Ublik.idSolusi Menghindari Macet Pada Saat Mudik. Momen yang ditunggu-tunggu setiap tahun bakal segera terlaksana sebentar lagi. Tinggal menghitung hari saja, kita sudah berada pada penghujung Bulan Ramadhan. Kita dan masyarakat Indonesia akan memulai sebuah kebiasaan yang barangkali hanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Kebiasaan yang dimaksud sudah tentu adalah pulang kampung atau lebih dikenal dengan istilah mudik.

Benar, mudik adalah momen yang benar-benar ditunggu setiap tahun. Para pekerja yang memang menghabiskan waktunya setiap hari akan mendapat jatah libur yang cukup panjang. Jatah libur yang barangkali dirasa mencukupi untuk pulang ke kampung halaman dan menemui sanak keluarga, sanak saudara dan kerabat lama. Momen pulang kampung ini sudah dilakukan berpuluh-puluh tahun. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat Indonesia beragama Islam yang sudah tentu merayakan Hari Raya Idul Fitri atau lebaran setiap tahunnya. Oleh karena itu, pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga adalah sebuah keharusan. Sebuah tradisi yang harus dilakoni, bagaimanapun dan dengan cara apapun agar dapat berlebaran di rumah.

Selain umat muslim, umat yang beragama non muslim juga terkena dampak positifnya, seperti halnya umat muslim, umat non muslim juga tentu mendapat jatah libur panjang yang sama. Jadi, sudah dipastikan mereka juga akan mungkin menghabiskan libur panjangnya dengan pulang kampung atau berlibur dengan orang-orang terkasih. Ada banyak cara orang melakukan perjalanan mudiknya, ada yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, motor atau bahkan sepeda. Ada juga yang menggunakan moda transportasi umum semisal bus, kereta api, kapal laut hingga pesawat. Nah, khusus untuk kamu yang memang pulang kampung menggunakan mobil pribadi, ada kabar gembira yang mesti kamu tahu.

Biasanya mudik akan selalu identik dengan macet, kenapa? Karena orang dari berbagai kota dalam satu waktu akan melintasi jalanan yang sama. Hal itu sangat memungkinkan terjadinya kemacetan, sebab itulah solusi kemacetan dibuat. Salah satu cara untuk mengurangi tingkat kemacetan adalah dibangunnya jalan tol. Akan tetapi, jalan tol juga ternyata tak menjamin dari macet. Alih-alih bebas hambatan, justru banyak pemudik menghabiskan berjam-jam antre untuk dapat keluar dari jalur yang katanya bebas hambatan itu. Hingga akhirnya, seperti halnya tahun lalu, saat kemacetan begitu menumpuk di pintu keluar tol keluar Brebes (Brexit) yang benar-benar mengular panjang. Kemacetan parah yang terjadi tahun lalu itupun sampai membuat banyak orang kelelahan bahkan sampai ada juga yang meninggal. Tentu, melihat kejadian suram tahun lalu beberapa inovasi akan terus dicoba dan dikemukakan oleh pemerintah demi memberikan kenyamanan kepada para pemudik selaku pengguna jalan.

Solusi Menghindari Macet saat Mudik Lebaran, Pantau Kepadatan Jalan Tol Dengan Aplikasi I-Toll Saja
Sumber : Beritatrans

Nah, baru-baru ini pemerintah lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat merilis sebuah aplikasi yang bernama I-Toll. I-Toll itu sendiri kependekan dari Information Toll. Aplikasi ini nampaknya akan sangat berguna bagi para calon pemudik. Sebab, dalam aplikasi ini nantinya akan menyajikan pantauan lalu lintas yang terjadi di seluruh ruas jalan tol yang ada di Indonesia. Jadi, para pemudik yang menggunakan mobil pribadi dapat memperhitungkan seberapa padat lalu lintas di ruas jalan tol yang akan mereka lewati.

Pemerintah akan memasang CCTV di setiap satu kilometer ruas jalan tol, bahkan khusus untuk tol Cikopo-Palimanan (Cipali) CCTV akan dipasang tiap 500 meter. Nantinya dari CCTV inilah para pemudik yang telah mendownload aplikasi I-Toll ini dapat melihat visualisasi jalur tol yang akan mereka lewati. Jika memang terpantau padat, para pemudik dapat dengan segera mencari jalur alternatif atau memilih tidak masuk tol dan menggunakan ruas jalur biasa saja.

1Bisa Juga Untuk Mencari Rest Area

Selain itu, dari aplikasi canggih solusi menghindari macet ini juga nantinya para pemudik dapat mencari tahu informasi tentang rest area terdekat. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga dapat memperkirakan waktu tempuh perjalanan. Bagaimana menarik bukan? Hanya saja, sampai tulisan ini dibuat, aplikasi yang sedari tadi kita bicarakan itu belum rampung digarap. Pemerintah mengklaim bahwa pembuatan aplikasi itu sudah masuk tahap akhir dan rencananya akan mulai diluncurkan pertengahan Juni atau pling lambat pada H-7 Idul Fitri.

Akan tetapi pada tahap awal ini, untuk aplikasi solusi menghindari macet I –Toll kemungkinan hanya bisa diunduh oleh para pengguna ponsel berbasis android. Dan jika diperlukan mungkin akan dikembangkan lagi kedepannya sehingga para pengguna ponsel berbasis IOS dapat menggunakan aplikasi I-Toll ini.

 

(Gambar Utama : “tirto.id”)

(Editor : Aprianing Dwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here