Ublik.id. Aneka Olahan Mie. Tak akan habis bicara makanan khas nusantara. Setiap daerah punya andalan makanan khasnya yang selalu dapat menggoyang lidah para pecinta kuliner. Dari sekian banyak makanan khas di Indonesia,ternyata banyak juga yang mengedepankan mie menjadi menu utama dari makanan khas tersebut. Selain karena murah, mie juga dikenal sebagai makanan favorit orang Indonesia. Sebagai akibat dari hal tersebut, maka terkadang banyak yang menjadikan mie sebagai makanan khas suatu daerah karena saking lumrahnya untuk dikonsumsi. Mie-mie tersebut diolah dengan berbagai macam teknik memasak dan menggunakan bumbu-bumbu yang sudah menjadi warisan turun temurun. Jadi, tidak salah jika kenikmatan ragam olahan mie nusantara selalu nikmat untuk dikonsumsi. Then, daerah mana sajakah yang menjadikan mie sebagai menu favorit? Simak ulasanya berikut ini

1Aceh

Sumber : qraved.com

Betul sekali, Kota dengan sebutan Serambi Mekah ini memang tak hanya populer dengan kopinya saja. Aceh juga punya sajian mie yang nikmatnya tiada tara. Mie Aceh sudah begitu terkenal di Indonesia. Di beberapa kota, kita sudah dapat menjumpai kedai-kedai mie aceh yang menjual beragam masakan menu aceh khususnya mie aceh itu sendiri. Pengolahan Mie Aceh sangatlah kental dengan bumbu-bumbu kaya akan rempah. Sehingg, membuat rasanya begitu tajam dan benar-benar menggugah selera. Mie Aceh biasanya disajikan dengan udang, cumi ataupun kepiting. Mie yang sedikit berkuah ini biasanya juga diberi bawang goreng dan acar sebagai pelengkap kelezatan. Tergoda nggak sih hanya dengan bayangin aja?

2Bandung

Sumber : tempatwisatabandung.info

Kini kita beralih ke Kota Kembang Bandung. Ibukota Jawa Barat itu punya sajian mie berwujud Mie Kocok. Ya, warga Jawa Barat utamanya warga Bandung tentu sangat tahu makanan yang satu ini. Mie Kocok Bandung dibuat dengan mie kuning yang disiram dengan kuah kaldu sapi. Selain itu, Mie Kocok Bandung juga selalu ditaburi tauge dan diberi kikil sebagai pelengkap. Mie Kocok sangat tepat berada di Bandung dengan kondisi suhu udara yang sejuk. Menyantap Mie Kocok lebih enak jika disantap saat sedang hangat. Sangat mudah menemukan sajian Mie Kocok di Kota Bandung. Tak hanya dijajakan di pinggir-pinggir jalan, Mie Kocok juga sudah keluar masuk kampung. Buat kalian yang mungkin belum pernah mencoba mie satu ini, wajib hukumnya untuk nyobain mie khas Bandung ini.

3Makassar

Sumber : bennyrhamdani.com

Bukan hanya Coto makanan khas dari Makassar. Ada juga Mie Titi yang dapat kamu coba ketika berkunjung ke kota yang dulunya bernama Ujung Pandang tersebut. Mie yang satu ini agak sedikit berbeda dengan mie-mie pada umumnya. Jika mie biasaya bertekstur kenyal, maka tidak dapat kita rasakan di Mie Titi Makasar ini. Sebab, Mie Titi Makassar ini digoreng hingga sangat kering dan crispy. Nah, mie yang kering tadi disiram dengan dengan kuah panas dan kemudian ditambahkan sayuran, ayam, baso dan beberapa toping lain sebagai pelengkap. Hmmm semacam lezat ya.

4Wonosobo

Sumber : putrinyanormal.com

Kini kita pindah ke daerah di Jawa Tengah. Disana kita dapat menemukan Mie Ongklok. Mie yang jadi sajian khas dari daerah Wonosobo. Pamor mie ini kian lama kian meningkat seiring dengan semakin terkenalnya Dataran Tinggi Dieng. Mie yang digunakan adalah mie kuning biasa yang diberi kuah dari tepung kanji. Sebagai pelengkap biasanya, pedagang juga akan menawarkan sate ayam yang berbumbu kacang. Perpaduan rasa dari Mie Ongklok ini sungguh-sungguh dapat menggoyang lidah. Buat kalian yang merasa menjadi warga Wonosobo patut berbangga akan kenikmatan Mie Ongklok yang luar biasa tersebut.

5Malang

Sumber : resepseharihari.com

Tak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya, Malang juga memiliki mie khas yang sangat terkenal. Siapa yang tak tahu dengan Cwie Mie Malang? Mie yang satu ini sangat legendaris bagi pecinta kuliner jika berkunjung ke daerah Malang, Jawa Timur. Mie ini yang masih ada pengaruh dari Tiongkok ini, memiliki tekstur yang kenyal dan lembut. Cwie Mie ini diolah dengan memadukan antara mie kuning yang kenya dengan ayam fillet yang di cincang yang gurih dan lezat. Kuah dan krupuk pangsit yang terpisah membuat pecinta kuliner bisa mengukur seberapa banyak mereka akan menuangkan kuah ketika menikmati Cwie Mie. Sedikit memang agak mirip dengan mie pangsit, tetapi Cwie Mie punya rasa yang lebih gurih daripada mie pangsit. Selain itu, juga terdapat beberapa perbedaan pada bahan yang digunakan. Jadi, buat kalian yang menjadikan Malang sebagai destinasi wisata, jangan lupa mencoba Cwie Mie khas Malang ini. Dijamin nagih!

6Cirebon

Sumber : cirebonsae.com

Namanya memang mirip dengan mie yang terdapat di Bandung. Tapi soal tampilan dan rasa jelas jauh berbeda. Mie Koclok Cirebon adalah mie yang disiram dengan kuah yang terbuat dari tepung maizena. Kuahnya ini berwarna putih dan begitu kental. Mie Koclok Cirebon selalu disantap dengan ayam suwir, tauge, daun bawang dan tentunya telur rebus. Sungguh sebuah perpaduan citarasa yang akan membuat banyak orang ketagihan.

7Toba

Sumber : masakanpraktisrumahan.com

Kini kita kembali ke Pulau Sumatera. Ada Mie Gomak disana. Mie khas dari daerah Toba kebanggaan orang Batak. Yakin deh, hanya dengan melihat tampilannya saja, kamu akan dibuat ngiler dan ingin segera menyantapnya. Dinamai Gomak karena dahulu orang-orang mencampurkan mie dan bumbu dengan menggunakan tangan (gomak). Hal itu dilakukan agar bumbu merata. Ada tiga varian rasa dari mie yang satu ini yaitu Mie Gomak goreng, kuah santan dan bumbu kacang. Mie Gomak ini diolah dengan menggunakan bumbu andaliman, itulah yang menurut beberapa orang menjadi rahasia kenimatan Mie Gomak.

Itulah tadi sekilas ulasan tentang mie yang sungguh-sungguh wow untuk para penikmatnya. Wow rasanya, wow kelezatannya!

 

(Sumber Gambar Utama : craftsy.com)

(Editor : AprianingDwi)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here