Sulit rasanya mencari kekurangan Indonesia. Tuhan sudah teramat baik untuk memberi negara ini kebaikan-kebaikan dan keistimewaan yang tak pernah dimiliki negara lain. Sudah terlalu banyak hal yang membuat Indonesia ini dikenal dunia. Mulai dari hasil bumi, potensi wisata sampai dengan cita rasa kulinernya. Semua selaras menggambarkan jika Indonesia adalah negara yang kaya.

Kita sudah tahu betul bahwa kopi luwak asal Indonesia begitu digemari di luar negeri. Bahkan, kopi luwak di klaim sebagai kopi terbaik dengan harga jual yang cukup tinggi. Kini, hasil bumi Indonesia lain yang berbicara di kancah internasional. Teh Cascara namanya. Sebuah teh unik asal garut yang merambah pasar mancanegara. Apa keistimewaanya?

Pilihan Editor:

 

Teh Cascara dari Garut sampai Amerika

Teh Cascara
Via: Glitzmedia.co

Jika biasanya teh terbuat dari daun tanaman teh. Maka teh ini adalah sebuah inovasi yang cukup berbeda dari teh biasaya. Teh Cascara bukan lah teh yang diseduh dari dari sebuah daun teh melainkan dari kulit biji kopi. Nah loh, ini teh atau kopi? Tenang, ini benar teh. Yang diminum nantinya bukan biji kopi melainkan hanya kulitnya saja. Maka dari itulah teh ini cukup bisa dibilang berbeda dengan teh lain pada umumnya. Namun, meski berbeda, teh ini punya rasa yang tak kalah enak dengan teh yang biasa kita minum sehari-hari. Dan tentunya teh ini punya rasa yang unik.

Dibilang unik karena ketka teh diseduh, teh ini punya rasa yang agak manis dan sedikit masam. Bisa dibilang ada nuansa kopi dalam teh ini. Karenanya bagi para pecint kopi ataupun pecinta teh. Teh ini bisa jadi pemersatu keduanya. Rasa yang nikmat dari teh Cascara ini paling enak dinikmati ketika dituang dengan air hangat dan cuaca sejuk khas garut. Nah, sampai saat ini teh asal kabupaten Garut itu sudah dijual hingga ke luar negeri. Sebut saja Singapura, Hongkong sampai dengan Amerika. Secara tidak langsng Teh Cascara mmebawa nama Indonesia untuk dikenal luas diseantero dunia

Adalah seorang pengusaha Kopi bernama Hari Yanuar yang pertama kali menginisiasi terbentuknya teh ini. Dia adalah orang yang meracik kulit biji kopi ini menjadi sebuah minuman baru yang ternyata digemari oleh banyak kalangan. Untuk menyulap kulit biji kopi menjadi teh siap minum ini memerlukan waktu yang terbilang cukup lama. Bisa sampai satu bulan lamanya. Awalnya ketika kopi dipanen dan diambil bijinya keringkan kopi tersebut hingga satu bulan. Setelah itu pisahkan kulit dengan bijinya. Setelah itu teh dikemas dan direkatkan secara manual. Nah teh yang sudah siap minum tinggal dituang didalam secangkir gelas atau juga teko. Tentu akan jauh lebih baik jika dituang dengan air hangat.

Teh yang Baik Untuk Tubuh

Teh Cascara
Via: advan.oomph.co.id

Teh ini bukan cuma enak. Tapi juga kaya akan khasiat. Yap, teh ini ternyata mampu untuk meningkatkan metabolisme tubuh, selain itu dapat mengatasi masalah lambung dan tentunya dapat menambah stamina. Jadi sudah tentu teh ini cukup aman untuk dikonsumsi banyak kalangan. Saat ini teh Cascara bisa kita temui dibanyak kedai di Garut. Yap, kedai-kedai kopi di Garut melihat Cascara sebagai sebuah potensi baru untuk diperkenalkan ke publik secara luas. Dan ternyata memang benar. Publik cukup menggilai rasa teh ini.

Nah, di Indonesia harga teh Cascara dibandrol ratar-rata 40ribu per bungkus. Namun jika kita membelinya di Amerika sana. Harganya bisa membeludak menjadi 70 dolar per bungkus. Nah sampai sekarang, teh Cascara ini masih terus diproduksi dan dikirimkan keluar negeri. Kira-kira setiap 6 bulan sekali. Teh Cascara ini yang dikirmkan keluar negeri dengan bobot 2 ton.

Segala sesuatu yang inovatif memang punya dampak yang luar biasa. Teh dari kulit biji kopi ini contohnya. Kalau kamu sendiri, sudah mulai berinovasi kah untuk membuat sebuah kreasi yang keren dan dapat diakui oleh masyarakat luar ? Kalau belum ada baiknya dipikirkan dari sekarang.

(Sumber Gambar Utama: advan.oomph.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here