Ublik.id. Negara Yang Merdeka di Bulan Agustus. Tepat pada 17 Agustus 1945 Indonesia secara sah mengumunkan pada dunia jika sudah tak ada lagi penjajahan dan penindasan atas bumi Indonesia. Peristiwa itu ditandai dengan dibacakannya teks proklamasi oleh Bung Karno. Orang yang kemudian ditunjuk sebagai presiden pertama Republik ini. Bung Karno membacakan teks proklamasi di pelataran rumahnya di Jalan Pegangsaan Timur No 56. Itulah momen sejarah yang kemudian membawa negara ini menjadi negara yang berdikari. Peristiwa tersebutlah yang kemudian dijadikan tanggal kelahiran Republik Indonesia yang setiap tahunnya selalu diperingati hingga saat ini. Upacara bendera dan berbagai perlombaan adalah sebuah acara yang pasti dilakoni oleh segenap warga Indonesia. Bukan cuma itu, Agustus juga kerap disebut sebagai bulan kemerdekaan Indonesia. Tapi, ternyata Indonesia tak sendiri, ada beberapa negara yang ternyata juga merayakan hari kemerdekaan di bulan Agustus. Berikut adalah beberapa negara yang merayakan hari ulang tahunya di Bulan Agustus

Bolivia

Tak Hanya Indonesia, 9 Negara Ini Juga Merdeka di Bulan Agustus
Sumber : nytimes.com

Negara yang terletak di Amerika Selatan itu merayakan hari kemerdekaanya pada 6 Agustus. Dulu, Negara penghasil timah itu dijajah oleh Spanyol sebelum akhirnya pada 6 Agustus tahun 1825. Wah, sudah tua sekali ya. Negara yang beribukotakan Sucre itu kini memiliki sekitar 10 juta penduduk. Bolivia juga dikenal sebagai negara dataran tinggi yang bertetangga langsung dengan Paraguay, Chili, Argentina, Brasil dan Peru.

Jamaika

Tak Hanya Indonesia, 9 Negara Ini Juga Merdeka di Bulan Agustus
Sumber : holidaycheck.de

Masih di tanggal yang sama dengan Bolivia. Jamaika juga merayakan hari kemerdekaanya pada 6 Agustus. Negara asal Bob Marley ini dijajah oleh Inggris dan baru kemudian merasakan kemerdekaan pada tahun 1962. Saat ini Jamaika tak hanya dikenal lewat sosok Bob Marley saja. Ada Usain Bolt yang didapuk sebagai orang tercepat di dunia yang kemudian menjadi ikon baru negara ini. Negara yang beribukotakan Kingston itu sampai saat ini memiliki 2 Juta Penduduk.

Pantai Gading

Tak Hanya Indonesia, 9 Negara Ini Juga Merdeka di Bulan Agustus
Sumber : cnnindonesia.com

Pada tanggal 7 Agustus tahun 1960, Negara bernama Pantai Gading resmi menjadi negara yang sah dan mesti diakui dunia. Sebab, pada tanggal dan bulan tersebut, Perancis yang notabenenya menjajah negara itu bertahun-tahun secara resmi memberikan kemerdekaan pada Negara beribukotakan Yamoussoukro tersebut. Kini Pantai Gading dikenal sebagai negara penghasil coklat terbaik se-jagad raya. Selain itu, banyak pemain-pemain sepakbola besar lahir dari negara tersebut. Sebut saja Didier Drogba, Salomon Kalao sampai Yaya dan Kolo Tour.

Singapura

Tak Hanya Indonesia, 9 Negara Ini Juga Merdeka di Bulan Agustus
Sumber : jalanjalansingapura.com

Selanjutnya ada negara tetangga Indonesia. Ya, Singapura. Negara paling maju se-Asia Tenggara itu merayakan hari kemerdekaanya pada tanggal 9 Agustus. Sebetulnya, pada awalnya Singapura bergabung dengan federasi Malaysia dan memperoleh kemerdekaan pada tahun 1963. Namun, dua tahun setelahnya Singapura dikeluarkan karena adanya konflik yang berkepanjangan. Akhirnya Singapura menjadi negara berdaulat sendiri pada 9 Agustus 1965. Kini, bisa dibilang Singapura adalah negara di Asia yang ekonominya cukup mapan. Meski memiliki luas wilayah yang secuil dan juga penduduk yang hanya 5 juta. Singapura menjelma menjadi singanya Asia. Negara mapan adalah sebutan yang tepat untuk negara yang menggunakan Dolar Singapura untuk mata uangnya tersebut.

