Indonesia merupakan negara bahari, dengan luas lautan mencapai lebih dari 7 juta kmtermasuk perairan pantai Zona Ekonomi Eklusif (ZEE). Dengan luasnya perairan yang dimiliki oleh Indonesia, maka hasil lautnya lebih dari cukup untuk dikonsumsi oleh masyarakatnya. Akan tetapi, meskipun hasil ikan di Indonesia melimpah ruah, nyatanya rata-rata tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih terbilang rendah, yaitu 38 kg per kapita. Padahal persediaan per kapita dalam setahun adalah 51 kg.

Karena itulah Susilo Bambang Yudhoyono saat masih menjadi presiden RI menetapkan tanggal 24 November sebagai Hari Ikan Nasional tepat pada 21 November 2014 melalui Keppres RI No. 3 Tahun 2014. Tujuan adalah agar masyarakat Indonesia sadar betapa pentingnya mengkonsumsi ikan dan sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan yang bisa dimanfaatkan secara optimal dengan tetap menjaga kelestariannya.

Pilihan Editor

 

Lalu, apa saja manfaat ikan sehingga ada Hari Ikan Nasional? Agar kita semua semakin sadar pentingnya mengkonsumsi ikan, kali ini Ublik akan mencoba memaparkan manfaat ikan yang luar biasa penting untuk tubuh kita. Nah sebelum itu, kita perlu mengetahui  kandungan pada ikan. Kandungan yang ada pada ikan antara lain; protein, mineral yodium dan zat besi, vitamin D dan B kompleks, kalsium, fosfor, serta lemak tak jenuh atau Omega-3 berupa EPA dan DHA. Lalu bagaimana dengan manfaat ikan? Inilah beberapa manfaat ikan bagi tubuh kita.

1.Mencegah Penyakit Jantung

manfaat ikan
Ikan Segar (Sumber: pixabay.com)

Di Jepang jarang sekali ditemukan penderita penyakit jantung koroner, kenapa bisa begitu? Tahukah Anda makanan Sushi dan Sashimi yang berasal dari negara Jepang itu terbuat dari apa? Ya, terbuat dari ikan. Mereka mengkonsumsi ikan mentah yang diolah dengan sangat sederhana dan bergizi tinggi. Mereka makan ikan dengan jumlah yang sangat banyak, karena itulah masyarakat Jepang dapat menekan angka penderita penyakit kardiovaskular. Hal itu dikarenakan asam lemak tak jenuh atau Omega-3 dapat mencegah trigliserida yang berlebihan, dan meningkatkan HDL (kolestrol baik), juga mencegah pembekuan darah.

2.Mencerdaskan Otak

Kandungan Omega-3 dalam ikan penting sekali untuk kecerdasan otak anak. Karena itu, dianjurkan sejak hamil pintar-pintar mengkonsumsi ikan segar agar perkembangan otak bayi dan anak-anak bisa maksimal. Banyak sekali iklan suplemen omega-3 di TV untuk kecerdasan anak, tetapi kalau ada yang lebih murah dan hemat kenapa tidak? Untuk orang dewasa sendiri suplemen minyak ikan dapat membantu untuk mempertajam memori.

3.Mencegah Terjadinya Depresi

Depresi seringkali diakibatkan oleh kadar Asam lemak omega-3 yang sangat rendah dalam tubuh, dengan mengkonsumsi ikan dapat membantu meningkatkan kadar omega-3 dalam tubuh kita.

4.Tulang Sehat

Ikan sangat cocok untuk membuat tulang sehat, karena kandungan lengkap yang dibutuhkan tulang ada di ikan. Seperti Kalsium, fosfor, vitamin D.

5.Mencegah Gondok

Kadar yodium dalam tubuh bisa membantu mengobati atau memperkecil penyakit gondok.

6.Mencegah Anemia

Vitamin B kompleks pada ikan dapat membantu pembentukan sel Hemoglobin sehingga eritrosit juga terbentuk, sehingga bisa mencegah terjadinya anemia atau darah rendah.

7.Mencegah Risiko Kanker

Manfaat ikan untuk anak
Daging Ikan Segar (Sumber: Pixabay.com)

Dalam penelitian Esteve Fernandez et. Al di tahun 1999 dari Institusi Universitari de Salut Publica de Catalunya negara Barcelona. Mengkonsumsi ikan dapat mencegah risiko kanker saluran pencernaan. Seperti kanker usus besar, pharynx, kanker rongga mulut, dan kanker pankreas.

Syarat konsumsi agar manfaat ikan dapat terserap tubuh adalah mengkonsumsinya 3 porsi dalam seminggu. Begitu banyaknya manfaat ikan untuk tubuh, dan sangat mudah bagi kita mendapatkannya. Bagi orang-orang yang dekat dengan laut, sungai, atau pantai. Mudah sekali untuk mendapatkan ikan dan mengkonsumsinya. Meskipun begitu tetap saja Indonesia berada di bawah Malaysia dan Myanmar dalam mengkonsumsi ikan.

Seperti yang dipaparkan oleh Menteri kelautan dan perikanan Susi Pudjiastuti, produksi ikan di tahun 2014 mencapai 20,84 juta ton, sedangkan pada tahun 2016 menjadi 23,51 juta ton. Sedangkan untuk konsumsi juga meningkat, dari tahun 2014 38,14 kg per kapita menjadi 43,94 di tahun 2016 per kapita. Meningkat 5 kg selama 3 tahun.

Target dua tahun kedepan, Menteri Susi akan mendorong konsumsi ikan menjadi 54,49 kg per kapita sedangkan produksinya menjadi 41,79 juta ton.

Semoga peringatan Hari Ikan Nasional yang ke-3 ini membuat kesadaran masyarakat Indonesia semakin tinggi mengenai manfaat ikan untuk dikonsumsi dan mengoptimalkan potensi perikanan untuk kepentingan Indonesia.

(Sumber: Gambar Utama: Greenpeace.org)

(Editor: Restia Ningrum, Ridho Nur Wahyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here