in

Yuk Siapkan Cutimu untuk Nikmati 5 Festival Pariwisata Papua Terbaik 2018 Ini

Sudah selayaknya kita setuju kalau Indonesia itu merupakan salah satu negara dengan objek wisata terbanyak di dunia. Kita harus bangga kalau Indonesia itu memiliki berbagai macam ras, suku, budaya, bahasa, dan juga agama. Pariwisata Indonesia tidak hanya Bali, Borobudur, dan Pulau Komodo yang memang sudah diakui oleh dunia. Masih banyak objek wisata lainnya yang sangat bisa membanggakan bagi Indonesia. Salah satunya adalah berbagai wisata yang ada di ujung timur Indonesia, yakni di Pulau Papua.

Papua mungkin bisa dibilang sebagai salah satu daerah di Indonesia yang masih tertinggal, dan bahkan sarana dan prasarana disana sangat jauh tertinggal jika dibandingkan dengan berbagai kawasan Indonesia lainnya. Namun soal Pariwisata, jangan salah. Papua ini selalu mampu membuat decak kagum para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang datang kesana. Kekayaan budaya dan alam yang ada di Papua membuat banyak orang ingin berkunjung ke sana.

Pilihan Editor:

 

Saat ini Papua sudah tidak seperti dulu. Papua sudah dijadikan sebagai salah satu andalan Indonesia di bidang pariwisata untuk menarik para wisatawan. Beragam festival pariwisata sering dilaksanakan di Papua setiap tahunnya demi menarik datangnya para wisatawan. Dan ketahuilah bahwa festival pariwisata Papua itu memang sangat unik dan membuat yang sudah pernah datang pasti ketagihan untuk ke sana lagi.

Di tahun 2018 ini setidaknya akan ada 5 event festival pariwisata Papua yang akan diselenggarakan. Buat kamu yang berkarier sebagai pekerja, kamu harus siapkan waktu cutimu untuk berlibur ke Papua dan lihat salah satu dari 5 event yang bakal digelar di Papua tahun ini. Yuk catat tanggal-tanggalnya.

Festival Puncak Papua

Festival Pariwisata Papua Terbaik 2018
Via: papua.antaranews.com

Kalau kamu penyuka traveling dan berpetualang, kamu sangat cocok mengikuti acara Festival Puncak Papua di tahun 2018 ini. Acara yang dibuat oleh Indonesia Mengajar yang berkolaborasi dengan WANADRI ini merupakan sebuah acara yang mengajak kamu mendaki puncak di Papua dan berinteraksi secara lansgung dengan penduduk lokal setempat. Traveler yang terpilih akan diberi kesempatan bekerjasama secara langsung dengan masyarakat langsung dengan tujuan untuk memajukan pendidikan bagi anak-anaka disana.

Tanggal : 2 Mei 2018

Tempat : Kabupaten Pegunangan Bintang, Provinsi Papua

Festival Pesona Budaya Asmat

Festival Pariwisata Papua Terbaik 2018
Via: ivacanza.co

Kamu pasti sangat familiar dengan nama suku Asmat. Yaps, suku ini merupakan suku asli Papua, dan bahkan seperti sudah menjadi identitas sendiri bagi Provinsi Papua. Padahal di Papua cukup banyak sukunya. Untuk semakin memperkenalkan kebudayaan dari suku asmat ini, pemerintah setempat membuat festival pariwisata Papua dengan nama Festival Pesona Budaya Asmat. Festival ini akan menampilkan pameran seni ukiran patung, pesta budaya Asmat, atraksi tarian, dan pastinya juga lagu asli suku Asmat. Di sana juga akan dilelang ratusan ukiran Asmat yang dibuat langsung oleh pengrajin disana. Festival ini akan diselenggarakan pada tanggalย 19-23 Juni 2018, bertempat di kabupaten Asmat, Provinsi Papua.

Biak Munara Wampasi

Festival Pariwisata Papua Terbaik 2018
Via: Bisniswisata.co.id

Biak juga tidak mau kalah dalam menggelar acara festival pariwisata Papua. Pemerintah Kabupaten Biak mengadakan acara bernama Biak Munara Wampasi yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya asli Biak ke publik dan para wisatawan. Acara ini biasanya diisi dengan menangkap ikan di air laut surut/mati atau yang biasanya disebut dengan snap mor. Berjalan kaki di atas batu panas atau beyeren, dan juga lari Biak 10 kilometer. Ada pula acara perjalanan kapal pesiar ke objek wisata, pameran anggrek dan budaya, dan pastinya hiburan berupa kesenian lainnya. Festival ini diselenggarakan pada tanggal 1-4 Juli 2018, bertempat di Kabupaten Biak Numfor, Papua Barat.

Festival Lembah Baliem

Festival Pariwisata Papua
Via: nationalgeographic.co.id

Kalau acara yang ini nih cukup ngeri. Karena ini merupakan upacara perang antara suku Dani, Lani dan Yali. Festival ini merupakan perang adu kekuatan antar suku yang dilakukan untu menunjukkan kesuburan dan kesejahteraan masyarakat. Meskipun disana terjadi perang beneran dan bukan sebuah drama teatrikal, namun Festival ini sudah dijamin oleh panitia sangat aman untuk ditonton. Menariknya, festival perang ini akan dilakukan dalam tiga hari. Festival ini diselenggarakan pada tanggal 8-10 Agustus 2018 yang bertempat di Lembah Baliem, Wamena, Papua.

Festival Pesona Raja Ampat

Festival Pariwisata Papua
Via: TripTrus.com

Semenjak banyak yang meng-explore Raja Ampat dengan keindahan bawah lautnya, salah satu objek pariwisata terbaik di Indonesia ini memang sangat sering didatangi oleh para wisatawan. Nah, untuk semakin menarik para wisatawan dan mempopulerkan wisata yang ada di Raja Ampat ini ke level dunia, pemerintah setempat akan menggelar Festival Pesona Raja Ampat.

Salah satu festival pariwisata Papua terbaik yang bakal dilaksanakan di tahun 2018 tersebut konsep utamanya adalah mengangkat keindahan maritim di Raja Ampat yang memang sangat luar biasa, dan juga melestarikan keragaman budaya yang ada disana. Festival ini akan diselenggarakan pada tanggal 18-21 Oktober 2018 yang bertempat Pantai Waisai Torang Cinta, Raja Ampat, Papua Barat

Kalau menurutmu mana sih festival pariwisata Papua yang paling menarik dan ingin kamu tonton?

 

(Gambar utama : Boombastis.com)

Editor: Restia Ningrum

Written by Jarot Triguritno

Mahasiswa Teladan | Generasi Z | Ceritanya Blogger

tari Topeng Malang

Serupa Tapi Tak Sama, Mengenal 5 Tari Topeng dari 5 Daerah Berbeda di Nusantara

Fakta Menarik Seputar Bondowoso Republik Kopi yang Mendunia