UblikMakanan Sehat Bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan tahun 1438 Hijriah akhirnya benar-benar tiba. Menteri Agama Likman Hakim, Sore tanggal 26 Mei lalu mengetok palu dan mengesahkan jika Ramadhan tahun ini dimulai pada hari Sabtu 27 Mei 2017. Umat Islam pun bersuka cita menyambut bulan yang penuh keberkahan ini. Tarawih, Tadarus Al Qur’an dan puasa 30 Hari siap dijalani

Tapi, terkadang puasa membuat banyak orang merasa lemas dalam beraktivitas. Sebetulnya puasa sendiri adalah salah satu cara untuk menyehatkan tubuh. Nah, kondisi lemas biasanya disebaban oleh beberapa faktor. Bisa jadi, salah satunya adalah kamu tidak menyantap makanan yang kaya akan gizi dan dapat membuat daya tahan tubuhmu tetap prima selama berpuasa. Karena itu, Ublik coba menuliskan makanan apa saja yang cocok dikonsumsi saat sahur dan berbuka agar kondisi tubuh lemas bisa segera pergi dari tubuhmu.

Makanan Sehat Bulan Ramadhan

1Konsumsilah Kurma

Kurma salah satu makanan bergizi saat berbuka, Sumber Cookdiary.net

Kurma, bisa dibilang buah yang satu ini hanya akan dapat kita lihat saat ramadhan tiba saja. Bahkan banyak yang menyebut jika buah ini adalah buah Ramadhan. Padahal Kurma dapat tumbuh sepanjang tahun. Hanya saja, orang Indonesia memang jarang mengonsumsi kurma di hari hari diluar Ramadhan. Karena itulah kurma sangat identik dengan Ramadhan. Selain identik, kurma juga sebetulnya dapat membuat kamu terhindar dari lemas loh. Kandungan kalori yang cukup tinggi dalam buah padang pasir itu dapat membuat kamu jadi jauh lebih tahan dalam berpuasa. Selain itu, Rasullulah pun memang menyarankan agar kita mengonsumsi kurma terutama ketika berbuka. Dengan begitu, selain bermanfaat bagi kesehatan, mengonsumsi kurma juga menambah nilai ibadah kita.

2Konsumsi Juga Madu

Khasiat madu untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa, Sumber: bioplanetshop

Madu, sampai saat ini masih banyak orang yang mendebatkan apakah madu adalah sebuah makanan atau lebih cocok disebut minuman. Akan tetapi, diluar perdebatan itu. Mengonsumsi madu sangat baik untuk kesehatan. Panganan yang berasal dari kerja keras para lebah ini mengandung begitu banyak manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Sama seperti kurma, madu juga memiliki kadar kalori yang tinggi, Kalori dalam madu sedikit banyak dapat membantu kamu terhindar dari lemas saat berpuasa. Selain itu, sudah bukan rahasia umum lagi jika panganan tertua didunia ini memang punya seabrek khasiat dan dipercaya dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Karena itulah coba konsumsi madu dua sampai tiga sendok setelah santap sahur. Takaran ini dinilai cukup untuk menjaga tubuh kamu untuk tetap kuat menjalani puasa. Jadi jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat bulan Ramadhan yang satu ini.

3Makanlah Masakan Daging Sapi Rendah Lemak

Daging sapi, Sumber: resepmasakankue.com

Kecuali vegetarian bisa dipastikan semua orang menyukai daging, apalagi daging sapi. Makanan ini nampaknya akan tetap terasa enak mesti dimasak dengan berbagai macam cara dan bumbu yang berbeda. Rendang, dendeng sampai steak semua memiliki cita rasa yang akan sealalu memanjakan lidah kita. Tapi, mengonsumsi daging sapi juga ternyata dapat membuat kita lebih bisa mengusir lemas saat puasa. Terutama mengonsumsi daging sapi yang rendah lemak. Hal ini dikarenakan protein yang tinggi dan lemak yang minim bisa menjadi topangan tubuhmu selama menjalani puasa. Jadi, cobalah konsumsi daging sapi rendah lemak saat sahur. Kenikmatan daging sapi benar benar akan sangat berguna bagi puasamu.

4Minum Juga Sari Kacang Hijau

Sari kacang ijo bisa jadi solusi sahur di waktu mepet, Sumber: reps-id.com

Sari kacang hijau, barangkali terdengar sangat sepele dan terasa tidak begitu berpengaruh pada daya tahan tubuh kita saat puasa. Tapi, tunggu dulu, mengonsumsi ataupun meminum sari kacang hijau juga dapat membuat kondisi tubuhmu lebih prima. Protein yang terkandung banyak dari sari kacang hijau cukup dapat membantumu menahan lapar dan dahaga saat puasa. Konsumsilah minuman ini saat sahur. Lebih dari itu, ketika bangun sahur dan kamu menyadari jika waktu imsak sudah dekat dan tak memungkinkan kamu untuk makan ataupun minum lagi, langsung saja teguk sari kacang hijau. Dijamin, sari kacang hijau ini sudah cukup untuk pengganti makan dan minum sahur kamu. Jadi sari kacang hijau pas banget kan jadi makanan sehat bulan Ramadhan kamu. Eits, tapi tetap ya jangan karena sari kacang hijau sudah cukup untuk pengganti makan sahur, kamu jadi sengaja bangun dekat imsak dan sengaja tidak makan. Hal ini tidak dianjurkan dan lagipula akan jauh lebih baik jika mengonsumsi makanan saat sahur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here