UblikJenis-Jenis Fidget Spinner. Belakangan ini, laman media sosial tiba-tiba diviralkan dengan sebuah permainan. Permainannya sederhana hanya memerlukan satu tangan untuk memainkanya. Memang terlihat aneh, permainan yang terlihat sederhana itu kini begitu viral dan dimainkan oleh banyak orang. Sebetulnya apa sih kelebihan dari benda itu, sehingga dapat membius banyak orang?

Sebelum mengenal jauh fungsi dan kegunaanya, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan mainan paling hits tahun ini itu. Fidget Spinner, begitulah orang-orang menyebut mainan ini. Fidget spinner pertama kali dibuat oleh seseorang yang bernama Catherine A Hettinger pada tahun 1996 silam. Sebetulnya awal dari penciptaan permainan ini adalah agar Catherine dapat mengurangi kebiasaan buruknya saat tidak melakukan aktivitas. Seperti halnya mengigit kuku. Jadi, daripada melongo dan tanpa sadar mengigit kuku, lebih baik untuk memainkan suatu permainan sederhana yang tak memiliki dampak buruk bagi dirinya. Karena itulah ia ciptakan Fidget Spinner ini sebagai upaya menghilangkan kebiasaannya seketika itu.

Lebih dari itu, Rachel Andrew seorang Direktur Time Psychology menyebutkan jika Fidget Spinner diyakini mampu untuk membantu orang-orang yang memiliki gangguan secara psikologis. Gangguan-gangguan yang dimaksud Andrew adalah seperti kecemasan yang berlebihan, sulit untuk fokus hingga Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Nah, dengan begitu Fidget Spinner tidak saja berfungsi sebagai sebuah permainan, akan tetapi juga sebagai alat bantu terapis bagi para pengidap gangguan psikologis yang telah disebutkan diatas.

Dilihat dari sisi penamaannya, sebenarnya kita sudah bisa menduga kegunaan dari permainan ini. Ya Fidget, dalam Bahasa Inggris berarti gelisah. Arti dari penamaan tersebut cocok dengan fungsi yang ada dalam permainan ini.

Fidget Spinner ini kini memiliki berbagai macam bentuk. Bentuk yang beragam inilah yang membuat Fidget Spinner menjadi lebih asyik untuk dimainkan. Jadi, tidak hanya sekedar mengusir kebosanan atau menghilangkan gangguan kecemasan. Lebih dari itu, Fidget Spinner kini juga jadi gaya hidup baru terutama bagi mereka yang tak mau ketinggalan jaman. Kami memiliki beberapa ulasan untuk jenis-jenis Fidget Spinner, diantaranya:

1Fidget Spinner EWR

Sumber: Fidgetys.com

Fidget Spinner macam ini adalah Fidget Spinner dengan bentuk paling sederhana. Bentuk yang barangkali tidak neko-neko. Hanya terdiri dari satu buah bearing untuk berputar dan tiga buah bearing lagi untuk membuatnya seimbang ketika dimainkan. Fidget Spinner yang satu ini cocok untuk pemula ataupun orang yang baru pertama kali menggunakan mainan in

2Sayha Hands Spinner

Sumber: Thingverse

Bentuk Fidget Spinner yang satu ini jauh lebih sederhana. Jika biasanya Fidget Spinner memiliki empat bearing, Sayha Hands Spinner hanya punya tiga bearing saja yang membuat Fidget Spinner terlihat begitu simpel. Meski lebih sederhana secara tampilan, cara memainkannya tak jauh beda dengan Fidget Spinner pada umumnya. Akan tetapi diyakini memiliki kelebihan dapat berputar lebih lama.

3Batman Hand Spinner

Sumber: Geekbuying

Kalau kamu suka bermain Fidget Spinner dan kebetulan juga mengidolakan batman, maka Batman Hands Spinner ini sangat direkomendasikan untuk kamu. Sebab, dari namanya kita sudah bisa menduga jika jenis spinner yang satu ini memiliki bentuk lambang batman yang terkenal itu. Jadi, tidak hanya tampil kekinian dengan memainkan Fidget Spinner, tetapi juga memiliki Fidget Spinner yang sesuai dengan idola kamu. Klop kan?

4Newton

Sumber: Thingverse

Kalau dengar kata Newton, apa yang terlintas dalam benak kamu? Penemu gaya gravitasi? Atau justru teringat dengan nama satuan? Barangkali pencipta dari Fidget Spinner Newton ini terinspirasi dari dunia sains. Sebab, model Fidget Spinner ini sungguh aneh dan tak biasa. Jika biasanya Fidget Spinner memiliki empat bearing yang simetris, namun hal itu justru tidak bisa kita lihat pada Fidget Spinner Newton ini. Bentuknya sangat dinamis dan bisa dibilang cukup elegan. Nah, karena bentuknya yang dinamis ini, justru membuat daya putarnya jadi lebih lama sebab jenis yang satu ini punya tingkat kestabilan yang sangat baik. Selain itu, meskipun terkena goncangan halus, jenis ini tak mudah goyah dan kemudian berhenti. Saking kerennya jenis ini, banyak kalangan menyebut Fidget Spinner Newton adalah jenis Fidget Spinner terbaik.

Itu tadi sekilas tentang Fidget Spinner disertai pengertian, fungsi dan macam-macam Fidget Spinner. Satu hal yang harus kamu tahu adalah jika mainan untuk kecemasan itu tidak hanya berbentuk Spinner. Ada beberapa bentuk lain yang juga tak kalah menarik dan sama fungsinnya. Jadi, biar kekinian dan buat hilangin rasa bosan, coba saja main permainan gokil ini.

(Gambar Utama: “edition.cnn.com”)

(Editor: Aprianing Dwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here