Ublik Transportasi yang hampir punah di Indonesia. Dewasa ini transportasi adalah pembuluh darah bagi sebuah bangsa. Dianya menjadi bagian penting dari kemajuan suatu negara. Bayangkan, jika tidak ada yang namanya transportasi, perjalanan orang dari satu kota ke kota lain, perpindahan penduduk, pengiriman barang sampai percepatan pembangunan bakal menemui kendala yang menyulitkan. Bahkan dibeberapa sektor, tak adanya transportasi dapat betul-betul berimbas pada tidak berkembangnya suatu wilayah dalam sebuah negara.

Semua butuh moda transportasi. Semua tahu itu. Baik di darat, laut sampai dengan udara. Moda transportasi saat ini sudah bermacam-macam. Didarat kita tahu mobil, motor, sepeda bahkan untuk moda transportas umumnya kita mengenal bus hingga kereta. Dilaut kita tentu mengenal kapal dan perahu. Tak cuma darat dan Laut, Udara juga punya moda transportasinya sendiri berwujud Pesawat, helikopter hingga balon terbang.

Tapi, perkembangan zaman juga membuat manusia terus berinovasi. Menyajikan hal yang baru demi terciptanya hidup yang praktis. Nah, hal itu juga yang membuat transportasi mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Membuatnya selalu punya hal baru dan membuat teknologi yang lama menjadi tak lagi terpakai. Kami punya sedikit rangkuman tentang beberapa transportasi yang sempat hits dijamannya namun kini sudah langka atau bahkan punah. Transportasi-transportasi yang kami rangkum ini kami kerucutkan sebatas transportasi yang pernah hadir di Indonesia. Dan berikut ulasannya:

1Becak

Image: Becak salah satu transportasi tradisional di Indonesia. Sumber: cult.is

Becak, nama transportasi ini sungguh dikenal dibanyak tempat di Indonesia. Bahkan menjadi salah satu transportasi yang punya peran vital dibeberapa daerah. Kendaraan roda tiga ini sekarang sudah jarang terlihat di kota-kota besar macam Jakarta ataupun Bandung. Sebab memang funginya sudah mulai tergantikan dengan moda transportasi lain yang lebih cepat dan efisien. Meski begitu ketika kita dulu asik menaiki becak, beberapa negara justru mengecam keberadaan transportasi ini, bahkan sampai ada yang menyebut becak sebagai kendaraan paling tidak manusiawi di dunia. Alhasil kini kita sulit menjumpai kendaraan yang mampu membawa dua sampai tiga orang sekaligus itu. Walau demikian, beberapa kota justru membuat becak sebagai daya tarik terendiri. Seperti Solo dan Yogyakarta. Kota-kota itu membuat orang ingin berkunjung dan menikmati suasana kota dengan menggunakan becak. Bahkan tahun 2011 lalu, kala Indonesia menjadi tuan rumah Sea Games. Becak dipilih sebagai kendaran yang mengantarkan atlet dari satu venue ke venue lain.

2Bemo

Bemo merupakan salah satu transportasi yang hampir punah di Indonesia. Sumber: Pinterest.com/umarachmad

Bemo, kendaraan ini cukup familiar bukan di telinga orang Indonesia dua dekade lalu. Hal itu dikarenakan bemo masih begitu dipercaya sebagai moda angkutan umum yang digunakan banyak orang khususnya warga masyarakat Jakarta. bemo sendiri sebetulnya adalah singkatan dari becak Motor. Kendaraan roda tiga ini kini sudah sulit ditemui. Padahal fungsinya sebagai angkutan umum sempat menjadi primadona, tidak hanya di Jakarta tapi juga di Bandung, Surabaya, Bogor sampai Denpasar. Kini hanya sedikit sekali armada bemo yang beroprasi di Jakarta, perannya sudah tergantikan dengan transportasi lain yang lebih praktis dan lebih nyaman.

3Oplet

Oplet transportasi yang sempat tenar lewat sinetron Si Doel. Sumber: http://oldindonesianvehicles.blogspot.co.id

Banyak orang yang sulit membedakan bemo dan oplet. Warnanya yang identik juga fungsinya sebagai angkutan kota membuat orang menganggap bemo dan oplet sama saja. Berbeda dengan bemo, oplet memiliki empat roda. Nama oplet juga begitu dikenal ketika sinetron Si Doel Anak Sekolahan sukses di dunia pertelevisian Indonesia. Sayangnya kesuksesan Sinetron Si Doel tak berbanding lurus dengan eksistensi oplet. Kini kita harus merelakan angkutan oplet ini punah dan tak dapat ditemui lagi. oplet kini menjadi kenang-kenangan moda transporasi umum di Jakarta yang telah punah.

4Delman

Delman kini jadi transportasi wisata di beberapa daerah di Indonesia. Sumber: Indonesia-Guide.com

Kali ini kita beralih ke kendaraan yang lebih tradisional lagi. delman namanya. Ya! setiap orang tentu mengenal kendaraan tradisional ini. Delman adalah transportasi yang menggunakan kuda sebagai mesin utama untuk menjalankannya. Kuda nantinya menarik gerobak dimana kusir dan para penumpang yang menaiki dibelakangnya. Saat ini kendaraan super klasik ini benar-benar sudah susah ditemukan. Barangkali hanya tempat-tempat wisata seperti di Jogja yang masih menyediakan transportasi ini sebagai daya tarik untuk para wisatawan. Selain Delman, kendaraan yang ditarik atau yang menggunakan kuda sebagai alat utama lain adalah Bendi, Andong dan juga Dokar. Ketiganya sama sama menggunakan kuda akan tetapi memiliki ukuran yang berbeda-beda.

 

(Sumber Gambar Utama: Pinterest.com)

(Editor: Ridho Nur Wahyu)

3 KOMENTAR

  1. Becak dan delman masih bisa dirasain sih di beberapa kota. Bemo yang skr di Jakarta beda banget dengan bemo zaman dulu. Nah yang oplet itu tuh yang aku blm pernah naik. Masih bisa ditemuin gak ya di Jakarta?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here