Ketika Angga Dwimas Sasongko mengumumkan Teaser film Wiro Sableng telah rilis. Hampir semua orang berdecak kagum dan menanti film tentang pendekar sakti tersebut. Salah satu yang membuat film Wiro Sableng ini begitu ditunggu karena adanya keterlibatan 20th Century Fox dibalik produksi film tersebut. Banyak orang membayangkan kualitas film ini akan setara dengan film-film hollywood lainnya. Dan sudah barang tentu banyak juga yang berspekulasi tentang superhero lain asal Indonesia yang juga mendapatkan kesempatan untuk ikut beraksi di film layar lebar dan menghiasi bioskop-bioskop tanah air. Nah dibawah ini kita sajikan beberapa superhero asli Indonesia yang cocok banget kalo difilmkan.

1. Gatot Kaca

superhero Indonesia
Gatot Kaca (Sumber: roelworks via deviantart)

Gatot kaca mungkin bukan asli cerita dari Indonesia. Tokoh gatot kaca diciptakan dalam cerita-cerita kuno di India. Namun, di Indonesia cerita tentang Gatot Kaca dikenal luas dalam cerita pewayangan. Gatot Kaca sendiri adalah manusia setengah raksasa. Dia dikenal memiliki tubuh yang super kuat. Bahkan banyak yang menyebut  jika Gatot Kaca memiliki otot kawat dan tulang besi. Ditambah lagi jagoan yang satu ini juga memiliki sayap yang memungkinkan dia untuk dapat terbang. Nah, cerita tentang sosok yang identik dengan kumis baplang ini juga cukup menarik diangkat ke layar lebar dengan beberapa sentuhan moderenisasi. Dengan begitu tidak menutup kemungkinan cerita Gatot Kaca ini juga disukai oleh banyak kalangan.

Pilihan Editor:

 

2. Gundala Putra Petir

Gundala Putra Petir Komik
Gundala Putra Petir Superhero Indonesia (via: Duniaku.net)

Jika DC Comic punya The Flash, maka Indonesia punya Gundala Putra Petir. Superhero karya komikus bernama Hasmi ini adalah seorang superhero yang dapat mengeluarkan gledek dari kedua telapak tangannya. Kemampuan super itu dia dapat dari ayahnya yang diceritakan seorang raja dari kerajaan petir. Gundala Putra Petir ini memiliki jalan cerita yang sangat Indonesia. Dalam komiknya lebih banyak mengambil latar di Yogyakarta. Nah, Gundala Putra Petir ini pernah diangkat menjadi sebuah film pada tahun 1982. Dan rencananya sutradara kawakan Joko Anwar bakal membuat ulang film superhero yang identik dengan petir itu.

3. Aquanus

superhero Indonesia aquanus
Aquanus (via ganlob.com)

Ketiga ada Aquanus. Jagoan yang satu ini adalah superhero Indonesia yang memiliki kemampuan luar biasa di dalam air. Dia dapat bernafas dan mengeluarkan kemampuan supernya ketika didalam air. Tapi, di darat-pun dia masih dapat bertaji. Di darat dia dapat mengeluarkan pancaran sinar yang dapat menghancurkan apapun. Tokoh superhero Indonesia ini diciptakan oleh Widodo NS dan cukup viral pada jamannya. Nama Aquanus adalah akronim dari kata Aqua (yang berarti air) dan Dhanus yang notabenenya adalah nama asli dari sang superhero. Oh iya, superhero ini juga punya kostum yang cukup unik dengan banyak sirip seperti ikan.

4. Volt

SUperhero Indonesia
Volt (via http://kasamago.com)

Dari namanya kita pasti sudah tahu jika superhero Indonesia yang satu ini berhubungan dengan listrik. Superhero buatan Skylar Comics itu memang memiliki kekuatan super yang dapat menyerap listrik. Listrik-listrik yang digunakan untuk dia menyerang musuh-musuhnya. Selain itu listrik yang mengalir ditubuhnya tersebut dia pergunakan juga untuk melindungi banyak orang. Volt ini sampai sekarang komiknya masih update dan masih dapat kita baca keseruan-keseruannya.  Tapi, bukan Cuma komik. Kabar terbaru yang dihimpun dari website resminya memberitahukan kalau cerita volt tidak lama lagi akan di filmkan.

5. Merpati

superhero INdonesia
Merpati (via wikipedia.org

Ke lima ada Merpati. Merpati adalah seorang superhero wanita asli Indonesia. Uniknya Merpati adalah seorang istri dari Gundala Putra Petir. Jadi sudah tentu kalau perempuan ini bukanlah perempuan biasa. Dia memiliki kemampuan super yang menjadikan dia dapat terbang. Sama seperti Gundala Putra Petir, Merpati adalah seorang anak dari Ratu Merpati. bukan hanya dapat terbang, merpati juga punya kemampuan bela diri yang hebat. Nama asli dari merpati adalah Sedhah dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1977. Nah, kalau sampai Gundala Putra Petir betul-betul jadi ditayangkan dilayar lebar, Maka mestinya sosok perempuan jagoan ini juga akan muncul dalam film.

 

6. Godam Manusia Besi

superhero Indonesia
Godam Manusia Besi (via magazine.orami.co.id)

Terakhir ada Godam Manusia Besi. Superhero yang satu ini juga buatan komikus Widodo Noer Slamet. Jadi, Godam ini adalah rekan dari Gundala Putra Petir. Godam memiliki kekuatan super dan kebal. Godam juga diceritakan dapat terbang. Bisa dibilang Godam ini mirip-mirip dengan Superman. Nah, kekuatan Godam didapat dari pakaiannya yang ternyata memiliki kesaktian. Tokoh yang diperkenalkan tahun 1969 itu mengeluarkan 15 seri komik. Nah, seri komik terakhirnya dirilis pada tahun 1980 dengan judul ‘Tirani Biru di Negri Godam’ dan ‘Setan’. Sayangnya setelah itu Widodo NS tak lagi menelurkan kisah-kisah heroik lain yang diperankan oleh Godam Manusia Besi.

Itu tadi ada 6 superhero Indonesia yang cukup layak ceritanya diangkat ke layar lebar. Sebetulnya Indonesia punya potensi untuk membuat film-film superhero, mengingat banyaknya creator-creator hebat yang dimiliki. Selain itu jalan ceritanya juga tidak kalah epic dibanding dengan film-film rilisan hollywood. Apa lagi kalau kita tahu, beberapa superhero Indonesia ternyata memiliki keterikatan seperti Gundala Putra Petir, Merpati dan Godam. Tidak ada salahnya jika masing-masing film tersebut dikenal khalayak. Kita dapat menyaksikan film semisal Avengers atau Justice League dengan cita rasa Indonesia. Selain itu cerita-cerita pewayangan seperti Gatot Kaca juga punya ciri lain yang sebetulnya punya potensi populer jika digarap dengan serius.

Teaser Film Wiro Sableng (c)Lifelike Picture:

 

(Sumber Gambar Utama: Cuplikan Teaser Film Wiro Sableng Youtube.com/Lifelike Pictures)

Editor: Ridho Nur Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.