UblikLomba perayaan kemerdekaan. Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia merupakan salah satu bukti warga negara dalam menghargai perjuangan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Ada banyak kegiatan yang dilaksanakan untuk memeriahkan kemerdekaan, antara lain dengan mengadakan acara tirakatan malam kemerdekaan, upacara kemerdekaan dan berbagai perlombaan 17 Agustusan.

Salah satu kegiatan yang sering ditunggu-tunggu oleh masyarakat adalah berbagai perlombaan dalam dilaksanakan dalam rangka memeriahkan event 17 Agustusan ini. Ternyata nggak cuman anak-anak dan remaja saja yang ikut berpartisipasi, para ibu pun nggak kalah untuk ikut andil dalam perlombaan peringatan Kemerdekaan Indonesia. Yuk simak perlombaan yang diminati oleh emak-emak berdaster :

 

 

1. Gerak Jalan

Lomba Perayaan Kemerdekaan
Sumber: Tribun Kaltim

Lomba ini biasanya diikuti oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan lembaga pendidikan karang taruna ataupun komunitas tertentu. Perlombaan ini biasanya terdiri dari 10-15 orang yang membentuk suatu barisan untuk menempuh suatu jarak tertentu. Penilaian pada lomba gerak jalan ini selain kekompakan anggota juga menilai terkait kostum dan ketepatan waktu. Nah pada lomba ini nggak hanya anak muda yang ikut andil lho, banyak juga dari kelompok ibu-ibu yang ikut memeriahkan perlombaan ini. Ibu-Ibu PKK, Ibu-ibu Paguyupan Sekolah, Ibu-ibu guru, bahkan Ibu-ibu arisan tak kalah heboh memeriahkan perlombaan ini.

2. Karnaval

Lomba Perayaan Kemerdekaan
Sumber: mechtadeera.wordpress.com

Karnaval Agustusan merupakan salah satu event yang paling ditunggu oleh kabanyakan masyarakat. Bagaimana tidak, pada event atau perlombaan karnaval ini menampilkan berbagai macam kebudayaan Indonesia dan kreasi-kreasi unik dari para peserta. Tidak hanya dilaksanakan pada lingkup kabupaten atau kota, perlombaan karnaval juga dilaksanakan dalam lingkup kecamatan maupun desa. Kemeriahan inilah yang juga menjadi daya tarik tersendiri untuk emak-emak berdaster ambil bagian dalam memeriahkannya.

3. Nyunggi Tampah

Lomba Perayaan 17 Agustus
Sumber: youtube/Samier Kaskus

Lomba ini biasanya dikhususkan buat para perempuan, tentunya para ibu tak kalah antusias untuk mengikuti lomba ini. Lomba nyunggi tampah mengharuskan peserta untuk menjaga keseimbangan tampah agar tetap berada diatas kepala dari satu tempat ke tempat yang lain. Siapa yang bisa menjaga keseimbangan dan mencapai garis finish lebih cepat itulah pemenangnya.

4. Hias Tumpeng

Lomba 17an
Sumber: trendterbaru.com

Kalau soal masak memasak, jangan pernah meragukan keahlian emak-emak berdaster. Pastinya masakannya dijamin enak dan lezat. Namun selain enak dan lezat, ibu-ibu ini ditantang untuk menghias tumpeng menjadi sedemikian rupa. Dalam perlombaan hias tumpeng tak hanya tumpengnya yang lezat, tapi tampilannya pun harus lah menarik.

5. Gendong Berpasangan

LOmba Perayaan Kemerdekaan
Sumber: acehterkini.com

Perlombaan ini dikhususkan untuk mereka yang sudah menjadi pasangan halal aja lho. Kalian yang jomblo harus sabar jadi penonton aja ya. Perlombaan gendong berpasangan ini mewajibkan peserta untuk menggendong pasangannya dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang singkat. Selain di lapangan, lomba gendong berpasangan ini tak jarang dilaksanakan di sungai bahkan di persawahan untuk menambah sensasi tantangan dari para peserta. Tentunya para emak-emak berdaster akan memaksa suami masing-masing untuk mengikuti lomba ini , apalagi kalau dengan iming-iming hadiah voucher belanja ataupun peralatan rumah tangga. Dan bagi para bapak-bapak (red:suami) harus sabar, karena ini salah satu cobaan dari istri.

6. Rias Wajah Dengan Wajah Tertutup

Lomba Perayaan Kemerdekaan
Sumber: radar-karawang.com

Sekarang udah jamannya pensil alis dan gincu tidak dapat dipisahkan dari kaum hawa. Tapi apa jadinya jika mereka merias diri dengan mata tertutup? Pastinya lebih seru dan heboh. Lomba rias wajah tentunya tak memandang usia, siapa pun boleh ikut serta dalam lomba ini baik anak-anak, remaja maupun para emak-emak berdaster. Dalam perlombaan ini bisa individu maupun berpasangan, perlombaan ini mengandalkan insting dan perasaan masing-masing peserta. Siapa yang riasannya paling bagus dan rapi itulah yang menjadi pemenangnya.

(Sumber Gambar Utama: mechtadeera.wordpress.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here