Ublik.id – Laptop lemot atau melambat merupakan salah satu masalah yang cukup memusingkan bagi penggunanya. Terlebih lagi bagi mereka yang banyak melakukan aktivitas dengan menggunakan perangkat ini.

Menggunakan perangkat laptop sebagai salah satu alat untuk menunjang segala aktivitas memang merupakan pilihan yang tepat. Desainnya yang compact dan praktis menjadikan laptop lebih mudah dibawa kemanapun pengguna pergi. Perangkat laptop menjadi sahabat baik yang selalu kamu ajak berpergian kemana pun kamu pergi. Namun apa yang harus kamu lakukan ketika sahabat terbaikmu ini mengalami penurunan dalam performanya seperti terasa lambat ketika digunakan bekerja atau bahkan sering mati secara tiba – tiba?

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Begi para pengguna laptop yang masih awam mungkin penurunan performa laptop seperti ini bisa menjadi masalah yang cukup merepotkan dan bukan hal yang mudah untuk dihadapi dan diatasi. Untuk itu kali ini kita akan memberikan informasi mengenai penyebab laptop lemot dan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Apa saja ? dan bagaimana ? simak ulasan berikut.

 cara mengatasi laptop lemot

Melemahnya Hard Drive

Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah mengetahui jenis Hard Drive yang digunakan oleh laptop yang kamu miliki. Bila masih menggunakan hard drive konvensional yaitu Hard Disk Drive atau HDD maka sangat disarankan untuk segera menggantinya dengan jenis hard drive SDD atau Solid State Drive yang lebih awet dan memiliki kemampuan lebih cepat dibandingkan dengan HDD.

 
Pilihan Editor :

Program Dan Data Menumpuk

Semakin banyak software dan sata yang tersimpan di dalam hard drive laptop maka akan meningkatkan beban kerja hard drive ketika mencari dan membaca data yang kamu butuhkan. Hal ini pula dapat menjadi salah satu alasan mengapa performa laptop yang kamu gunakan menjadi semakin melambat dari waktu ke waktu.

Kamu bisa mengatasinya dengan mengganti jenis hard drive seperti pada masalah pertama atau dengan rutin menghapus dan merapikan file serta menghapus program dan software yang sudah tidak lagi memiliki fungsi atau tidak lagi digunakan di laptop.

 Banyak Multi Tasking

Hal ini biasanya tidak banyak disadari oleh para pengguna laptop. Melakukan aktivitas multitasking seperti membuka browser dengan puluhan tab atau membuka beberapa program berat pada saat bersamaan. Coba kamu buka menu task manager dan lihat tab processes. Dari sini kamu bisa melihat daftar program yang sedang kamu jalankan dan berapa RAM yang sudah atau sedang terpakai.

Solusi yang paling ampuh untuk mengatasi hal seperti ini dengan cara “tau diri”. Buka program secara bergantian hanya saat kamu membutuhkannya.

 Kapasiatas RAM Menipis

Besarnya jumlah data yang dijalankan pada setiap melakukan aktifitas multitasking, banyaknya program yang terinstal, hingga efek panas pada laptop yang sihasilkan pada saat digunakan semakin lama akan membuat beban kerja RAM semaki bertambah.

Solusi yang paling bijak untuk mengatasi masalah ini ialah dengan mengganti atau menambah kapasita RAM laptop. Pastikan untuk memilih RAM yang berkualitas dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

 Update Otomatis

Sistem operasi pada laptop menawarkan beragam fitur baru yang cukup canggih dalam meningkatkan kinerja dan keamanan laptop. Untuk itu sangat disarankan untuk selalu melakukan update terbaru pada beberapa fitur. Namun sayangnya fitur windows update ini cenderung berjalan di latar belakang sehingga dapat menyebabkan laptop lemot pada saat dibutuhkan selain itu daya baterai juga cepat terkuras habis.

Cara mengatasinya kamu bisa atur jam aktif kapan windows update berjalan, dengan begitu tidak akan mengganggu kamu pada saat kamu sedang mengerjakan pekerjaan di laptop. Langkahnya cukup mudah kamu hanya perlu masuk ke menu seting kemudian pilih menu windows update kamu bisa menyesuaikan jam aktif windows update dengan mudah.

Nah, itulah beberapa penyebab performa laptop lemot serta cara mengatasi laptop lemot. Selain penyebab yang disebutkan diatas perawatan laptop juga bisa turut mempengaruhi kinerja pada laptop. Maka jagalah laptop kesayanganmu dengan baik agar dia tetap awet dan selalu ada di sisimu setiap saat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here