Kamu pasti tahu apa khasiat pemandian air panas. Bukan cuma tempat berlibur, tapi pemandian air panas ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Gak percaya, coba saja berendam di air panas berikut ini, pasti capek-capek kamu akan langsung hilang.

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar jawa untuk sekedar berendam di air panas. Karena tahukah kamu jika di Pulau Jawa banyak sekali wisata air panas yang bisa kamu jadikan sebagai penghilang capek. Penasaran? Langsung cek pemandian air panas di Jawa ini ya, dijamin gak bakalan nyesel! Inilah 3 wisata pemandian air panas alami di Pulau Jawa, pesona cantik dan keunikannya bikin nagih!

Pilihan Editor;

1.Pemandian Air Panas Ciater

pemandian air panas ciater
Pemandian air panas Ciater (Sumber: jejakpiknik.com)

Pemandian air panas Ciater memang banyak dikenal masyarakat. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu langsung cap cus ke sini! Banyak pemandangan indah berupa kebun teh disepanjang jalan, jika kamu menuju ke Ciater ini. Udara siang di sini memang panas, tapi ketika malam hari suhu udaranya sangat dingin. Kamu perlu siapkan jaket tebal jika menginap di sini.

Tahukan kamu jika sumber air panas yang dihasilkan dari air panas Ciater asalnya dari Gunung Tangkuban Perahu? Suhu udaranya kira-kira 43 sampai 46 derajat Celcius. Di dalam air panas ini juga banyak kandungan mineral yang sangat bagus untuk kesehatan.

Apa saja kandungan yang sangat bermanfaat itu? Kandungan kalsium, magnesium, klorida, mineral, sulfat, termo, dan juga hiperterma. Bukan cuma itu saja, karena di dalamnya juga memiliki kadar aluminium sangat tinggi mencapai 38,5 equiv persen dan pH 2,45. Oleh karena itulah udara panas yang dihasilkan oleh Ciater sangat berkhasiat untuk menyembuhkan segala jenis penyakit kulit. Gak percaya? Jika kamu punya masalah kulit, coba saja ke sini.

2. Pemandian Air Panas Tirta Sanita

wisata pemandian air panas tirta sanita jawa barat
Gunung berselimut salju (Sumber: jabar.pojoksatu.id)

Kamu ingin mencari pemandian air panas di Bogor? Jangan lupa untuk mampir ke Tirta Sanita. Di wisata pemandian air panas alami Tirta Sanita ini, kamu akan melihat gunung berselimut salju. Di sini kamu akan disuguhkan dengan pemandian air panas yang bersumber dari gunung kapur. Nah, gunung kapur ini mengandung belerang alami sekaligus garam alami yang menjadi sumber air panas untuk Tirta Sanita. Kamu juga bisa berendam disini untuk menyembuhkan penyakit kulit.

3. Pemandian Air Panas Ciparay

wisata pemandian air panas ciparay jawa barat
Wisata air panas Ciparay (Sumber: medium.com)

Masih di Kabupaten Bogor, terdapat wisata pemandian air panas yang bernama Ciparay. Sesuai namanya, pemandiaan ini terletak di Desa Ciparay, Kecamatan Pamijahan, Gunung Salak Endah, Bogor. Di sekitar kolam terdapat pemandangan yang hijau serta udara yang sejuk.

Untuk menuju ke sana, kamu harus menyiapkan fisik terlebih dahulu sebelum menuruni 400 anak tangga yang mengakibatkan kamu kelelahan. Sebaiknya bawa air mineral untuk mengisi cairan dalam tubuh yang berkurang akibat menuruni anak tangga dan membawa jaket.

Untuk masuk ke pemandian air panas, Kamu dikenakan biaya Rp 4.000. Di sana terdapat beberapa pancuran air panas. Selain itu kamu bisa relaksasi menikmati panasnya air dan kesejukan akibat aliran air dari Sungai Cikuluwung di sekitar pemandian. Bukan hanya Indah, pesona cantik dan kesejukan alam kan kamu dapatkan di pemandian air panas Ciparay ini.

4. Wisata Pemandian Air Panas Guci, Tegal Jawa Tengah

pemandian air panas alami guci, tegal jawa tengah
Wisata Guci (Sumber: Dok. Pribadi)

Guci Tegal merupakan wisata pemandian air panas alami yang terletak di kaki Gunung Slamet. Selain karena pemandian air panasnya yang menyegarkan, pesona keindahan di Guci Tegal juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Lokasi Guci Tegal berada di ketinggian sekitar 1050 meter dari atas permukaan laut. Hawa dingin khas alam pegunungan akan terasa ketika tiba di obyek wisata yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Slawi, Kab Tegal, Jawa Tengah ini.

wisata pemandian air panas alami guci, tegal jawa tengah
(Sumber: Dok. Pribadi)

Guci Tegal berlokasi tepatnya di Desa Guci, Kec Bumijawa, Kab Tegal, Prov Jawa Tengah. Letaknya tepat berada di kaki Gunung Slamet yang memiliki ketinggian 3.428 meter dari atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru.

Yang akan memuaskan kamu bermain sambil berendam di air panas, namanya Pemandian Air Panas Guci. Liburan kamu bersama keluarga akan semakin seru saat bermain di waterpark dengan air panas alami ini. Pemandian Air Panas Guci Tegal juga menyediakan fasilitas hotel dan villa mewah di sekitar kolam renang. Tidak perlu jauh-jauh mencari penginapan bila ingin bermalam dan menikmati suasana khas pegunungan di Guci Tegal. Di sana banyak pilihan untuk menginap.

Yang pasti, Guci, wisata pemandian air panas di Tegal Jawa Tengah, dengan pesona keindahan alam dengan background Gunung Slamet ini, minta balik kesana lagi. Gak percaya? Buktikan saja!

 

(Sumber Gambar Utama: jejakpiknik.com)