Hallo Ublikers, coba ingat-ingat kapan terakhir kamu berlibur?  Kapanpun itu, sepertinya kita sama-sama tahu kalau semua orang butuh liburan. Di saat yang sama, banyak alasan yang membuat orang enggan berlibur, misalnya karena rutinitas kerja, kondisi keuangan, sampai urusan penting-gak-penting yang satu ini: ‘bukan soal pergi ke mana, tapi pergi bersama siapa?’ 

Baiklah, yang jelas kita juga punya ‘kehidupan’ selain di kantor, kampus, sekolah, atau apapun kesibukan kita sehari-hari. Meskipun sepele kelihatannya, piknik menjadi momen penting untuk peningkatan kualitas diri. Bagaimana bisa? Jadi begini, aktivitas kita sehari-hari juga butuh jeda. Tidak usah lama-lama, sehari saja cukup. Nah, dengan memberi jeda di antara aktivitas itu, tentunya kita akan bisa me-refresh pikiran. Apalagi, saat kondisi jiwa sedang rileks, ide-ide segar tentang pekerjaan atau tentang apapun bisa muncul. Saat kembali ke aktivitas sehari-hari (untuk tidak menyebutnya rutinitas), kita bisa langsung mengeksekusi ide-ide itu segera. Dengan begitu, jeda sebentar dari aktivitas justru bisa membuat kita lebih fokus.

Pilihan Editor:

 

Oh iya, kamu suka liburan ke mana? Gunung, pantai, tempat bersejarah, tempat outbond yang menantang, atau yang lain? Kali ini Ublik punya rekomendasi tempat wisata yang menawarkan pesona yang luar biasa. Apalagi kalau tempat tinggalmu di Semarang dan sekitarnya, tempat ini sangat recommended untuk melepas lelah. Namanya Umbul Sidomukti. Alamatnya di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Ada Apa Saja di Umbul Sidomukti?

Di antara banyak tempat wisata di Jawa Tengah, ditambah dengan fakta tentang udara panas kota Semarang, Umbul Sidomukti yang sangat sejuk itu menjadi pilihan tepat untuk liburan. Ada apa saja di sana? Di Umbul Sidomukti, ada beragam fasilitas yang dapat kamu nikmati, seperti Paket Outbond Team Work Game, River Up Trekking,dan Adrenalin GamesCamping Ground, Taman Renang Alam, Pondok Lesehan, Pondok Kopi, juga Meeting Room.

Kolam Renang ‘di Atas Awan’ (Sumber: Ublik.id/Restia)

Berenang di Atas Awan

Karena kolam renang Umbul Sidomukti terletak di lereng gunung Ungaran dengan ketinggian 1200 dpl, jadi ketika berenang di sini, rasanya seperti berenang di atas awan. Uniknya, dinding kolam tidak terbuat dari bahan keramik atau tembok seperti kolam renang biasanya. Dinding kolam renang di Umbul Sidomukti berbentuk lonjong dengan berbagai ukuran dan kedalaman. Kolam renang yang posisinya dibuat bertingkat-tingkat ini dibuat dari tumpukan batu-batu yang masih tampak alamiah.

Piknik ke Umbul Sidomukti Semarang, Serasa Berenang di Atas Awan
Arena Outbond (Sumber: Ublik.id/Restia)

Paket Outbond Umbul Sidomukti

Tidak jauh dari kolam renang, di sana terdapat lintasan flying fox dengan dua pilihan track, marine bridge di lembah, rapeling menuruni lembah sisi kolam. Flying fox dengan panjang lintasan 110 meter, dengan jarak ketinggian dari titik terendah lembah sekitar 70 meter ini cukup menguji nyali, apalagi yang baru pertama kali. Flying fox ini memang menyeberangi lembah, seakan-akan ia berpindah dari lereng bukit satu ke bukit di seberangnya dengan bergantung pada dua utas tali dan pengaman. Sampai tulisan ini dibuat, Harga Paket per pax paket outbond Umbul Sidomukti adalah Rp. 355.000 untuk 50 orang, Rp. 390.000 untuk 40 orang, dan Rp. 450.000 untuk 30 orang. Sekali terbang, dengan duras di udara mulai 15 menit sampai 30 menit. Pengunjung bisa ‘terbang’ dari ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, setelah itu turun di lapangan sepak bola Desa Sidomukti dan kembali ke lokasi awal dengan fasilitas kendaraan pengelola objek wisata ini.

