Ublik. Pemindahan Ibukota Indonesia. Belum lama ini wacana tentang pemindahan ibukota mulai mencuat kembali. Banyak yang menganggap jika Jakarta sudah seharusnya tak memiliki gelar lagi sebagai pusat pemerintahan Indonesia. Hal itu makin terlihat nyata ketika beberapa pihak menyebut Palangkaraya menjadi salah satu kota yang sangat tepat jika bukota benar-benar dipindah dari DKI Jakarta.

Pemilihan Palangkaraya bukan tanpa alasan. Dilihat dari letak geografis, Palangkaraya berada di Pulau Kalimantan. Secara posisi, kota ini berada di tengah-tengah Indonesia. Itu artinya jika kota ini kemudian benar-benar di tetapkan sebagai ibukota, maka seharusnya pemertintah dapat memberikan pelayanan yang prima dan merata ke seluruh Indonesia. Kedua, sebagaimana kita tahu Pulau Jawa kini menjadi provinsi terpadat dan kepadatan itu menumpuk di Jakarta. Sedangkan di Kalimantan yang notabenya memiliki lahan yang jauh lebih luas dari Jawa, ternyata justru memiliki jumlah penduduk yang tak sebanyak di Pulau Jawa. Harapannya adalah ketika ibukota dipindahkan dari DKI Jakarta ke Palangkaraya, akan banyak orang juga yang bermigrasi ke pulau terbesar ketiga di dunia ini.

Menjadi ibukota belum tentu menjadi pusat bisnis sebuah negara. Bisa saja nantinya Palangkaraya hanya menjadi pusat dan basis pemerintahan saja. Sedangkan Jakarta tetap menjadi pusat bisnis dan tempat bermukimnya perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Hal demikian sudah banyak diterapkan oleh negara-negara maju. Amerika contohnya, mereka menetapkan Washington DC sebagai pusat pemertintahan tetapi pusat bisnis dan perdagangan berada di New York. Sama halnya dengan Amerika, Tiongkok juga memberlakukan hal demikian. Menetapkan Beijing sebagai pusat pemerintahan, tetapi menjadikan Shanghai sebagai tempat peredaran bisnis di negeri tirai bambu tersebut. Setali tiga uang, Australia juga menetapkan hal yang sama. Menunjuk Canberra sebagai ibukota sedangkan Sydney dan Melbourne dijadikan sebagai pusat bisnis. Dan masih banyak lagi negara yang memisahkan pusat pemerintahan dan pusat bisnis.

Dalam sejarahnya, Indonesia telah beberapa kali berganti ibukota. Pada tahun 1946 ibukota Indonesia sempat di pindah ke Yogyakarta. Tahun 1948 Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda, pemerintahan daruratpun dibuat dan Bukittinggi ditunjuk menjadi ibukota sementara. Selain sejarah Indonesia yang sempat berganti ibukota. Di belahan bumi lain juga ada beberapa negara yang memtuskan untuk berpindah ibukota dan bertahan hingga kini. Berikut rangkuman singkatnya.

1. Brazil

Ibukota Negara Berpindah? Wacana atau Realita?
Sumber : brasil-turismo.com

Jika ditanya apa ibukota Brazil? Maka kita tentu akan menjawab Brasilia sebagai ibukota negara yang terkenal dengan tarian sambanya itu. Namun ternyata Brasilia dipilih sebagai ibukota negara itu bukan sejak awal kemerdekaan Brazil. Awalnya ibukota Brazil adalah Rio de Janeiro. Akan tetapi karena dianggap kota ini terlalu jauh untuk dijangkau dari kota-kota lain dan dianggap tidak strategis untuk negara yang punya daratan yang luas, maka pemerintah membangun kota baru bernama Brasilia yang dibangun dari tahun 1956 hingga 1960. Pemindahan ibukotapun terwujud dan Brazil jadi contoh sebagai negara yang berhasil memindahkan ibukota. Meski begitu, Rio de Janeiro tetap diplot sebagai pusat ekonomi dan bisnis bagi negara yang menghasilkan pemain bola ternama itu.

2. Myanmar

Ibukota Negara Berpindah? Wacana atau Realita?
Sumber : nytimes.com

Negara selanjutnya adalah negara tetangga Indonesia, Myanmar. Negara ini berhasil memindahkan ibukota dari sebelumnya Rangoon kini pindah ke Naypyidaw. Kota Naypyidaw ini adalah kota baru yang dibangun pada tahun 2002 dan rampung pada tahun 2005. Hanya saja alasan pemindahan ibukota ini hingga sekarang tidak ada yang tahu. Pemerintah Myanmar tak pernah buka suara soal alasan pemindahan ibukota dari negara yang dulu bernama Burma tersebut.

3. Pakistan

Ibukota Negara Berpindah? Wacana atau Realita?
Sumber : flickr.com

Pakistan juga menjadi salah satu negara yang berhasil merubah ibukotanya. Pada awalnya Pakistan menetapkan Kota Karachi sebagai ibukota sebelum akhirnya pada tahun 1961, kota baru Islamabad resmi ditunjuk dan menggantikan Kota Karachi. Alasan pemindahan karena letak Karachi yang tak strategis dan dinilai mudah diserang. Kota Islamabad sendri dipilih sebagai ibukota karena letaknya yang berdekatan dengan pusat militer Pakistan bernama Rawalpindi.

4. Nigeria

Ibukota Negara Berpindah? Wacana atau Realita?
Sumber : pinterest.com

Negara yang terletak di Benua Afrika tersebut pada tahun 1991 resmi memindahkan ibukotanya yang semula di Lagos berpindah ke Abuja. Pemerintah setempat menilai jika Lagos adalah kota yang terlalu padat. Di samping itu letaknyapun kurang begitu strategis bagi negara bermaskot elang itu. Sedangkan Abuja dipilih karena kota tersebut dianggap sebagai kota netral baik dari segi etnis dan agama. Pemindahan ibukotapun berhasli dan kini Abuja menjadi kota yang maju di Nigeria

Nah, itu tadi adalah ulasan singkat tentang negara-negara yang sempat memindahkan ibukota hingga saat ini. Bagaimana dengan Indonesia? Hanya wacana belaka atau memang akan terjadi? Kita tunggu saja bersama.

 

(Sumber Gambar Utama : jpnn.com)

(Editor : Aprianing Dwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here