip sama soto betawi, hanya saja isianya yang sedikit berbeda. Yang jelas Laksa betawi jadi salah satu andalan masakanan khas Jakarta. Jadi, kalau ke Jakarta, sesekali berburu laksa betawi, dan buktikan sendiri nikmatnya.

8.Soto Tangkar

soto tangkar, makanan khas jakarta
Soto tangkar (Sumber: detikFood)

Soto tangkar juga jadi salah satu masakan yang wajib kamu coba dan cari kalau lagi di Jakarta. Cita rasanya emang bener-bener ngegugah selera. Dengan paduan rempah, kuah Soto Tangkar bener-bener nagih banget buat dicicipin. Pokoknya sekali coba masakan ini, dijamin ketagihan dan pengen cobain berkali-kali. Soto Tangkar, adalah salah satu kebanggan makanan khas Jakarta

9.Taoge Goreng

Taoge goreng, makanan khas jakarta
Taoge goreng (Sumber: resepdanmasakan.com)

Kalau yang ini mungkin kamu pernah dengar atau mungkin pernah coba. Yap, taoge goreng. Santapan sederhana yang murah meriah tapi punya cita rasa yang enak. Makanan khas Jakarta ini juga gampang dicari. Ada banyak orang yang jual taoge goreng di daerah ibukota. Taoge goreng bisa jadi makanan berat tapi bisa jadi makanan selingan buat sekedar hapus rasa lapar kamu.

10.Nasi Ulam

Nasi ulam, makanan khas jakarta
Nasi ulam betawi (Sumber: resepkoki.id/IG @armithaap)

Nasi ini bukan sembarang nasi, Nasi ulam adalah makanan khas Jakarta yang kaya akan topping rempah yang menggugah. Memang agak sulit mencari nasi ulam. Tapi kalau kamu pergi ke restoran khas Jakarta, mungkin kamu akan mudah menemukan masakan ini. Nasi ulam memang jadi salah satu santapan khas Jakarta yang mungkin bisa jadi favorit kamu

11.Roti Gambang

Roti gambang, makanan khas Jakarta
Roti gambang (Sumber: terapung.com)

Banyak yang suka makanan ini. Roti gambang, sajian khas Jakarta dengan resep nenek moyang yang masih terjaga. Makanan ini punya komposisi yang sederhana tapi punya cita rasa yang gak biasa. Kamu pasti suka dengan legitnya gula merah yang bercampur dengan rerempahan yang terkandung dalam roti gambang.

12.Roti Buaya

Roti buaya, makanan khas Jakarta
Roti buaya Jakarta (Sumber: goodindonesianfood.com)

Kalau yang terakhir ini mungkin kamu sudah gak asing lagi. Roti buaya adalah roti wajib yang harus dibawa ketika ada acara pernikahan. Biasanya dari keluarga laki-laki akan membawa roti buaya. Roti buaya ini jadi bagian dari seserahan. Kenapa  buaya? Karena ada filosofi di baliknya. Sebetulnya, buaya itu hewan yang setia. Rasa roti buaya ini juga gak jauh beda dengan roti-roti pada umumnya. Cuma memang bentuknya saja yang ‘spesial’.

Nah, itu tadi beberapa makanan khas Jakarta yang gak kalah menggugah selera. Jadi jangan sangka Jakarta gak punya makanan khas yang bisa dibanggakan ya. Dari mulai makanan ringan sampai makanan berat semua ada. Dan mungkin selain 12 makanan di atas masih ada sejumlah makanan khas Jakarta lain yang bisa kamu tahu dan akhirnya coba mencicipi. Di antara makanan-makanan khas di atas. Mana nih yang pernah kamu coba? Atau mungkin yang pengen banget kamu cobain?

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mulai Kebaikan 2019 Acara Amal Tsunami Selat sunda

#MulaiKebaikan2019 : Walau Kita Berbeda tapi Kita Bergerak Bersama

rujak aceh, makanan dan minuman khas aceh

10 Makanan dan Minuman Khas Aceh yang Bikin Ngiler