Ublik.id. Kambing Bakar Balanga. Siapa yang tak suka masakan dalam negeri? Sejauh apapun berpergian keluar negeri, lidah orang Indonesia pasti akan tetap mencintai masakan-masakan Indonesia. Tidak bisa dipungkiri kendati masakan-masakan luar negeri memakai berbagai bahan makanan yang penuh kualitas dan pastinya dibandrol dengan harga selangit, kelezatan makanan Indonesia tetap juaranya. Buktinya CNN menetapkan dua makanan Indonesia sekaligus sebagai makanan terenak pertama dan kedua di dunia. Rendang dan nasi goreng adalah makanan Indonesia yang mendapat predikat sebagai yang terlezat pertama dan kedua. Sebetulnya bukan cuma rendang dan nasi goreng yang punya cita rasa lezat. Ada banyak lagi makanan lain yang khas nusantara yang cita rasanya benar-benar sangat menggoda. Salah satunya ada di Gorontalo.

Provinsi yang terletak di Pulau Sulawesi ini menyimpan warisan resep makanan yang pasti lezatnya. Gorontalo punya makanan khas, Kambing Bakar Balanga namanya. Kalau kamu punya waktu untuk bermain ke daerah Norman Kamaru ini, ada baiknya kamu sejenak mencari dan makanan yang satu ini. Dijamin pasti kamu akan tergila-gila sampai-sampai cita rasanya masih mengecap di lidah, bahkan ketika kamu sudah pulang dari Gorontalo. Sebab padu padan daging kambing yang begitu empuk diaduk rata dengan bumbu-bumbu khas rempah Indonesia. Sebuah paduan cita rasa yang pasti enak di setiap kunyahannya.

Menyantap Kambing Bakar Balanga, Si Lezat Dari Gorontalo
Kambing Bakar Balanga Khas Gorontalo, Sumber : vemale.com

Kambing bakar balanga ini diciptakan oleh Hamid Basalamah dan Munifah. Keduanya menciptakan masakan ini untuk menjadi menu andalan di restoran Diva miliknya. Siapa sangka ternyata masakan yang menjadi menu favorit direstorannya digemari oleh masyarakat luas. Tak jarang, pasangan suami istri itu diundang ke beberapa tempat untuk menceritakan soal menu ciptaannya yang memang sangat lezat tersebut.

Kambing bakar Balanga sendiri adalah sajian olahan daging kambing yang rasanya sangat nempel di lidah. Masyarakat sekitar kadang menyebutnya dengan sate kambing bakar balanga. Meski dinamai sate, tapi sajian ini tak memakai panggangan sate ataupun tusuk sujen. Kambing yang dibakar disini hanya diproses diatas sebuah balanga. Nah, apa itu balanga?

Menyantap Kambing Bakar Balanga, Si Lezat Dari Gorontalo
Sumber : ferhatt.com

Balanga adalah salah satu perkakas untuk memasak. Jika kita mencari rujukanya di laman internet, maka banyak artikel yang menyebutkan jika balanga ini adalah alat memasak yang umurnya sudah sangat tua. Ya, bisa dibilang balanga adalah perkakas memasak kuno yang kegunaanya masih bisa dipakai sampai sekarang. Beberapa literatur menyebutkan jika balanga ini suda ditemukan sejak zaman neolitikum. Bentuknya yang mirip seperti panci atau juga mangkuk dan terbuat dari tanah liat. Akan tetapi, dalam hikayat Hang Tuah balanga juga dapat dibuat dari besi. Nah, alat memasak klasik inilah yang kemudian memproses kambing bakar khas Gorontalo tersebut.

 

Kembali ke kambing bakar, jika kamu belum berkesempatan untuk pergi mengunjungi Gorontalo dan mencicipi kuliner ini, kamu bisa bereksperimen untuk membuatnya dirumah. Ya, di momen-momen seperti Idul Adha ini, sudah tentu kamu akan mendapat daging kambing yang diperoleh dari pemotongan hewan qurban. Dari pada hanya dibuat sate yang sudah mainstream itu, tidak ada salahnya kamu mencoba resep kambing bakar balanga ini.

Menyantap Kambing Bakar Balanga, Si Lezat Dari Gorontalo
Sumber : moneydinheirovivo.blohspot.com

Beberapa bahan yang kamu butuhkan antara lain:

500 gram daging kambing

50 gram cabe merah keriting yang sudah ditumbuk halus

50 gram bawang putih lalu iris

200 gram bawang merah yang juga sudah diiris

Tumbuk halus 50 gram jahe

50 gram ketumbar bubuk

200 gram serai yang kamu ambil bagian putih untuk digeprek.

50 gram campuran bumbu seperti : jintan, ketumbar, lada, cengkeh, pala, kayu manis, kapulaga, disangrai dan lalu haluskan.

2 sendok makan kecap

Garam dan lada secukupnya

Minyak Goreng

Satu hal yang kamu tak boleh lupa, takaran diatas kamu pakai untuk memasak sajian kambing bakar balanga untuk tiga sampai empat porsi ya. Jadi, jika kamu mau masak lebih sedikit, kamu bisa sesuaikan sendiri.

Cara memasaknyapun tidak terlalu sulit. Jika kamu tak memiliki balanga, kamu bisa menggunakan wajan. Tapi tentu, bisa jadi cita rasanya sedikit berbeda. Sebab bagaimanapun memasak diatas balanga menghadirkan sensasi rasa baru. Oke bagaimana membuatnya? yang pertama yang mesti dilakukan adalah tumis bawang merah dan bawang putih sampai kemerahan. Lalu masukkanlah cabe halus, jahe halus, ketumbar bubuk, campuran bumbu dan serai. kemudian Masukkan daging, aduk rata. Baru setelah itu tambahkan kecap, Jangan lupa tambahkan juga garam dan lada sesuai selera. Olahan itu silahkan dimasak hingga daging menjadi empuk. Jika sudah terasa empuk angkat dan sajikan. Selesai

Jika kamu bertanya mengapa banyak bumbu yang ditulis diatas sementara tidak semua dipakai. Itu karena bumbu-bumbu ain tersebut adalah bumbu yang sebaiknya kamu pakai untuk membuat nasi kebuli. Kenapa nasi kebuli? Sebab di Gorontalo sana, kurang lengkap rasanya makan kambing bakar balanga tanpa nasi kebuli. Tapi, jika sekiranya kamu tak sempat untuk membuat nasi kebuli. Tak apa, kambing bakar balanga dengan nasi putih juga akan tetap enak disantap

Menyantap Kambing Bakar Balanga, Si Lezat Dari Gorontalo
Nasi Kebuli menjadi pasangan yang pas saat menyantap kambing bakar balanga, Sumber : perutgendut.com

Penasaran kan betapa lezatnya? Silakan dicoba di dapur masing-masing.

 

(Sumber Gambar Utama : vemale.com)

(Editor : AprianingDwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here