Ublik.id. Seni WPAP. Seni itu selalu menyenangkan untuk dibahas. Ada seni tari, seni musik ada juga seni lukis. Kesemuanya punya sisi menarik untuk dibahas. Nah, untuk jenis seni yang disebutkan paling akhir diatas, kita tentu tahu ada banyak aliran dalam seni melukis. Dan tentu, ada banyak seniman asal Indonesia yang menggeluti dunia seni. Salah satunya adalah Wedha Abdul Rasyid. Namnya mungkin tak seterkenal Affandi atau Patinosidin. Tapi, ternyata Wedha adalah seniman besar. Karyanya cukup disegani di berbagai belahan bumi. Salah satu sumbangsihnya adalah menciptkan aliran seni lukis bernama WPAP. Ya, WPAP yang akhir-akhir itu digandrungi oleh publik tersebut adalah hasil karya dari anak negeri. Wedha-lah tokoh dibalik kerennya hasil lukisan WPAP.

Wedha Abdul Rasyid, Ilustrator Indonesia Pencipta Gaya WPAP
Sumber : rodiahaljufri.wordpress.com

Benar sekali, WPAP ini entah mengapa menjadi sebuah aliran seni lukis yang begitu dikenal publik. Banyak orang tiba-tiba hendak belajar membuat foto dengan editan WPAP ini. Sebab, selain terlihat kekinian, perpaduan warna yang pas dalam seni WPAP ini membuat foto menjadi lebih keren. Banyak orang-orang luar negeri baik itu masyarakat biasa maupun seniman yang mempraktekan seni lukis bergaya WPAP ini. Bahkan, di event-event besar, aliran ini kerap muncul dan memberi kesan necil pada pagelaran besar yang diselenggarakan oleh sebuah negara dalam event yang kalibernya internasional. Ya, semua itu adalah hasil dari buah pikir Wedha. Bahkan kalau anda tahu, kepanjangan dari singkatan WPAP sendiri adalah Wedha Pop Arts Potrait. Ya, sebenarnya nama Wedha sendiri sudah diabadikan sebagai nama alirannya.

Wedha Abdul Rasyid adalah pria asli Indonesia yang lahir di Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah pada 10 Maret tahun 1951. Sejak lama Wedha memang menggeluti dunia seni. Ia bahkan pernah bekerja di beberapa media cetak. Pekerjaan yang sudah ia geluti pada tahun 70-an. Baru ketika tahun 1977 ia pindah ke majalah Hai. Siapa yang tak mengenal majalah Hai jaman itu. Majalah ini begitu dikenal oleh publik. Wedha bergabung ke majalah Hai dan menjadi bagian penting dari majalah tersebut.

Wedha Abdul Rasyid, Ilustrator Indonesia Pencipta Gaya WPAP
Sumber : tutugon.com

Pernahkah kalian membaca cerita Lupus? Itu loh anak muda yang selalu mengunyah permen karet setiap saat. Semua orang tahu itu bicara soal karya fiksi Lupus. Karya tersebut adalah besutan Arswendo Atmowiloto dan Hilman. Lupus yang sudah begitu fenomenal menjadi tambah dikenal ketika Wedha membuatkan ilustrasinya. Karya Lupus memang diterbitkan di majalah Hai, jadi tak salah jika Wedha diplot sebagai ilustrator salah satu karya fiksi yang melegenda itu. Akan tetapi tak hanya lupus, Wedha juga kerap menggambar ilustrasi-ilustrasi tokoh-tokoh dunia lain. Karyanyapun semakin banyak yang mengagumi.

Baru ketika tahun 1990-an, Wedha mencoba gaya baru dalam menggambar wajah. Hal tersebut tak terlepas dari mulai menurunnya daya penglihatan Wedha yang saat itu sudah mulai menginjak usia 40 tahun. Karena itulah, dengan kondisi mata yang sudah mulai menurun, Wedha menganggap sudah sulit untuk dapat melukis wajah dengan detail dan presisi lagi. Dia-pun kemudian mencoba menggunakan aliran kubisme supaya tetap dapat bekarya. Lama-kelamaan Wedha mulai menyenangi aliran baru yang ia tekuni itu. Gaya melukis Wedha makin hari makin baik. Pujian dan kekaguman mulai banyak ia dapatkan atas hasil karya ilustrasi bergaya kubismenya itu. Hingga akhirnya ada juga yang menyebut jika karya Wedha adalah ilustrasi bergaya pop arts. Sebuah gaya yang memang dikenal dengan padu padan warna yang presisi dan tepat. Dan akhirnya lahirlah sebutan Wedha Pop Arts Potrait atau yang lebih akrab disebut dengan WPAP.

WPAP kemudian berkembang. Banyak yang menyukai gaya lukis ini. Kian hari kian banyak yang mulai menekuni gaya WPAP ini dalam melukis ataupun mengutak-atik foto. Sampai pada akhirnya WPAP juga dikenal di berbagai belahan dunia. Boleh dibilang WPAP ini aliran yang cukup unik. Sebab perpaduan berbagai macam warna bermain disana, akan tetapi tetap bisa menggambarkan satu sosok wajah dengan kesan yang cerah dan terlihat segar untuk ditatap. Hingga saat ini jika kita coba untuk cari di mesin pencarian google. Ada banyak sekali karya WPAP yang dibuat oleh ribuan orang. Dan banyak juga tokoh dunia yang dilukiskan wajahnya dengan gaya WPAP ini.  Bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak komunitas-komunitas WPAP yang lahir dan berkembang di beberapa kota. Mereka fokus membuat desain WPAP, bertukar pikiran tentang desain dan melakoni serangkaian kegiatan yang bermanfaat.

Wedha Abdul Rasyid, Ilustrator Indonesia Pencipta Gaya WPAP
Sumber : wpapsolo.blogspot.com

Kita tentu patut bangga akan eksisnya WPAP di berbagai belahan dunia. Jadi, kalau suatu saat keluar negeri lalu lihat ada foto atau lukisan bergaya WPAP, ada sesuatu hal yang dapat kita banggakan dan syukuri sebab semua itu adalah hasil karya dan buah pikir Wedha Abdul Rasyid. Orang Pekalongan, Orang Indonesia.

 

(Sumber Gambar Utama : artif26.deviantart.com)

(Editor : AprianingDwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here