UblikTips liburan hemat. Liburan. Siapa sih yang ga mau liburan. Pergi dari kesibukan sehari-hari untuk menghanyutkan diri dalam bingkai jalan-jalan. Semua orang butuh liburan. Bisa dibilang liburan itu adalah kebutuhan primer manusia. Sebuah asupan yang mesti di cukupi oleh setiap manusia yang bernyawa.

Hanya saja banyak orang lebih menganggap jika liburan sekedar selingan dari hari-hari penuh kerumitan. Padahal sebetulnya liburan itu punya banyak manfaat. Selain menyegarkan pikiran, kita akan dapat belajar tentang hal-hal baru di tempat dimana kita berlibur. Melihat ragam budaya, tradisi dan makna dari tiap kearifan lokal. Begitulah liburan. Tetapi, banyak orang yang mesti berpikir dua sampai tiga kali untuk liburan karena kondisi dompet yang tak memungkinkan.

Memang, yang namanya pergi jalan-jalan ya mesti punya pegangan uang yang cukup. pengeluaran-pengeluaran pasti ada, dan bisa jadi banyak. Jadi, kamu mesti tahu bagaimana supaya dapat liburan yang tenang, asik dan berkesan tapi tak mengeluarkan kocek yang banyak. Simak tips liburan hemat berikut ini:

Jangan Liburan Akhir Pekan

camping di ranca upas
Sunrise di Ranca Upas. Sumber: Ridho Nur Wahyu

Kalau kamu mau liburan dengan pengeluaran yang lebih minim. Jangan pilih berlibur di akhir pekan. Sebab sudah pasti harga-harga entah itu penginapan, transportasi bahkan makananpun akan jadi lebih mahal dari hari-hari biasanya. Tapi, kan hari biasa harus kerja? ya ajukan cutilah barang dua hari saja.  Jangan terus-terusan kerja. Liburan juga perlu, untuk menyegarkan pikiranmu. Jangan sampe kamu kena sakit pinggang menahun cuman karena kebanyakan kerja tapi kurang piknik.

Jadi sekali-kali ajukan cuti khusus yang kamu pakai benar-benar untuk liburan. Kamu mesti tahu jangan ajukan cuti dekat-dekat akhir pekan. Mungkin maksudmu sih biar liburanya bisa lama. Tapi masalahnya banyak juga orang yang beranggapan begitu dengan mengambil cuti dekat akhir pekan. Akhirnya liburanmu jadi ga asik sebab tempat wisata yang kamu kunjungi pasti banyak orang.

Cobalah ambil cuti di hari Rabu atau Kamis. Kamu dapat berangkat hari selasa sore atau malam. maksimalkan hari Rabu dan Kamismu untuk jalan-jalan. Tapi jangan kebablasan, di Kamis sore atau malam kamu mesti pulang sebab jumat kan harus kerja lagi. Gimana? percayalah liburan bukan diakhir pekan itu lebih murah dan lebih tenang.

Jangan Jauh-jauh

Tips Camping Ranca Upas
Sumber: Ridho Nur Wahyu

Emang mau kemana sih jauh-jauh? ga usah jauh-jauh lah. Cukup pergi jalan-jalan ke tempat yang bisa di tempuh pakai mobil atau kereta saja.

Kenapa? pertama kamu ngga punya waktu banyak. Ya kecuali kamu ambil cuti panjang atau ambil cuti setelah long weekend.

Kedua, semakin jauh kamu pergi semakin besar biaya yang mesti kamu keluarkan. Kamu harus tahu sedekat-dekatnya rute pesawat, harga tiketnya tetap mahal. Jadi, alangkah lebih baiknya kamu pergi ketempat yang bisa kamu tempuh dalam waktu maksimal 8 sampai 10 jam saja. Selain irit tenaga, pastinya irit di dompet juga. Cobalah searching-searching tempat bagus di Kota atau Kabupaten yang letaknya maksimal 8 sampai 10 jam dari tempatmu. Pasti ada kok. Indonesia itu indah dan kaya. Pasti dapat destinasi cantik entah itu pemandangan alam, bangunan bersejarah, atau tempat-tempat memukau lainnya.

Bikin RAB

tips liburan hemat
Sumber: sashylittlekitchen.com

Kalau RAB (Rencana Anggaran Biaya) biasaanya identik sama birokrat-birokrat. Kamu juga mesti bikin RAB liburan kamu. Kamu harus menulis detail kebutuhan-kebutuhanmu selama berlibur. Pasang angka maksimal selama liburanmu. Dan patuhilah. Jangan sampai angka pengeluaran liburanmu lebih besar dari angka yang sudah ada di RAB. Karena itulah RAB harus detail dibuat. Dari mulai penginapan, transportasi, biaya makan, biaya tempat wisata dan lain-lain.

Cari yang Murah-Murah Aja

tips liburan hemat
Image: Wisata Kuliner hemat salah satu solusi menekan biaya piknik. Sumber: Ridho Nur Wahyu

Kalau mau liburan menyenangkan dan tak mengeluarkan biaya yang banyak. Ya, cari yang murah-murah aja. Pertama cari penginapan yang murah. Saat ini kan sudah banyak aplikasi yang membandingkan penginapan yang satu dan yang lain. Sudah lengkap dengan harga dan fasilitas yang di dapat. Nah, tinggal disesuaikan saja sama budget kita. Pilih penginapan yang sesuai kocek yang kita punya.

Beli makan juga ngga usah yang mahal-mahal. Namanya juga liburan murah, cukup beli makan di warung pinggir jalan atau kaki lima saja sudah cukup. Jangan membebani diri dengan membeli makan di tempat yang mewah yang bisa jadi rasanya tak jauh beda dengan yang dipinggir jalan.

Kalau naik transportasi umum semisal kereta, cek jadwal keberangkatan yang termurah dan paling pas dengan jadwal kamu. Fasilitas di kereta ngga kalah nyaman kok. Kemudian cari oleh-oleh juga sesuaikan dengan kantong. Pilihlah oleh-oleh yang murah dan khas daerah tersebut.

Nah, itulah sekelumit tips dari kami agar liburanmu dapat terklaksana dan tentunya tidak mengeluarkan biaya ataupun ongkos yang teramat mahal. Semuanya bisa terlaksana asalkan ada kemauan dari kamu untuk berlibur. Ingat, jangan biarkan otak kamu beku terlalu lama atau pinggangmu nyeri teramat sering hanya karena kamu kurang piknik. “Hidup tak semenyebalkan itu”

(Sumber Gambar Utama: Ridho Nur/Ublik)

Editor: Ridho Nur Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here