Pakistan

Tak Hanya Indonesia, 9 Negara Ini Juga Merdeka di Bulan Agustus
Sumber : playbuzz.com

Kini kita berpindah ke Asia Selatan, Pakistan. Sebuah negara mayoritas muslim itu merayakan ulang tahun kemerdekaanya setiap tanggal 14 Agustus. Negara ini sudah cukup lama dijajah oleh Inggris Raya. Baru pada tahun1947, resmilah Pakistan menjadi negara yang merdeka dan lepas dari segala bentuk penjajahan. Meski rakyat Pakistan selalu merayakan kemerdekaan tiap 14 Agustus, akan tetapi banyak kalangan yang menyebut jika negara yang beribukotakan Islamabad itu merdeka tanggal 15 Agustus. Bersamaan dengan India, negara terdekat Pakistan yang juga dijajah oleh Inggris.

India

Tak Hanya Indonesia, 9 Negara Ini Juga Merdeka di Bulan Agustus
Sumber : worldbank.org

Sehari setelah Pakistan merdeka. India juga dinyatakan merdeka pada 15 Agustus 1947. Negara yang terkenal sebagai penghasil film Bollywood itu akhirnya lepas dari cengkraman Inggris Raya yang lama sekali menjajah tanah India. India kini menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Negara beribukotakan Mumbai tersebut dikenal juga dengan negara mayoritas Hindu terbesar di dunia.

Korea

Tak Hanya Indonesia, 9 Negara Ini Juga Merdeka di Bulan Agustus
Sumber : 11iv.com

Jauh sebelum pecah menjadi Korea Selatan dan Korea Utara, Republik Korea selalu memperingati hari kemerdekaannya pada tanggal 15 Agustus. Ada kesamaan antara Indonesia dengan Korea. Dua negara ini sama-sama dijajah oleh Jepang. Kedua negara ini juga pada akhirnya merebut kemerdekaannya pada tahun 1945. Korea benar-benar memanfaatkan kocar-kacirnya Jepang dibombardir Sekutu. Mereka lantas melawan dan memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 15 Agustus 1945. Dua hari sebelum Indonesia merdeka. Sayangnya beberapa tahun setelah merdeka Korea justru pecah. Terbagi menjadi Korea Selatan yang memiliki ikatan dekat dengan Amerika dan Korea Utara yang bersahabat karib dengan Uni Soviet (Sekarang Rusia). Sebagai mana diketahui jika Amerika dan Uni Soviet adalah dua negara adikuasa yang punya pengaruh besar terhadap dunia.

Gabon

Tak Hanya Indonesia, 9 Negara Ini Juga Merdeka di Bulan Agustus
Sumber : globaltableadventure.com

Ini adalah sebuah negara di Afrika bagian barat. Gabon. Namanya memang tak seterkenal Kamerun ataupun Mesir yang merupakan negara besar di Benua Afrika. Tapi, ternyata negara ini punya persamaan dengan Indonesia. Ya, ternyata 17 Agustus bukanlah milik Indonesia saja. Gabonpun merdeka pada tanggal dan bulan yang sama. Bedanya, Negara ini merdeka pada tahun 1960 selepas mengalami penjajahan oleh Perancis. Negara beribukotakan Libereville tersebut juga memiliki kekayaan alam yang cukup melimpah.

Malaysia

Tak Hanya Indonesia, 9 Negara Ini Juga Merdeka di Bulan Agustus
Sumber : says.com

Terakhir ada negeri Jiran Malaysia. Ya! ternyata di Asia Tenggara ada tiga negara yang merayakan hari kemerdekaannya pada bulan Agustus. Malaysia sendiri diakui kedaulatannya sebagai negara yang merdeka pada tanggal 31 Agustus 1957. Sebagaimana kita tahu, Malaysia juga dijajah oleh Inggris dan pada tanggal tersebutlah Inggris merelakan Malaysia menjadi negara yang  merdeka. Dan akhirnya pada tahun di tanggal 31 Agustus besok. Malaysia akan merayakan ulang tahunya yang ke 60.

 

(Sumber Gambar Utama : beritaunikdunia11.blogspot.co.id)

(Editor : AprianingDwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here