Siapa yang tak kenal tahu? Olahan berbahan dasar kacang kedelai ini sangat mudah dijumpai di Indonesia. Harganya yang murah, nikmat, dan berprotein tinggi membuat tahu tidak pernah absen di meja makan para penduduk Indonesia. Tahu pun juga dibuat beraneka bentuk, ada yang balok, kubus, bulat, hingga dibentuk bunga. Tidak hanya untuk lauk, namun sering kita jumpai tahu dibuat untuk sayur, minuman, bahkan cemilan. Kali ini ublik akan mengulas beranekaragamnya olahan tahu dari beberapa daerah yang mungkin salah satunya dari daerah kalian. Berikut adalah beberapa kuliner nusantara yang berbahan dasar tahu.

1.Tahu Gejrot

Olahan Tahu Nusantara
Tahu Gejrot (Sumber: resepmembuat.com)

Kuliner satu ini adalah makanan khas Cirebon, Jawa Barat. Pada umumnya tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong atau digunting dengan ukuran agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang terdiri dari air asam, bawang merah, bawang putih, cabai, gula merah. Biasanya disajikan di piring kecil dan diuleg lalu dicampur pada wadah tersebut. Tahu gejrot juga merupakan jajanan khas daerah Cirebon yang digemari di kalangan anak-anak dan orang dewasa, karena sensasi rasanya yang khas. Tahu yang kadang dipakai juga tahu Sumedang. Cara menikmati tahu gejrot ini pun bisa dibilang unik, yakni dengan tusuk gigi satu persatu. Karena sajian yang unik dari kuliner ini, tahu gejrot telah menyebar ke seluruh Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Malang, Yogyakarta, Surabaya dan lain sebagainya. Penjual kuliner ini pun biasa ditemui dengan gerobak beroda dua di tempat wisata kuliner ataupun di pinggir jalan besar.

Pilihan Editor:

 

2.Tahu Telur

Olahan Tahu Indonesia
Tahu Telur (Sumber : ResepKoki.co)

Tahu telur merupakan makanan khas Malang, Jawa Timur. Dari namanya bisa dibayangkan memang kuliner ini terdiri dari olahan telur dan tahu. Namun tahu telur dari bumi Arema ini sangatlah unik karena ada campuran saus kacang, kecambah, dan taburan bawang goreng. Bahan yang pembuatan tahu telor antara lain telur, tahu yang sudah direndam, penyedap. Penyajian tahu telur bisa dibilang cukup unik, setelah tahu yang dipotong dadu kecil dan telur digoreng ditaruh diatas nasi hangat lalu ditaburi seledri, kecambah, saus kacang, kecap, dan kerupuk kecil. Lebih nikmat tahu telur dinikmati saat hujan apalagi ditambah sambal. Terkadang tahu telur ini pun tidak hanya menyajikan tahu telur original saja ada juga penjual yang menyediakan campuran sosis, jamur, ayam, ikan, dan udang. Satu porsinya basanya dibandrol dengan harga 7-9 ribu saja. Kuliner ini sangat mudah kita temui di sekitar Malang raya yakni Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, dan sekitar kota Surabaya.

3.Tahu Bakso

Olahan Tahu Bakso
Tahu Bakso (Sumber: vemale.com)

Olahan berbahan dasar tahu dan isian bakso daging ini rasanya sudah sangat familia di Indonesia. Tahu bakso yang terkenal adalah tahu bakso dari Ungaran salah satu daerah di Kabupaten Semarang. Komposisi olahan tahu bakso ini cukup mudah anda hanya perlu menyiapkan tahu yang sudah digoreng (tahu kopong) tahu ini mudah ditemui di pasar. Setelah itu daging cincang, tepung kanji, tepung terigu, penyedap, merica, garam, bawang. Adonan daging tadi digiling jadi satu lalu dimasukkan ke dalam tahu kopong tadi. Cara pemasakannya yakni dengan cara dikukus. Terkadang tahu yang telah dikukus ini sudah bisa langsung dinikmati, namun ada juga penjual yang masih menggorengnya dengan baluran telur. Tahu bakso khas ungaran ini biasanya disajikan dengan cabai rawit hijau, sambal kecap, maupun saus petis. Per buahnya bisa dibandrol seribu hingga 3 ribu tergantung besar kecilnya ukuran. Tahu bakso sudah familia di seluruh Indonesia namun sering dijumpai di Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

4.Tahu Tek

Olahan Tahu Tek Khas Surabaya
Tahu Tek (Sumber: Gregetin.com)

Tahu tek merupakan salah satu kuliner khas Kota Surabaya yang dikenal sejak dulu. Bahan dasar pembuatan kuliner ini adalah tahu. Filosofi “tek” lahir dari suara riuh gunting saat si penjual memotong tahu dan bahan pelengkap lainnya. Tahu dipotong kecil-kecil bersama dengan telur yang dicampur tahu, kentang, kecambah, dan lontong lalu disiram dengan bumbu yang terbuat dari campuran petis, kacang dan kecap. Tak lupa taburan kerupuk udang maupun kerupuk ikan di atasnya. Satu pos satu dek dibandrol 8-10 ribu saja. Biasanya si penjual juga menyediakan lauk tambahan antara lain gorengan dan sate kerang. Penjual tahu tek sangat mudah dijumpai di Surabaya di sekitar tempat wisata maupun Seattle tempat makan di dekat perkantoran.

