Ublik Pulau Terindah di Asia. Indonesia di anugerahi Tuhan dengan pemandangan alam nan elok. Hal itu tak terlepas dari status Indonesia sebagai Negara Kepulauan. Gugusan-gugusan pulau yang membentang dari Sabang sampai ke Merauke seakan memiliki cerita keindaannya masing-masing. Dari mulai rimbun nan hijaunya pepohonan sampai biru tenangnya air laut, semua seakan meyakinkan jika keindahan Indonesia patut disyukuri

Diantara banyak tempat indah di Indoensia, ada satu tempat yang keindahanya cukup membanggakan. Anambas, sebuah pulau kabupaten di Provinsi Riau yang didaulat menjadi pulau tropis terindah se Benua Kuning! Sebetulnya apa yang membuat Anambas ini begitu memukau sehingga menjadikanya yang terbaik diantara pulau tropis lain di Asia?

Pulau Anambas ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Dari satu tempat ini, kita dapat menjumpai berbagai lokasi wisata alam yang elok dan selalu bikin betah. Air laut nan jernih dan pasir putih adalah jaminan betapa Anambas akan selalu diminati pelancong. Anambas sendiri memiliki banyak sekali pulau. Tercatat ada 238 pulau dan hanya 26 pulau yang berpenghuni. Siantan adalah pulau utama di kepulauan ini sekaligus menjadi tempat ibukota Kabupaten yang diberi nama Tarempa. Masyarakat Anambas pasti mengenal Sianta . Ya, ini lah pulau utama di Anambas. Sebuah pulau yang ukurannya cukup besar daripada pulau-pulau lain yang bertaburan disini.

Walau disebut ibukota Kabupaten, Wilayah Tarempa ini punya keindahan yang menggumkan, Tempat ini dikelilingi oleh pasir putih yang bersih. Dari jauh, rimbunan pepohonan juga turut menghiasi pulau dengan jumlah populasi masyarakat terbanyak di Anambas ini. Akan tetapi, meski berstatus ibukota kabupaten, ditempat ini kita akan sangat kesulitan untuk menggapai sinyal ponsel. Jika sudah malam hari, sinyal ponsel tak akan terasa disini dan tentunya juga dipulau-pulau lain

Untuk menuju ke Tarempa, kita mesti menaiki kapal Feri dari Tanjung Pinang, kira-kira jarak dari Tanjung Pinang ke Tarempa ini sekitar 10 Jam. Cukup lama ya? tenang, kapal Feri untuk menyebrang disini cukup nyaman untuk ditumpangi

Laguna Pulau Bawah Surga Favorit Anambas

pulau terindah di Asia
Laguna di Anambas. Sumber: halamankepri.blogspot.com

Tapi, sebetulnya bukan Terampa destinasi paling favorit di Anambas. Melainkan pulau Bawah. Sebuah pualau yang benar-benar menjanjikan pengalaman berwisata yang tidak akan terlupakan oleh siapapun.  Pulau ini masih masuk kedalam kepulauan Bawah. Salah satu yang menjadi daya tarik dari Pulau Bawah adalah sebuah laguna yang dikenal sampai mancanegara. Bahkan, turis mancanegara sampai berujar jika Laguna Pulau Bawah setara dengan pemandangan Laguna di Bora-Bora Tahiti. Bukan hanya indah di atas permukaan lautnya saja, keindahan Pulau Bawah di Anambas ini juga terletak di dasar lautnya, dimana jika kita menyelam, kita akan menemui batu-batu karang yang cantik dengan ikan-ikan yang berwarna warni. Selain itu, pulau ini dipilih sbegai destinasi andalan karena tempatnya yang jauh terpencil dan cukup tenang untuk dijadikan tempat wisata. Dari Terempa, butuh waktu sekitar 4 jam jika pakai speedboat.

Pilihan Editor :

 

Selain pulau bawah. Ada juga pulau Penjalin. Pulau ini jadi salah satu pulau terluar indonesia sekaligus berbatasan langsung dengan Vietnam, Malaysia dan juga Singapura. Kerennya pemandangan dipulau ini juga tak kalah dari pulau bawah. Di pulau ini terdapat pantai Tanjung Momong. Pantai ini di gadang-gadang sebagai pantai terindah  diseantero Anambas. Pantai ini akan semakin indah jika waktu sore tiba. Dimana pemandangan Sunsetnya begitu luar biasa. Butuh waktu 1,5 jam menuju pantai ini dengan menggunakan pompong (perahu bermotor) untuk dapat sampai ke pulau yang punya pasir putih bersih dan laut biru jernih ini.

Tak Hanya Pantai Ada Juga Air Terjun

pulau terindah di asia
Air Terjun Temburun. Sumber: gotravelly.com

Bukan hanya pulau-pulau cantik saja yang tersedia disini. Anambas juga menyimpan wisata alam lain yang tak kalah cantik. Tempat itu adalah Air Terjun Temburun. Air terjun ini berada di Pulau Durai. Air Terjun ini tak seperti air terjun biasa. Sebab, air terjun ini memikiki tujuh tingkat. Dan apabila kamu daki air terjun ini hingga paling puncak. Maka, kamu akan mendapat imbalan sebuah panorama laguna indah yang dapat terlihat dari puncak air terjun.

Dari segala keindahan dan potensi wisata alam di Anambas, tak salah bukan jika Anambas pantas disebut sebagai kepualaun tropis paling Indah di Asia?

1 KOMENTAR

  1. Indonesia memang punya berjuta lokasi yang belum di eksplor, namun yang perlu dipehatikan bagi para traveler adalah rasa tanggung jawab menjaga kecantikan wisata yang dikunjungi. Good Job Ublik !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here