in

The Tielman Brothers, Band Rock Asal Indonesia yang Jadi Legenda di Eropa

Rock and Roll, siapa yang tidak suka dengan genre musik atraktif yang sudah dikenal luas di dunia ini? Sejak dulu, sudah banyak musisi dunia yang memilih rock and roll sebagai kiblat bermusiknya. Sebut saja Elvis Presley, The Beatles sampai dengan Rolling Stones. Mereka begitu dikenal karena menampilkan warna musik rock and roll yang benar-benar bisa dinikmati dengan baik. Nah, di balik boomingnya genre musik atraktif ini, ternyata Indonesia juga ikut serta dalam mewabahkan musik-musik bergenre rock and roll. Yap, siapa lagi kalau bukan The Tielman Brothers yang berhasil merebut hati banyak orang dengan penampilan atraktif dan musik-musik yang mudah dicintai banyak kalangan.

The Tielman Brothers atau juga akrab disebut TTB adalah band asal Indonesia yang dikenal cukup luas di daratan eropa terutama Belanda. Band keluarga itu beranggotakan Andy, Loulou, Ponthon, Reggy dan Janette. Keliamanya adalah seorang anak dari tentara KNIL (Koninklijke Nederlandsch Indische Leger) Sebuah angkatan bersenjata Belanda yang juga diisi oleh orang-orang Indonesia. Bakat The Tielman Brothers sudah barang tentu ditelurkan oleh sang ayah yang memang gemar sekali bermusik.

Pilihan Editor:

 

Meski angkatan perang, Herman Dirk Tielman ayah The Tielman Brothers adalah salah satu orang yang bisa bermain musik dan kerap menghibur kawan-kawannya di KNIL. Bakat dari Herman itulah yang akhirnya membawa The Tielman Brothers ke puncak kejayaan.

Saat Jepang menambil alih Indonesia, Herman Dirk ditangkap dan ditawan oleh tentara Jepang. Hal itu membuat Andy dan saudara-saudaranya itu mesti hidup dan diurusi oleh ibu mereka. Flora Laurentine Hess adalah Istri dari Helman Drik Tielman. Dia adalah seorang Indo keturunan Jerman-Indonesia yang lahir di Madiun tahun 1901.

Hari berganti dan kemerdekaan pun akhirnya tiba juga. Meski telah merdeka, Herman yang memang anggota KNIL baru bisa keluar penjara ketika Inggris mengepung Surabaya. Ya, jabatan Herman yang menjadi Kapten KNIL membuat banyak rakyat pribumi sentimen terhadap keluarganya. Hal itu pula yang membuat dia akhirnya memutuskan untuk berlindung di balik tentara sekutu ketimbang bergabung bersama Tentara Indonesia.

Terkenal di Luar Negeri

The Tielman Brothers, Band Rock Asal Indonesia yang Jadi Legenda di Eropa
The Tielman Brothers (Sumber:http://www.tribunnews.com)

Bakat bermusik anggota TTB memang tidak diragukan lagi. Mereka memiliki musikalitas yang cukup beda dengan kebanyakan band atau musisi lainya. Andy Tielman mengaku saat itu musik rock and roll belum lahir. Andy dan saudara-saudaranya hanya bermain  musik country namun dengan tempo yang cepat dan keras. Beberapa tahun kemudian dunia menganggap jika ciri musik seperti itu adalah musik rock and roll. Tidak bermaksud ingin berkata bahwa The Tielman Brothers adalah pencetus genre rock and roll. Yang jelas, dalam perjalanan musik rock and roll, The Tielman Brothers ikut ambil bagian dalam mewabahkannya ke seluruh dunia.

The Tielman Brother sebenarnya tidak langsung pergi ke Belanda untuk melebarkan sayapnya. Mereka sempat manggung di beberapa tempat di Surabaya. Di kota pahlawan inilah popularitas The Tielman Brother mulai di kenal. Sampai akhirnya mereka juga pernah diundang oleh Presiden Soekarno untuk manggung di hadapannya. Namun, ketika tahun 1957, Herman membawa serta anak dan istrinya ke Belanda. Di sanalah karir The Tielman Brother menanjak.

