Ublik.id – Senjata Laser Buatan Indonesia. Kita tentu tahu bahwa para tentara turun di medan perang dengan bersenjatakan senjata api yang canggih dan mematikan. Mereka berjibaku melawan musuh-musuhnya demi kemenangan negara yang mereka bela. Sudah pasti, senjata yang digunakan bukan senjata main-main. Senjata yang digunakan barangkali memiliki harga yang fantastis. Sebab, kemenangan tentara di medan perang memang adalah keharusan, dan pengadaan perangkat perang yang mutakhir tentu adalah sebuah keharusan yang memang harus dilengkapi.

Sebelum kita jauh berbicara soal peperangan dan senjata-senjata api yang biasa digunakan para tentara di medan perang, alangkah lebih baik jika kita coba berpikir bahwa ketika sebelum para tentara itu berperang di arena peperangan sesungguhnya, sudah pasti bukan jika tentara-tentara tersebut melakukan serangkaian latihan agar mereka dapat siap siaga jika terjadi perang? Nah, masalahnya adalah untuk selalu siap siaga menjaga kedaulatan Negara maka tentara membutuhkan latihan yang serius dengan senjata yang tak main-main pula. Kurangnya latihan tentunya dapat mengganggu kesiapan prajurit. Karena itulah sebuah instansi militer seperti TNI bisa jadi mengeluarkan uang yang tidak sedikit hanya untuk biaya latihan. Salah satu yang menguras dompet instansi pelindung keamanan itu sudah pasti ada di pengadaan persenjataan beserta pelurunya.

Akan tetapi Indonesia patut berbangga hati. Sebab belum lama ini, senjata laser baru ditemukan dan tengah dikembangkan oleh anak bangsa kita sendiri. Senjata laser buatan Indonesia itu digunakan untuk menggantikan peluru dalam latihan militer. Hal itu sedikit banyak mengurangi pengeluaran instansi militer kita .

Senjata dengan laser ini ditemukan dan tengan dikembangkan oleh center of innovative learning. Memang, senjata laser ini bukan tanpa kekurangan, masih ada beberapa poin yang masih harus diperbaiki dan lebih dimiripkan lagi dengan senjata aslinya. Salah satu contohnya adalah ketika senjata api biasa jika di tembakan secara jarak jauh arah pelurunya sedikit melengkung, maka senjata laser tidak, dia akan tetap lurus. Karena itulah di bikinlah suatu sistem jika dijarak tertentu apabila sinar laser mengenai salah satu objek, maka akan diturunkan seidikt agar kesan lengkungan peluru masih dapat terasa. hal itu disampaikan oleh Janto Vincent Sulungbudi, seorang peneliti dari center of innovative learning.

“kita ada perbedaan antara laser dengan peluru biasa. Kalau peluru biasa itukan kalau jauh dia akan melengkung. sedangkan kalau laser itu mau berapa jauhpun jaraknya dia akan tetap lurus. Nah kelemahan alat latih lain yang pakai laser adalah seperti itu, tapi kami disini coba membuat serealistis mungkin” ujarn Vincent seperti dkutip dari CNN Indonesia.

Senjata laser buatan Indonesia ini terdiri dari dua item utama. Item pertama adalah Senjata yang dipegang oleh para tentara saat latihan dan telah tertempel satu unit transmiter yang berfungsi untuk menembakan laser ke arah musuh. Sementara itu, item kedua adalah satu unit micro controller yang terpasang pada rompi yang dikenakan oleh para tentara. Fungsi dari micro controller adalah menerima dan mengolah hasil tembakan. Jadi, ketika sang penembak menembakan sinar laser yang menempel disenjatanya dan ketika itu sinar laser tepat mengarah kepada lawan, maka micro controller yang menempel pada rompi sang lawan akan berbunyi. Itu menunjukan jika sang lawan sudah terkena tembakan.

Selain itu untuk mengatur, ada juga server. server sendiri berguna untuk menampilkan data penembak dan hasil dari tiap tembakan. Jadi akan terekam siapa saja yang berhasil menembak sasaran dengan tepat dan siapa saja yang telah tertembak. Mereka yang tertembak akan digambarkan dengan ikon tengkorak yang ditampilkan oleh server dalam layar.

Simulasi Perang ala Game Strategi

Ini adalah senjata laser buatan Indonesia pertama, yang digunakan baru untuk latihan menembak sasaran, sementara itu center of innovative learning telah membuat versi kedua yang telah bisa menembak sasaran antar tim. Nantinya di versi kedua, server akan menampilkan setiap gerakan prajurit termasuk ketika berdiri ataupun tiarap. Jadi nanti para prajurit yang melakukan latihan perang akan dapat dilihat langsung pergerakannya dari layar mirip dengan game – game strategi, keren bukan!

Sudah barangtentu teknologi senjara laser buatan Indonesia ini tengah terus di kembangkan agar fungsinya dapat seperti dengan yang sebenarnya pada saat di medan tempur. Terobosan ini patut dacungi jempol, dan karya-karya kemajuan teknologi anak bangsa memang sudah saatnya diperhatikan dan dikembangkan lebih baik lagi. Teknologi asli dalam negeri juga sebenarnya tak kalah canggih dengan buatan negara-negara besar. Sudah saatnya teknologi kita menjadi tuan rumah dinegeri sendiri.

4 KOMENTAR

  1. Sudah waktunya anak bangsa menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia tidak kalah dengan negara maju lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here