Tempat Ngopi Anti-Mainstream

Selain kolam renang dan outbond, ada satu lagi yang ngehits di Umbul Sidomukti, yaitu Pondok Kopi. Ngopi di coffeeshop langganan di dekat tempat kerja itu biasa. Tapi kalau tempat ngopi yang seperti ini, bagaimana menurutmu? Kafe Pondok Kopi sendiri cukup populer di media sosial karena pemandangannya yang sangat bagus. Kafe Pondok Kopi yang terletak satu area dengan Villa Pondok Kopi ini cocok buat pecinta fotografi. Jadi, wajar kalau yang menjadi destinasi terfavorit wisatawan di tempat ini adalah pondok kopinya. Kalau ingin menginap di sini, kamu bisa memilih villa yang disediakan pengelolanya, misalnya; Pondok Wisata, Vila Pondok Kopi, dan Home Stay Pinus. Apalagi yang unik? Pemandangan malamnya. Lampu-lampu penduduk kota terlihat dari atas bukit. Keindahannya susah diungkapkan dengan kata-kata. Kalau ke sini, bawa kamera yang bagus ya.

Piknik ke Umbul Sidomukti Semarang, Serasa Berenang di Atas Awan
Pondok Kopi Umbul Sidomukti (Sumber: kitamuda.id)
Piknik ke Umbul Sidomukti Semarang, Serasa Berenang di Atas Awan
Villa Pondok Kopi (Sumber: Ublik.id/Restia)

Bagaimana Cara Menju ke Umbul Sidomukti?

Kalau kamu berangkat dari Semarang, lewatlah jalan menuju kantor Samsat Ungaran. Begitu melewati Samsat Ungaran, masuk ke gapura kampung Sambang di sebelah kanan (jalur alternatif menuju Jimbaran). Jalan terus sampai ke Pasar Jimbaran, lalu belok kiri ke arah Bandungan. Di sana ada gangg yang merupakan rute ke arah basecamp pendakian Gunung Ungaran. Di sana kamu bisa menemukan papan petunjuk ke daerah wisata Umbul Sidomukti. Ikuti saja petunjuk tersebut. Satu lagi, kalau baru pertama ke sana, sebaiknya jangan sungkan buat bertanya ke penduduk setempat agar selamat sampai tujuan.

Untuk yang berangkat dari arah selatan seperti Solo, Magelang, atau Salatiga, bisa memulai perjalanan hingga ke terminal Bawen setelah itu belok kiri ke arah Pasar Ambarawa, kemudian ambil kanan menuju Bandungan. Jalan terus sampai Pasar Jimbaran. Setelah sampai di Pasar Jimbaran, belok kiri ke arah Umbul Sidomukti. Ikuti petunjuk arah sampai ke lokasi yang dituju, tepatnya Pondok Kopi Sidomukti.

Terkait harga tiket masuk, wisata Umbul Sidomukti terbilang sangat terjangkau. Cukup membayar Rp10.000 saja. Sementara itu, untuk biaya parkir, sepeda motor dikenakan biaya Rp2.000 dan untuk mobil Rp5.000. Bagaimana dengan jam operasionalnya? Umbul Sidomukti buka setiap hari, yaitu hari Senin-Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB sedangkan untuk akhir pekan (Sabtu-Minggu) pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Jadi, kapan kamu mau ke Umbul Sidomukti? Pastikan kalau ke sana dengan kendaraan pribadi, tetap berhati-hatilah karena jalannya yang menanjak cukup ekstrim. Jadi, utamakan keselamatan ya.

 

(Sumber Gambar Utama: Ublik.id/Restia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here