UblikInfused Water Ala Rasulullah. Kalian pasti sudah pernah mendengar mengenai minuman yang disebut infused water. Infused water atau air yang berisi rendaman buah dan sayur ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Cara pembuatan dan konsumsinya juga sangat mudah. Kalian cukup merendam beberapa potong buah dan sayuran ke dalam 1 liter air dan simpan dalam wadah tertutup selama semalaman. Minuman ini dapat diminum selama dua hari bila disimpan dalam kulkas karena cara ini merupakan pengawet alamiah.

Sebelum kita mengenal infused water sekarang ini, ternyata sejak jaman Rasulullah SAW beliau sudah sering membuatnya. Bagaimana manfaat dan resep mudah ala Rasulullah SAW membuat infused water? Mari kita cek!

Rendam Kurma Dalam Bilangan Ganjil

infused water
Kurma salah satu makanan bergizi saat berbuka, Sumber Cookdiary.net

Kurma adalah buah yang kaya manfaat dibanding dengan buah lainnya, dan tahukah kamu kalau kurma adalah buah yang sangat ditakuti oleh Setan? Rasulullah SAW biasa merendam kurma sebanyak 3 atau 7 butir kedalam air dalam bejana tertutup. Tidak ada ukuran yang tepat dalam hal ini, jadi boleh sesuai selera namun bilangan kurma tetap ganjil. Kalau mau airnya lebih terasa, kurmanya rendam yang banyak sekitar 9 atau 11, tapi bila tidak juga boleh hanya 3 atau 7 butir. Ingat! Sebelum direndam, harap buah dan sayuran dicuci bersih terlebih dahulu ya, takut ada pestisida atau mungkin lilin pengawet yang masih terdapat di kulitnya. Kan mau sehat, masa memasukkan racun ke tubuh kita? Hehehe.

Jaman Rasulullah Infused Water Disebut Air Nabeez

Air Nabeez ini merupakan kegemaran Rasulullah SAW. Dalam hadis disebutkan “Dari Aisyah RA, dia berkata: Kami biasa membuat perasan untuk Rasulullah di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hari” (HR. Muslim)

Air Nabeez merupakan minuman  yang mengandung alkali yang ampuh membantu mengusir kelebihan asam di perut dan juga bisa memperbaiki sistem pencernaan tubuh. Juga membantu tubuh untuk mendetoxifikasi dengan menyingkirkan toksin yang berbahaya di dalam tubuh.

Baik Untuk Pencernaan

Kurma sendiri bila dimakan langsung sangat berkhasiat apalagi ditambah dengan setelah di rendam lama dalam air. Sari kurmanya akan lebih keluar dan kurma menjadi lunak. Kurma yang telah di rendam pun bisa dimakan juga tidak hanya airnya saja yang diminum. Rasulullah SAW biasa meminumnya ketika bangun tidur. Karena salah satu manfaat kurma adalah melancarkan pencernaan. Kurma kaya akan serat yang mudah larut, sehingga dapat melancarkan dan membersihkan pencernaan kita.

Baik Untuk Penderita Anemia

Di bulan puasa kadang kita merasa lemas karena kurangnya asupan gizi dalam darah. Dengan menambah menu infused water kurma saat sahur dan berbuka, tekanan darah kita dapat kembali normal karena kurma bermanfaat untuk mencegah anemia. Kandungan zat besi dan kalsium dalam kurma berperan sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu kandungan asam askorbatnya sangat baik untuk menjaga ketersediaan zat besi dalam tubuh sehingga proses produksi hemoglobin dapat berlangsung dengan baik.

Sumber Energi

Kurma tidak hanya sebagai sumber serat namun juga sumber energi yang efektif. Konsumsi kurma sebanyak 100 gram sudah cukup memenuhi kebutuhan energi harian kita 12 sampai 1 persen. Kalau kalian mengkonsumsi kurma dalam bentuk kering, kandungan antioksidannya akan berkurang, itu lah sebabnya Rasulullah kadang membuat infused water kurma dan meminumnya sebelum beraktifitas agar mendapat asupan energi lebih secara cepat.

Itulah resep mudah ala Rasulullah SAW dalam membuat infused water dan manfaat meminumnya apalagi saat bulan puasa seperti sekarang. Apa yang Rasulullah SAW sunnahkan ternyata banyak manfaatnya untuk kebaikan kita dalam hidup. Terimakasih dan semoga bermanfaat!

(Sumber Gambar Utama : fitnessmusthave.com)

(Editor: Ridho Nur Wahyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here