5.Tahu Campur

Olahan Tahu NUsantara
Tahu Campur (Sumber: vemale.com)

Makanan satu ini khas dari Jawa Timur, yakni Lamongan. Tahu campur biasanya disajikan dengan berbagai komposisi yang terdiri dari sop daging berlemak sapi kenyal, tahu goreng, perkedel singkong, kecambah mentah, selada mentah, mi kuning, dan dilengkapi dengan kerupuk udang. Seporsi tahu campur disiram dengan kuah petis kuning, yang ditaburi dengan bawang goreng. Warung yang biasanya menjual kuliner ini biasanya berlabel “Tahu Campur Lamongan”. Rasa dari tahu campur ini cenderung gurih dan sedap. Tahu campur 1 porsinya dibandrol dengan harga 10-12 ribu. Pedagang tahu campur sering ditemui di Lamongan, Surabaya, dan Malang.

6.Kupat Tahu

Kuliner Olahan Tahu
Kupat Tahu (Sumber: GoodIndonesianFood.com)

Kupat tahu adalah makanan tradisional Indonesia yakni tepatnya dari kota Solo, Jawa Tengah. Kupat Tahu berbahan dasar ketupat, tahu yang telah digoreng, dan juga bumbu kuah cokelat kehitaman yang berasal dari rempah, cuka, gula merah, dan kecap. Terkadang juga lontong sebagai pengganti ketupat. Kupat Tahu Solo terdapat irisan kol dan bakwan dan mi dan tahu putih serta taburan bawang gorengnya. Kuliner satu ini lebih nikmat disantap selagi hangat. Kupat tahu ini juga menjadi primadona kuliner bagi para wisatawan yang datang  ke kota kelahiran Jokowi ini. Satu porsi kuat tahu dibandrol dengan harga 8-10 ribu. Kuah yang manis dan sedikit pedas memang sangat melegakan di tenggorokan. Penjual tahu kuat sendiri mudah di jumpai di Solo raya, Magelang, Semarang dan Yogyakarta.

7.Kembang Tahu

Kuliner Olahan Nusantara
Kembang Tahu (Sumber: Jogja.tribunnews.com)

Beberapa menu kuliner di atas merupakan makanan. Tidak hanya kuliner makanan saja, ternyata tahu juga bisa ditemui dalam bentuk minuman hangat nan menyegarkan. Kembang tahu merupakan minuman yang sebenarnya khas dari negeri tirai bambu yakni sering dikenal Tahu Tahwa. Namun di Kediri, Jawa Timur kuliner ini terkenal sebagai Kembang tahu, sehingga sering kita jumpai minuman ini berlabel kembang tahu Kediri. Kembang tahu sangat dekat dengan tahu karena bahan dan cara pembuatan yang hampir sama. Tekstur yang kenyal seperti puding tahu membuat bagi siapa saja yang memakannya akan termanjakan. Dalam penyajiannya kembang tahu diberi taburan kacang tanah, kuah jahe, santan dan terkadang sirup. Biasanya para pedagang juga menyediakan cakue sebagai  menu pelengkap. 1 porsi kembang tahu berkisar 6-8 ribu saja. Sangat cocok dinikmati saat cuaca yang dingin.

8.Tahu Walik

kuliner olahan tahu walik
Tahu Walik (Sumber: cookpad.com/evaa)

Kuliner satu ini merupakan makanan khas dari daerah terujung timur di pulau Jawa yakni Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Istilah ‘walik’ sendiri merupakan kata yang diambil dari bahasa Jawa yang berarti terbalik. Hampir sama seperti tahu bakso hanya saja tahu yang dipakai dilubangi dan dibalik sehingga bagian putih berada diluar dan bagian yang matang di dalam. Setelah dibalik, di bagian dalamnya dimasuki adonan bakso, lalu digoreng langsung, ada juga yang dibaluri telur terlebih dahulu. 1 buah tahu wali dibandrol 2-3 ribu tergantung besar kecilnya ukuran. Tahu walik sendiri sering dinikmati dengan sambal, cabai rawit segar, petis, maupun saus. Penjual tahu walik pun sudah merambah ke berbagai daerah dari Bandung, Malang, Jakarta, Yogyakarta, hingga Medan.

9.Tahu Bulat

kuliner olahan tahu
Tahu Bulat (Sumber: vemale.com)

Kuliner ini terkenal sebagai cemilan yang murah meriah. Tahu bulat merupakan kuliner khas Ciamis, Jawa Barat. Bentuk bulat sempurna dengan isian kopong di dalamnya membuat tahu bulat ini terbilang unik. Komponen pembuatan tahu bulat ini antara lain kedelai yang digiling (dihilangkan airnya), garam, penyedap, merica, telur, dan baking powder. Tahu bulat ini adonannya sangat kecil seukuran buah kelengkeng namun ketika digoreng bisa mengembang dan mekar kekuning-kuningan. Penjual tahu bulat pun bisa dibilang unik juga, dengan mobil bak terbuka yang diberi penutup di atasnya lengkap peralatan masak dan bumbu bubuk. Tidak lupa si penjual juga menghidupkan rekaman suara khas yakni “Tahu Bulat, Digoreng, Dadakan, Lima Ratusan, Anget-anget” yang membuat para masyarakat yang melintas terkadang tersenyum. 1 buah tahu bulat dibandrol dengan harga 500 rupiah saja. Tidak lupa bumbu bubuk antara lain balado, barbeque, keju, maupun pedas. Saking gandrungnya tahu bulat, penjual tahu bulat ini sudah menyebar ke berbagai tempat baik Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan Sulawesi.

Dari berbagai pemaparan diatas, ternyata banyak sekali olahan tahu yang khas dari berbagai daerah di Indonesia. Semoga ke depannya Indonesia selalu swasembada pangan dan menjadi pusat destinasi wisata kuliner dunia khususnya produk olahan kedelai.

(Sumber Gambar Utama:budgetbytes.com)

(Editor: Ridho Nur Wahyu, Restia Ningrum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.