Awal mula menginjakkan kaki di Belanda, keluarga itu hanya menyewa asrama di kota Breda, Belanda. Namun hal itu tak berlangsung lama. The Tielman Brother langsung kebanjiran manggung seiring penampilannya yang dinilai baru dalam belantika musik Belanda. TTB yang kala itu masih menggunakan nama The Timor Brother Rhtym jadi idola baru warga Belanda. Tak ayal dalam waktu setahun grup band keluarga itu berhasil mengubah nasib keluarganya dan pindah untuk menetap di sebuah rumah di kawasan Hedel Belanda.

Lambat laun The Tielman Brother menjadi band yang cukup diperhitungkan di Belanda. Bahkan jadwal manggungnya pun melebar ke negara-negara Eopa lain seperti Jerman. Nah, kala manggung di Jerman inilah salah satu perusahaan rekaman melirik mereka sebagai sebuah potensi baru yang dapat mengubah haluan musik di Eropa.

Kunci Popularitas The Tielman Brothers

Band asal Indonesia The Tielman Brothers
The Tielman Brothers (Sumber: isigood.com)

Ada satu hal yang membuat The Tielman Brothers menjadi fenomena baru musik di Eropa. Hal itu tak terlepas dari genre yang mereka mainkan juga aksi panggung yang selalu membuat orang geleng kepala.

Meski berada di tanah yang jauh dari negara kelahiran, mereka senantiasa membawa aksen keroncong dalam setiap nyanyian dan lagunya. Jadi sebetulnya kombinasi Keroncong-Country dengan tempo cepat yang jadi garis besar mengapa The Tielman Brothers cepat dikenal.  Selain itu dalam setiap panggung. Atraksi tak biasa jadi bumbu wajib yang di tampilkan oleh Andy dan saudara-saudaranya. Loulou si penabuh drum misalkan, dalam aksi panggungnya terkadang dia berjalan mengitari drum sembari memukulnya.

Walau aksi panggungnya dinilai nyeleneh tapi suara drum yang dihasilkan tetap tidak goyah. Bukan cuma Loulou, Andy bahkan memodifikasi senar itarnya menjadi sepuluh dan memainkannya dengan tidur-tiduran atau membalikan gitar kebelakang leher atau memainkannya dengan gigi. Bukan cuma itu, kadang si front liner sekaligus vokalis ini juga bernyanyi sembari berdiri di atas bass. Sebuah penampilan baru yang kemudian menginspirasi banyak band lain kala itu. Saat itu aksi serta musikalitas The Tielman Brothers disebut Indo-Rock.

Seperti dikutip dari tirto.id, menurut catatan George Lipsitz, diungkapkan bahwa gitaris The Beatles George Horisson pernah menjuluki Andy Tielman sebagai ‘The Indo Man’. Bahkan kedua band tersebut pernah satu panggung di Hamburg, Jerman. Meski saat itu usia band Beatles belum lama terbentuk.

Kini semua anggota band The Tielman Brothers telah wafat. Yang terakhir adalah sang front liner Andy Tielman yang wafat pada 2011 lalu. Meski semua personel sudah tiada, karyanya tetap melegenda. Mungkin di Indonesia band ini tak dapat nama, Tapi bagi orang Eropa khusnya Belanda yang hidup di medio tahun 1960. Tielman Brother adalah legenda. Karyanya diaperisasi bahkan pemerintah belanda menyebut bahwa lagu mereka yang berjudul ‘Rock Little Baby of Mine’ menjadi lagu rock and roll pertama di negara yang identik dengan kincir angin tersebut.

(Sumber Gambar Utama: muziekencyclopedie.nl)

Editor: Restia Ningrum

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

0 comments

Syarat Memiliki Kartu Kredit

4 Indikator Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Siap Memiliki Kartu Kredit

bahasa ngalam yang unik

Mengenal Bahasa ‘Ngalam’ Khas Malang yang Unik dan Menggelitik