pltp sarulla pembangkit listrik energi panas bumi terbesar di dunia
Gambar: PLTP Sarulla (Sumber: sarullaoperations.com)

Mengingat besarnya potensi pembangkit listrik energi panas bumi di Indonesia, yaitu 11 Giga Watt (GW), energi panas bumi merupakan salah satu prioritas dalam pembangunan nasional di bidang energi. Selain 11 Giga Watt sumber daya itu, masih ada pula 17,5 Giga Watt cadangan yang ada di tanah air. Adapun cadangan energi panas bumi itu sebagian besar terletak di wilayah barat Indonesia, khususnya di Pulau Sumatera.

Kali ini ublik akan membahas tentang Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) besar yang terletak di Sarulla, Kecamatan Pahae Jae, Kabupaten Tapanulli Utara, Provinsi Sumatera Utara. PLTP Sarulla memiliki 3 unit yang masing-masing menghasilkan energi 110 Mega Watt. PLTP ini mulai beroperasi akhir tahun 2017 untuk unit 1 dan kuartal pertama 2018 untuk kedua unit lainnya. PLTP Sarulla yang mampu menghasilkan 330 Mega Watt (MW) listrik itu tidak hanya menjadi yang pertama dan terbesar di Indonesia, tapi juga yang terbesar di dunia.

Pilihan Editor :

 

Proyek Telah Dimulai Sejak Tahun 1993

pembangkit listrik energi panas bumi PLTP sarulla
Gambar: PLTP Sarulla (Sumber: sarullaoperations.com )

Untuk membangun PLTP Sarulla ini diperlukan waktu yang cukup lama, yaitu lebih dari 20 tahun. Bahkan, proyek ini telah dimulai sejak tahun 1993 tapi sempat terhenti karena faktor krisis ekonomi di Asia dan sejumlah permasalahan pada perusahaan pengembang. Selain itu, karena keadaan infrastruktur di wilayah terpencil yang kurang memadai , biaya tinggi, dan proses perizinan yang panjang, serta perlawanan masyarakat lokal juga menjadi tantangan tersendiri bagi pengembangan PLTP Sarulla.

Saat ini, proyek Sarulla dikelola oleh Sarulla Operation Limited yang juga merupakan konsorsium perusahaan nasional dan asing seperti Medco Power Indonesia, Itochu Corporation, Kyushu Electric Power Company, dan Ormat International. Menurut Sinichi Aburaya, Chief Executive Sarulla Operation Ltd, masalah biaya menjadi salah satu tantangan dalam mengembangkan proyek ini, karena PLTP cenderung lebih mahal daripada pembangkit listrik lainnya. Biaya proyek Sarulla sekitar 1,6 milyar US$ dan dijual 7 sen US$ per kWh. Itu merupakan harga jual terbaik di industri pengembang pembangkit listrik swasta.

Sekilas tentang Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

pltp sarulla pembangkit listrik energi panas bumi terbesar di dunia
Gambar: PLTP Sarulla (Sumber: sarullaoperations.com)

PLTP Sarulla menggunakan teknologi siklus kombinasi yang dapat menghasilkan energi listrik dari uap air dan air panas sekaligus. Di Sarulla ini yang keluar dari tanah adalah 75% air panas dan 25% uap. Menurut William Lajousky, Chief Operating Sarulla Operation Ltd, bagian di bukit di sekitarnya merupakan sistem yang digunakan untuk memisahkan uap dan air panas. Uap akan disalurkan ke turbin uap dan akan dikeluarkan. Dari sisa uap yang keluar dari turbin tersebut juga masih bisa diperoleh listrik tambahan, sedangkan air panas juga akan digunakan untuk menggerakkan turbin yang lain dan menghasilkan energi listrik. Teknologi ini telah dipakai oleh Amerika dan Filipina. Yang pasti, teknologi yang bisa menghasilkan lebih banyak energi dari aliran massa total ini bisa dikatakan mahal. Tapi harga mahal itu sebanding dengan hasilnya, yaitu dengan total kapasitas bersih 330 Mega Watt (MW) yang cukup untuk menyediakan listrik pada 330.000 rumah untuk periode 30 tahun.

Manfaat PLTP Sarulla bagi Kehidupan Masyarakat Indonesia

Prosentase rumah tangga Indonesia yang terhubung dengan jaringan listrik dikenal dengan Rasio Kelistrikan Indonesia, dan nilainya adalah sekitar 80,38% pada akhir 2013. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa masih ada sekitar 50 juta penduduk Indonesia yang belum memiliki akses listrik. Padahal Sekitar 40% cadangan energi panas bumi dunia terletak di bawah tanah Indonesia, maka di tanah air ini diperkirakan memiliki cadangan energi panas bumi terbesar di dunia. Energi panas bumi menjadi harapan baru selain batu bara dan minyak mentah yang selama ini menjadi bahan bakar pembangkit-pembangkit listrik. Mengingat potensi yang ada di Sarulla, diharapkan bahwa PLTP itu menjadi harapan baru bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia.

(Gambar Utama: sarullaoperations.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here